Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Manfaat Senam Aerobik Untuk Tubuh

Uncategorized

15 Manfaat Senam Aerobik Untuk Tubuh

Senam adalah olahraga yang banyak di gemari orang. Semua orang dari anak-anak balita sampai orang dewasa mereka melakukan senam. Mereka melakukan senam karena memang terbukti ampuh menjaga kesehatan tubuh. Ada bermacam-macam senam yang kita kenal. Seperti senam irama,  senam kebugaran jasmani, senam poco-poco, senam lantai, dan juga senam aerobik. Dari macam-macam senam tersebut pasti memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Yang akan kita bahas adalah senam aerobik. Senam aerobik adalah senam untuk meningkatkan efisiensi masuknya oksigen ke tubuh. Senam aerobik di iringi dengan musik yang temponya cukup tinggi. Senam ini sangat menguras banyak energi, tapi sangat baim untuk dilakukan. Banyak sekali orang yang menggemari senam aerobik.  Sebenarnya apa saja manfaat dari senam aerobik.  Berikut ini adalah beberapa manfaat senam aerobik untuk tubuh:

1. Membakar Lemak Pada Tubuh

Manfaat senam aerobik adalah bisa membakar lemak dalam tubuh, karena senam aerobik memiliki gerakan yang energik. Musik yang di pakai pun temponya cepat sehingga sinkron dengan gerakannya yang energik itu. Senam aerobik banyak di gemari orang untuk membuat tubuh menjadi ideal.

2. Menurunkan Berat Badan

Orang-orang yang memiliki badan gemuk biasanya melakukan sesuatu yang bisa menurunkan berat badannya. Mereka melakukan hal-hal seperti olahraga, diet, dan sebagainya. Salah satu olahraga yang dilakukan adalah senam aerobik. Memang senam aerobik sudah di percaya dan terbukti bisa menurunkan berat badan. Lemak dalam tubuh kita bisa terbakar. Dan berat badan kita pun turun.

3. Menguatkan Otot

Senam aerobik dapat menguatkan otot karena gerakannya yang cepat. Sehingga otot kita menjadi terlatih dan kuat. Senam aerobik jika dilakukan secara rutin bisa membuat otot kita terbiasa untuk bergerak sehingga otot kita kuat.  Jadi salah satu fungsi senam aerobik adalah untuk menguatka otot.

4. Mengurangi Rasa Stress

Stress bisa terjadi karena kita banyak masalah atau pekerjaan yang tidak bisa selesaikan. Kita suka menyibukkan diri untuk menghilangkan stress itu. Ternyata salah satu manfaat senam aerobik adalah bisa menghilangkan stress. Hal ini di karena kan senam aerobik memiliki gerakan yang asik,  sehingga yang melakukan bisa merasa terhibur.

Loading...

5. Menurunkan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa terjadi karena beberapa faktor,  salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Cara untuk mengobati atau mencegah darah tinggi adalah dengan hidup sehat.  Senam aerobik bisa membantu mengobati darah tinggi. Penderita darah tinggi bisa memiliki badan yang bugar dengan melakukan senam aerobik. Jadi aerobik sangat bermanfaat untuk kita.

6. Meningkatkan Fungsi Jantung

Senam aerobik sangat baik untuk jantung kita. Senam aerobik memiliki tempo yang cepat, sehingga denyut jantung kita akan stabil. Sehingga jantung berfungsi dengan baik. Maka dari itu jika ingin jantung kita berfungsi dengan baik,  rutinlah melakukan senam aerobik.

7. Meningkatkan Sitem Imun

Jika kalian sering sakit-sakitan lakukanlah senam aerobik secara rutin.  Dengan melakukan senam aerobik tubuh kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit. Itu berarti sistem imun tubuh kita meningkat. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita melakukan senam aerobik. Manfaat senam aerobik tidak hanya bisa dirasakan orang yang suka sakit-sakitan,  orang yang sehat pun wajib melakukan,  supaya dia tidak sakit.

8. Meningkatkan Pasokan Oksigen di Dalam Tubuh

Senam aerobik memang pada dasarnya adalah senam untuk meningkatkan pasokan oksigen di dalam tubuh. Dalam senam aerobik kita dilatih bernapas dengan baik. Sehingga oksigen yang masuk tubuh kita bisa optimal. Jadi kita mesti melakukan senam aerobik agar kita tidak kekurangan oksigen.

9. Melatih Pernapasan

Ketika kita sedang melakukan senam aerobik,  pernapasan kita di latih. Kita di latih untuk bernapas dengan baik,  sehingga oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa maksimal. Jadi kita tidak akan rugi menggunakan waktu kita untuk melakukan senam aerobik. Manfaat senam aerobik sangat bisa kita rasakan setelah kita melakukannya.

10. Meningkatkan Nafsu Makan

Kalori yang terbakar saat kita melakukan senam aerobik cukup banyak.  Sehingga. Energi kita terkuras. Makanan yang sebelumnya kita makan sudah kita bakar untuk menghasilkan energi.  Sehingga kita merasa lapar saat selesai melakukan senam aerobik. Maka dari itu manfaat senam aerobik adalah meningkatkan nafsu makan.

Baca juga: 15 Cara Mengecilkan Perut

5 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan yang Lainnya:

11. Meningkatkan Konsentrasi
12. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes
13. Menguatkan Tulang
14. Melangsingkan Badan
15. Mengecilkan Perut

Demikian adalah beberapa manfaat yang kita dapat dari senam aerobik beserta penjelasannya. Jadi senam aerobik sangat di rekomendasikan untuk semua orang. Senam ini sangat berguna untuk tubuh. Jadi kita tidak pernah akan rugi melakukan senam aerobik.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top