Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

21 Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kulit buah manggis sudah teruji dapat mengatasi beberapa jenis penyakit. Siapa yang tidak menyukai buah yang satu ini? Buah manggis berwarna ungu dengan daging buah berwarna putih tulang yang rasanya manis. Kandungan nutrisi dalam buah ini cukup banyak sehingga banyak yang menyarankan untuk mengonsumsinya ketika sedang sakit. Tidak hanya bagian daging buahnya yang bermanfaat untuk Anda, namun juga bagian kulitnya.

Bagian kulit dari buah manggis tidak bisa Anda konsumsi langsung. Namun dengan pengolahan yang benar, Anda dapat menjadikan kulit manggis sebagai bahan herbal yang menyehatkan. Saat ini sudah banyak bertebaran produk herbal yang memberikan ekstrak kulit manggis dengan harga yang bervariasi. Anda dapat menggunakan ekstrak kulit buah ini untuk mengatasi berbagai jenis keluhan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya yang menyerang tubuh.

21 Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Pewarna alami

Manfaat kulit buah manggis yang dapat Anda gunakan yaitu sebagai pewarna alami. Warna merah atau ungu yang terdapat pada buah ini cukup pekat, sehingga bisa Anda manfaatkan untuk mewarnai kain.

2. Meningkatkan imun tubuh

Kegunaan kulit buah manggis ampuh dalam meningkatkan kinerja imun tubuh Anda. Imun tubuh yang bekerja dengan baik akan membuat tubuh Anda mempunyai daya tahan yang kuat tanpa mudah diserang oleh penyakit.

3. Anti inflamasi

Kulit buah manggis mempunyai manfaat untuk menjadi bahan anti inflamasi yang alami. Anti inflamasi merupakan suatu fungsi yang dapat mengatasi berbagai jenis gejala radang yang menyerang tubuh Anda.

Loading...

4. Menormalkan kadar gula dalam darah

Bagi penderita diabetes ada baiknya mengonsumsi kulit buah manggis. Kulit buah ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah Anda menjadi lebih normal. Gejala diabetes pun dapat dicegah dengan lebih mudah.

5. Melancarkan aliran darah

Kandungan senyawa sehat yang terdapat dalam kulit buah manggis akan membantu Anda dalam melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Jika aliran darah Anda lancar, maka fungsi organ dan sistem tubuh tidak akan bermasalah.

6. Anti kerusakan DNA

DNA sebagai bagian dari pembentukan sel tubuh Anda dapat mengalami kerusakan yang cukup parah. Jika DNA tubuh Anda rusak, maka tubuh Anda akan mengalami gangguan kesehatan. Hal ini dapat Anda cegah dengan menggunakan kulit manggis.

7. Mencegah penyakit hipertensi

Kulit buah manggis sangat baik dikonsumsi olehg penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan nutrisi di dalamnya akan membantu tubuh Anda dalam mengontrol tekanan darah dengan lebih baik.

8. Menurunkan penyakit kolesterol

Manfaat kulit buah manggis juga dapat menurunkan kolesterol Anda yang tinggi. Penderita kolesterol berlebih dapat mencoba mengonsumsi kulit buah ini terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan kimia.

9. Meringankan asma

Penyakit asma yang sering membuat penderitanya mengalami sesak nafas dapat menggunakan kulit buah manggis untuk meringankan gejalanya. Kulit buah ini akan menyehatkan sistem pernapasan dan mencegah kambuhnya asma terlalu sering.

10. Mengatasi jerawat

Jerawat muncul disebabkan oleh banyaknya darah kotor yang berkumpul di tubuh Anda. Jika Anda mengalami banyak jerawat yang cukup parah, Anda dapat mencoba kulit buah manggis untuk mengatasinya dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Beras Plastik dan Bahayanya untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 manfaat diatas, ada beberapa manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 11 manfaat lainnya:

11 Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Mencegah penuaan dini
12. Menyehatkan organ jantung
13. Mencegah penyakit pencernaan
14. Anti bakteri alami
15. Mencegah penyakit kanker
16. Mengatasi depresi dan stress
17. Menyembuhkan sariawan
18. Mencegah gusi berdarah
19. Mengatasi demam
20. Mengobati diare
21. Membantu penyembuhan luka

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top