Connect with us
close

Virtual.co.id

23 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

23 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh

Ada cukup banyak manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh Anda karena kandungan nutrisinya dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Siapa yang tidak mengenal ikan terkenal ini dengan ciri khas kumisnya? Ikan lele merupakan jenis ikan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dengan cara digoreng. Budidaya ikan ini pun sudah berkembang di berbagai kota di Indonesia untuk memasok kebutuhan warung serta restoran.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin beternak lele yaitu kebersihannya. Ikan jenis ini memang mudah kotor, apalagi jika Anda tidak teliti merawatnya. Jika Anda mengonsumsi ikan lele yang bersih, maka tubuh Anda akan lebih sehat. Anda juga perlu memperhatikan cara mengolah ikan ini sebelum dikonsumsi. Imbangilah dengan berbagai jenis sayuran dan penggunaan minyak gorang yang lebih sehat ketika menggorengnya.

12 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan beberapa manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Perkembangan otak

Sama seperti beberapa jenis ikan lainnya, ikan lele mengandung beberapa nutrisi penting untuk perkembangan otak. Nutrisi seperti omega 3 dan juga vitamin A akan membuat otak Anda berfungsi lebih baik dan mengalami perkembangan lebih signifikan dalam menerima pesan dari sel satu ke sel lainnya.

2. Menyehatkan jantung

Siapa sangka jika ikan lele juga dapat membuat jantung Anda lebih sehat. Hal ini berasal dari kandungan omega 3 yang ada di dalam ikan lele dapat membantu jantung Anda bekerja dengan lebih optimal dalam memompa darah.

3. Menyehatkan syaraf

Kandungan omega 3 dalam ikan lele sangat baik untuk kesehatan syaraf Anda. Syaraf di tubuh tidak akan mudah tegang dan juga dapat bekerja lebih baik di dalam tubuh Anda tanpa mudah diserang penyakit syaraf.

Loading...

4. Makanan diet

Bagi Anda yang ingin menjalankan diet tanpa perlu mengalami rasa lapar dapat mengonsumsi ikan lele sebagai menu diet. Kandungan nutrisi di dalam ikan yang satu ini akan membantu mengurangi lemak di tubuh Anda jika diimbangi dengan olahraga yang rutin.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Ikan lele mengandung protein yang cukup tinggi. Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan salah satu kegunaannya yaitu dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan proteinnya bermanfaat dalam membentuk sel baru.

6. Menyehatkan tulang

Siapa sangka jika manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh juga dapat membuat tulang di tubuh Anda menjadi lebih sehat. Hal ini tidak lain karena kandungan fosfor dalam ikan lele akan membantu menguatkan tulang dan mencegah penyakit tulang.

7. Baik untuk ibu hamil

Kandungan fosfor dalam ikan lele juga bagus untuk kesehatan ibu hamil. Manfaatnya akan sangat terasa dalam pembentukan tulang pada janin yang sedang berkembang. Tulang janin akan tumbuh lebih sehat dan juga kuat.

8. Menyehatkan gigi

Selain untuk tulang, ikan lele juga sangat baik untuk menyehatkan gigi Anda. Hal ini didukung oleh adanya fosfor dalam ikan lele. Kegunaan fosfor tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, namun juga membuat gigi Anda lebih terawatt.

9. Melancarkan aliran darah

Aliran dalam tubuh Anda juga akan menjadi lebih lancar jika Anda mengonsumsi ikan lele sesuai porsinya setiap hari. Ikan yang satu ini juga akan mencegah penyakit penyumbatan pembuluh darah dan menyehatkan pembuluh darah di tubuh Anda.

10. Mencegah penyakit hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa Anda cegah dengan mengonsumsi ikan lele. Ikan sehat yang satu ini dapat dengan baik mengontrol tekanan darah di tubuh Anda dalam keadaan normal, sehingga tidak naik maupun turun.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Jenis Makanan Laut untuk Kesehatan

Selain 10 manfaat diatas, ada beberapa manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 13 manfaat lainnya:

13 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Menurunkan resiko penyakit osteoporosis
12. Mencegah kegemukan
13. Melancarkan oksigen ke otak
14. Baik untuk imun tubuh
15. Menyehatkan persendian
16. Mencegah penyakit hipertensi
17. Mampu mengentalkan darah
18. Baik untuk kesehatan rambut
19. Menyehatkan usus
20. Menyegarkan tubuh
21. Sumber kalori yang cukup
22. Menjaga kesehatan mulut
23. Baik untuk kesehatan mental

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top