Connect with us
close

Virtual.co.id

Minyak Oregano Sebagai Antibiotik Alami

Uncategorized

Minyak Oregano Sebagai Antibiotik Alami

Banyak penelitian menunjukkan kalau manfaat minyak oregano yang mempunyai sifat anti-inflamasai atau anti-peradangan, anti-jamur, anti-mikroba dan anti-parasit. Walaupun percobaan tentang minyak ini belum kurang dalam mengobati gangguan atau masalah kesehatan. Tapi, berdasarkan pengalaman minyak ini mempunyai sifat penyembuhan yang efektif.

Oregano (pot marjoram atau origanum vulgare) adalah sebuah tanaman
yang ditaman di daerah Mediterania, Asia Tengah dan Asia Selatan.
Tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk bahan makanan seperti spagheti
dan pizza. Panjang tanaman ini adalah 20-80cm. Daunnya berwarna hijau
dan termasuk dari keluarga mint yang mempunyai aroma kuat, terasa hangat
dan sedikit pahit.

Minyak oregano terbuat dari daun dan bunga oregano yang diolah menjadi minyak. Penggunaan minyak ini sejak zaman Yunani Kuno dan Romawi. Bahaya Yunani dari oregano adalah pro yang berarti gunung dan ganos yang berarti bersuka cita.

Kamu perlu tahu, setidaknya terdapat 40 varian berbeda dari minyak oregano yang dijual di pasaran. Untuk menghasilkan ½ kg minyak oregano diperlukan lebih dari 500kg tumbuhan oregano. Hanya minyak yang berbahan dasar dari tumbuhan oregano dan timus capitatus yang mempunyai efek terapi. Minyak ini bisa kamu temukan di toko kelontong.

Manfaat dan khasiat tumbuhan oregano

Sebelum menjadi minyak daun oregano juga mempunyai manfaat secara langsung untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Jika daunnya dikeringkan akan memberikan aroma yang sangat nikmat jika dihirup. Aromanya, dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stres yang sedang terjadi. Begitu banyak manfaat daun oregano ini, mau tahu jelasnya? Simak yuk!

Manfaat daun oregano untuk kesehatan

Ada beberapa manfaat daun oregano yang bisa kamu petik jika kamu menggunakannya, diantaranya untuk:

Loading...
  • Membantu menyembuhkan batu, asam, sesak nafas dan bronchitis
  • Manfaat daun oregano berikutnya sebagai obat gastrointestinal atau  ganguan mulas, perut kembung, mengobati kram menstruasi.
  • Cukup ampuh untuk infeksi saluran kemih (ISK), gangguan saluran kemih, rheumatoid arthritis, sakit kepala dan penyakit jantung.
  • Manfaat daun oregano lainnya yaitu untuk mengatasi gangguan kulit akibat serangga
  • Dapat menghilangkan ketombe, mangatasi kulit berminyak, jerawat, kutil, kurap.
  • Sedangkan manfaat daun oregano untuk mulut adalah mengobati penyakit gigi dan gusi.

Itulah beberapa manfaat daun oregano bagi tubuhmu, tidak hanya untuk kesehatan melainkan juga untuk kecantikan. Daunnya saja sangat berkhasiat apalagi minyaknya.

Manfaat minyak oregano

Jika susah mendapatkan daun oregano, kamu juga bisa memperoleh manfaat dari minyak oregano. Banyak yang mengambil manfaat minyak oregano dengan mengkonsumsinya secara teratur. Penyakit-penyakit yang bisa diobati dengan minyak ini adalah :

  • Membantu mengatasi alergi, infeksi telinga, penyakit flu dan sinusitis.
  • Manfaat minyak oregano selanjutnya untuk menghilangkan parasit usus, arthritis dan mampu mengatasi kelelahan yang berlebih.
  • Minyak ini juga sangat tepat sebagai obat pengusir serangga.
  • Manfaat minyak oregano untuk pencernaan adalah membantu melancarkan sistem pencernaan dengan cara meningkatkan aliran empedu.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membunuh bakteri, virus dan parasit jahat yang ada di dalam tubuh kita.
  • Menyembuhkan peradangan dan membantu melemahkan sel-sel tumor.

Hal ini karena minyak oregano terdapat senyawa yang mempunyai efek terapi carvacrol. Lebih dari 800 penelitian referensi carvacrol yang terdapat di PubMed yakni database nomor 1 dunia untuk literatur ilmiah, sangat mendukung carvacrol beserta kapasitas penyembuhannya.

Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri dan anti-virus alami membuat carvacrol berperan sebegai penangkal segala macam gangguan dalam kondisi apapun. Minyak oregano adalah obat alami yang aman untuk dihirup dan dioleskan secara langsung ke kulit atau ditelan tanpa menimbulkan efek samping.

baca juga : Manfaat Serta Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Tak hanya sebagai obat dan masakan saja, tanaman oregano sering digunakan untuk bahan pengawet makanan. Coba, bayangkan jika semua makanan memakai pengawet alami, tentu akan lebih menyehatkan. Jika dibandingkan dengan pengawet buatan yang mendatangkan banyak resiko penyakit.

Sudah tahukan beberapa manfaat daun oregano dan manfaat minyak oregano yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif pengobatan alami. Jika kamu menerapkan secara bersamaan antara bahan herbal dengan obat medis, tentu kesembuhan akan didapat dengan cepat.

Meskipun banyak penelitian yang mengatakan minyak oregano aman, sebaiknya sebelum menggunakannya konsultasikan kepada doktermu. Terlebih lagi, jika penyakitmu itu berbahaya yang mengancam jiwamu.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top