Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Manfaat Sayur Gambas untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

13 Manfaat Sayur Gambas untuk Kesehatan Tubuh

Ada manfaat sayur gambas untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda peroleh dengan mudah. Untuk pada ibu rumah tangga, gambas pasti sudah sangat dikenal sebagai salah satu jenis sayuran terbaik untuk dikonsumsi. Sebutan lain untuk gambas adalah oyong. Itulah mengapa sayur ini juga disebut dengan sayur oyong. Bentuk gampas mirip seperti terong dengan ukuran yang panjang berwarna hijau dan permukaan kulit luar yang kasar serta bertekstur.

Mengapa Anda perlu mengonsumsi sayur gambas? Sayuran yang satu ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang mencukupi tubuh Anda. Mulai dari kandungan seratnya, beberapa jenis vitamin, dan mineral lainnya. Anda tidak hanya dapat mengolahnya menjadi masakan berupa sayuran, namun juga dapat dikonsumsi langsung sebagai lalapan. Tubuh Anda pun tidak akan mudah diserang berbagai jenis penyakit.

13 Manfaat Sayur Gambas untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa manfaat sayur gambas untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Melancakan aliran darah

Manfaat sayur gambas yang pertama yaitu dapat membuat aliran darah Anda menjadi lebih lancar. Sayuran yang satu ini akan mencegah gangguan kesehatan pada pembuluh darah Anda sehingga organ di tubuh tetap dapat berfungsi optimal.

2. Mengatasi radang usus

Kegunaan dari sayur gambas sangat bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah radang pada usus. Penyakit ini seringkali menyerang karena jenis konsumsi makanan yang salah. Itulah mengapa Anda disarankan untuk mengonsumsi sayur yang satu ini.

3. Mengobati radang tenggorokan

Sayur gambas tergolong jenis sayuran yang segar. Kesegaran inilah yang dapat membuat tenggorokan Anda menjadi lebih sehat. Selain itu, sayuran ini juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan.

Loading...

4. Mengatasi radang rongga telinga

Tidak hanya bagian tenggorokan saja yang dapat terjangkit radang, namun juga bagian rongga telinga. Jika Anda sedang mengalami radang pada bagian telinga, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi sayur gambas.

5. Mencegah penyakit cacingan

Jika anak Anda sering terjangkit penyakit cacingan, jangan terburu-buru memberinya obat kimia. Cobalah untuk memberikan sayur gambas dan dikonsumsi dengan rutin. Sayuran ini bermanfaat dalam mencegah dan mengobati cacingan.

6. Menambah produksi ASI

Selama ini daun katuk terkenal sebagai salah satu jenis daun penambah ASI pada ibu menyusui. Alternatif lainnya akan Anda temukan pada sayur gambas. Sayur ini juga bermanfaat untuk memperbanyak ASI.

7. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A dalam sayur gambas sangat baik untuk menyehatkan mata Anda. Selain itu, vitamin ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan menjadi anti oksidan yang alami bagi kesehatan tubuh.

8. Sumber energi

Sayur gambas mengandung vitamin B1 yang bermanfaat untuk membantu proses oksidasi, memberikan energi pada tubuh, serta menjaga daya tahan tubuh Anda. Cukup dengan mengonsumsi sayur ini saja Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat.

9. Mempercepat penyembuhan luka

Luka Anda akan cepat sembuh jika rajin mengonsumsi sayur gambas. Mengapa? Karena sayuran ini mengandung vitamin C yang berguna untuk membantu mempercepat sembuhnya luka. Sayur ini juga berguna untuk mencegah sariawan dan panas dalam.

10. Menyehatkan tulang

Sayur gambas mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Jika Anda mengonsumsi sayuran ini dengan rutin, maka tulang Anda akan lebih kuat dan tidak mudah diserang penyakit pengeroposan tulang.

Baca Juga: 12 Efek Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 manfaat buruk diatas, ada beberapa manfaat sayur gambas untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 2 manfaat lainnya:

3 Manfaat Sayur Gambas untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Penambah daya tahan tubuh (zat besi)
12. Menyehatkan tulang (fosfor)
13. Menurunkan kolesterol tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang manfaat sayur gambas untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top