Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

16 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Sebagian orang mungkin masih belum mengetahui manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh, yaitu daun yang sering dikonsumsi setiap hari. Daun kemangi merupakan jenis daun yang khas dari baunya. Maka tak heran jika daun ini sering digunakan sebagai salah satu daun lalapan bersama dengan lalapan lainnya seperti timun dan kubis. Lalu apa yang membuat daun wangi ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda?

Ada beberapa kandungan nutrisi dari daun kemangi yang mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Kandungannya yaitu berupa vitamin K, vitamin A, magnesium dan mangan. Jika Anda mengonsumsi daun kemangi yang masih segar, maka tubuh Anda akan menerima asupan vitamin dan mineral yang cukup. Tubuh Anda tidak hanya akan sehat, namun juga tidak mudah diserang penyakit berbahaya.

16 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Anti oksidan

Daun kemangi mempunyai sifat anti oksidan, yaitu sebuah sifat kesehatan yang mampu membantu tubuh terlindungi dari bahaya yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menimbulkan banyak penyakit, contohnya kanker.

2. Anti inflamasi

Kandungan daun kemangi tidak hanya vitamin dan mineral saja, namun juga minya yang mampu mencegah radang di tubuh Anda. Manfaat daun kemangi yang satu ini sering disebut dengan anti inflamasi.

3. Anti bakteri

Daun kemangi jika diolah menjadi bahan berupa minyak juga dapat membantu tubuh Anda terhindar dari serangan bakteri. Banyak penyakit yang menyerang tubuh berasal dari serangan bakteri jahat yang masuk.

Loading...

4. Rendah kalori

Bagi Anda yang ingin menghindar dari konsumsi kalori berlebih dapat mengonsumsi daun kemangi. Daun yang satu ini tidak hanya sehat, namun juga rendak akan kalori yang dapat mencegah tubuh Anda dari efek berbahaya dari kelebihan kalori.

5. Mencegah penuaan dini

Sejumlah vitamin dan mineral yang terdapat dalam daun kemangi bisa membuat Anda tampak lebih awet muda. Hal ini membuat daun wangi yang satu ini mempunyai manfaat dalam mencegah penuaan dini yang terjadi pada tubuh Anda.

6. Baik untuk kesehatan mata

Vitamin A ternyata tidak hanya akan Anda temukan pada wortel saja namun juga sayuran seperti daun kemangi. Daun ini baik untuk menyehatkan mata Anda dan mencegah mata Anda terserang penyakit mata seperti rabun.

7. Mencegah kanker paru-paru

Kandungan vitamin A yang alami pada daun kemangi dapat menjadi sumber makanan yang menyehatkan untuk paru-paru Anda. Selain itu, daun ini juga dapat mencegah terjadinya kanker paru-paru di tubuh Anda.

8. Mengontrol tekanan darah

Mineral yang ada dalam daun kemangi sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah di tubuh Anda. Anda pun tidak akan mudah terserang penyakit tekanan darah yang rendah maupun tekanan darah yang tinggi.

9. Menyehatkan jantung

Daun kemangi dapat menjadi sumber makanan berupa sayur yang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Jenis daun yang satu ini akan membantu tubuh Anda untuk mengontrol detak jantung agar tetap normal.

10. Menambah sel darah merah

Sayuran seperti daun kemangi yang dikonsumsi setiap hari dapat membuat sel darah merah di tubuh Anda menjadi lebih banyak. Hal ini akan membuat tubuh Anda lebih segar, tidak mudah lelah, dan tidak mudah mengalami keletihan.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Mengandung Formalin yang Berbahaya

Selain 10 manfaat diatas, ada beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh lainnya yang perlu diketahui. Berikut ini 6 manfaat lainnya:

6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Menyehatkan tulang
12. Mencegah jerawat
13. Anti komedo
14. Mencegah infeksi kulit
15. Mengatasi rambut beruban
16. Mencegah rambut rontok

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top