Connect with us
close

Virtual.co.id

Manfaat dan Khasiat Nasi Sisa Kemarin Bagi Kesehatan

Uncategorized

Manfaat dan Khasiat Nasi Sisa Kemarin Bagi Kesehatan

Tak banyak yang tahu tentang manfaat nasi sisa kemarin. Beberapa orang secara terpaksa membuat nasi sisa karena tak tahu cara mengolahnya agar bisa bermanfaat lagi. Sayang rasanya apabila kita mesti terus-menerus membuang nasi yang tidak habis dikonsumsi. Tapi, sekarang kamu tak perlu khawatir lagi tentang bahaya nasi sisa kemarin yang terkadang kamu panaskan lagi untuk keesokan harinya.

Tindakan mengolah nasi sisa bukalah semata-mata untuk penghematan saja, melainkan cara kita bersyukur dengan tidak menyia-nyiakan makanan. Ternyata tindakan mengolah lagi nasi sisa adalah hal yang benar, karena tersimpan berbagai manfaat baik terhadap kesehatan. Penasaran dengan khasiat nasi sisa kemarin bagi tubuh? Berikut penjelasan lengkapnya!

Inilah manfaat dan khasiat nasi sisa kemarin untuk kesehatan tubuh

Berikut cara memanfaatkan nasi yang tidak habis kamu konsumsi di hari sebelumnya. Sehingga, kamu bisa memperoleh manfaat dan khasiatnya serta tidak membuang makanan begitu saja.

Nasi sisa kemarin bisa diperkirakan mempunyai kandungan kalori yang 60% lebih sedikit daripada nasi yang baru matang. Kalau kamu memang ingin mengkonsumsi nasi sisa kemarin, masaklah dengan benar.

Cara memasak nasi sisa kemarin yakni dengan menambahkan minyak kelapa secukupnya setelah air mendidih dan sebelum nasi dimasukkan ke dalam panci. Setelah nasi matang dan dingin, masukkan ke dalam kulkas dan biarkan selama 12 jam.

Nasi yang baru matang apabila langsung dimakan, tubuh akan mengubah pati yang terkandung di dalamnya menjadi glukosa atau gula. Sedangkan nasi yang telah didiamkan semalaman, pati akan berubah menjadi pati resistan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Hal ini berarti manfaat nasi sisa kemarin jika dimakan tidak menambah kalori untuk tubuh.

Loading...

Seperti yang kamu ketahui kalori bisa menyebabkan seseorang menjadi gemuk, beresiko menderita diabetes dan lainnya. Fungsi penambahan minyak kelapa yakni untuk membuat nasi tidak lengket dan menghasilkan lebih banyak pati resistan pada nasi.

Bahaya memanaskan kembali nasi sisa

Meski begitu, terdapat bahaya nasi sisa kemarin jika dipanaskan dan dikonsumsi terus menerus. Hal itu karena Bakteri Bacillus Cereus yang terdapat dalam nasi masih dapat bertahan hidup selama pemasakan. Saat nasi telah menjadi dingin, spora akan memecah dan bertambah banyak serta memproduksi neurotoksin yang dapat membuat tubuh sakit. Kata Martin Goldberg, pakar mikrobiologi.

Bukan hanya nasi saja yang bermanfaat bagi tubuh, khususnya bagi keindahan kulit.Kolagen di dalam tulang dipecah menjadi gelatin dan merupakan zat yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga bisa menjaga keindahan kulit.

Untuk menperoleh manfaat yang maksimal, dianjurkan untuk mendiamkan sup tulang setelah proses memasaknya sebelum dikonsumsi. Proses ini membuat mineral pada tulang yang berupa magnesium, kalsium dan sumsum mudah dicerna oleh tubuh.

Panaskan sup tulang satu kali saja dengan suhu sedang atau sekitar 60⁰ celcius supaya bakterinya mati. Itu, berarti kamu harus memisahkan sup dalam pansi kecil setiap ingin memanaskannya kembali.

baca juga : 7 Akibat Berbahaya Minum Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh

Sementara itu, masih ada makanan lain yang kaya nutrisi jika dikonsumsi ketika sudah dingin yaitu kentang. Kentang yang didiamkan menjadi dingin setelah dimakan mempunyai kandungan pati yang lebih banyak dibandingkan kentang panas.

Manfaat nasi sisa kemarin bisa berarti bagi tubuh adalah karena zat pati di dalamnya. Zat ini berfungsi seperti serat pangan yang membantu mencegah penyakit kanker kolon, membuat kenyang lebih lama dan mengurangi tumpukan lemak.

Nah itulah beberapa manfaat nasi sisa kemarin yang bisa kamu jadikan sebagai pengetahuan dalam menjalani hidup sehat. Tapi, jangan sampai kelebihan dalam mengasup makanan sisa kemarin ya, bisa-bisa yang kamu dapatkan bahaya nasi sisa kemarin.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top