Connect with us
close

Virtual.co.id

Manfaat Serta Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Uncategorized

Manfaat Serta Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat serta khasiat daun sukun untuk kesehatan. Obat penyakit jantung, ginjal, kolestrol, kanker dan diabetes. Daun sukun (Artocarpus altilis) merupakan salah satu obat tradisional yang alami dan telah banyak dikenal masyarakat Indonesia. Daun sukun berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti ginjal, jantung, tekanan darah tinggi, liver, pembesaran limpa, kencing manis, asma, dan kanker. Hampir seluruh bagian tanaman sukun (Artocarpus altilis) mulai dari akar, bunga, daun, buah, batang, dan getahnyapun dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia dan berkhasiat mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Sukun merupakan suatu jenis tumbuhan yang tumbuh di daerah tropik. Tanaman ini tumbuh baik di daerah basah, tetapi juga dapat tumbuh di daerah yang sangat kering asalkan ada air tanah dan aerasi tanah yang cukup. Di musim kering, di saat tanaman lain tidak dapat atau merosot produksinya, justru sukun dapat tumbuh dan berbuah dengan lebat. Tanaman sukun memiliki banyak sekali manfaat untuk untk kesehatan. Bagian bunga tanaman sukun dapat digunakan sebagai obat sakit gigi, kulit kayu dapat digunakan untuk mencairkan darah yang menggumpal pada wanita sehabis melahirkan, dan pada daun sukun dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit, jantung, ginjal maupun digunakan sebagai obat radang, sedangkan Kunyahan daun sukun muda dapat digunakan untuk menetralisir racun dalam makanan.

Manfaat Serta Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Daun sukun mengandung Flavonoid, artoindonesianin, asam hidrosianat, asetilcolin, tannin, riboflavin, saponin, phenol, quercetin, champerol dan kalium. Adanya senyawa-senyawa antioksidan yang berkhasiat sebagai obat memungkinkan pemanfaatan daun sukun untuk obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pemanfaatan buah sukun sangat menguntungkan karena mengandung zat gizi yang tinggi sebagai sumber energi (kalori) juga mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan.

1. Manfaat Daun Sukun Untuk Mengobati Diabetes Mellitus
Diabetes melitus adalah penyakit yang ditandai dengan naiknya kadar glukosa dalam darah atau sering disebut hiperglikemia. Sekitar 75% orang yang terkena berakir sengan meninggal, karena penyakit ini yang menyerang pembuluh darah. Gagal ginjal, serangan jantung, dan stroke merupakan komplikasi yang utama. Penyakit diabetes ini dapat disembuhkan dengan menjalankan pola hidup sehat dan mengkonsumsi rebusan daun sukun secara teratur. Kandungan zat pada daun sukun yang bernama quercetin memiliki kemampuan dalam proses regenerasi dari sel β pankreas dan meningkatkan pengeluaran insulin. Dengan meningkatkan permeabilitas dari membran sel terhadap glukosa, insulin akan bekerja meningkatkan transfer glukosa dari darah ke dalam sel dan digunakan sebagai penghasil energi. Pada hati dan otot juga akan mengubah glukosa menjadi glikogen yang kemudian akan disimpan untuk digunakan kemudian. Hal ini menyebabkan kadar glukosa darah dapat menurun secara perlahan-lahan.

2. Manfaat Daun Sukun Untuk Mengobati Kolesterol (LDL)
Kadar kolesterol yang tinggi adalah penyebab resiko kematian yang tertinggi di dunia. Peningkatan kadar kolestrol ini dapat terjadi akibat seseorang tidak menjalani pola hidup yang sehat seperti sering makan goreng-gorengan, fast food, merokok atupun kurang mengkonsumsi serat.

Sebenarnya kolestrol juga dibutuhkan dalam tubuh kita. Kolesterol dibagi 2 yaitu HDL (High Density Lipoprotein) dan LDL (Low Density Lipoprotein). Tetapi peningkatan LDL kolesterol dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan terjadinya penimbunan lemak di dalam lapisan pembuluh darah atau plak kolesterol. Plak kolesterol mengakibatkan terjadinya pengerasan dan penyempitan pembuluh darah sehingga suplai darah ke otot jantung berkurang yang kemudian menyebabkan penyakit jantung. Senyawa Flavonoid yang merupakan anti oksidan yang terdapat dalam daun sukun yang dapat mencegah terjadinya peroksidasi lipid. Tanin yang juga ada di daun sukun dapat bekerja secara sinergis dalam memperbaiki profil lipid. Tanin menurunkan penyimpanan lemak dalam darah secara berlebihan.

Loading...

3. Manfaat Daun Sukun Untuk Menurunkan Resiko Jantung Koroner
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa daun sukun ini mampu menurunkan kadar kolestrol jahat. Maka dari itu bahwa daun sukun juga bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung koroner. Karena kedua penyakit ini sangat berhubungan. Kadar kolestrol darah yang tinggi lama kelamaan akan menumpuk dipembuluh darah dan dapat terjadi penyumbatan yang berakobat seseorang menderita jantung koroner. Penyakit jantung koroner dapat diobati dengan mengkonsumsi teh daun sukun secara teratur.

4. Manfaat Daun Sukun Untuk Mengobati Penyakit Ginjal
Ginjal berfungsi mengeluarkan racun atau zat-zat berlebihan di darah. Ginjal juga menjaga tekanan darah dan memproduksi hormon untuk membuat sel darah baru. Bila fungsi ginjal terganggu, penderita bisa mengalami kekurangan darah (anemia), tekanan darah tak normal, atau kadar racun dalam darah naik. Sehingga penderita harus menjalani tambah darah, cuci darah atau berpantang makanan penyebab kencing manis atau darah tinggi. Penimbunan kalsium yang lama akan berubah menjadi batu disaluran ureter ataupun ginjal yang akan menyebabkan terjdinya gagal ginjal.

Kalsium yang terikat oleh flavonoid akan membentuk suatu ikatan kalsium flavonoid melalui mekanisme kalsium pada batu ginjal dapat membentuk senyawa kompleks dengan gugus –OH dari flavonoid sehingga membentuk Ca-flavonoid. Senyawa kompleks ini diduga lebih mudah larut dalam air dan mudah diekskresikan. Aktivitas diuretic dari flavonoid dapat membantu pengeluaran batu dari dalam ginjal yaitu dikeluarkan bersama urin.

5. Manfaat Daun Sukun Untuk Mengobati Kanker
Kanker adalah penyakit yang menyebabkan tingginya kematian didunia ini. Penyakit kanker dapat terjadi karena seseorang kurang mengkonsumsi sayuran dan buah, merokok, mengkonsumsi alkohol, maupun kurang berolahraga. Kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup ke jaringan sekitarnya dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting. Daun sukun adalah salah satu usaha dari pengobatan tradisional herbal yang dapat dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker tersebut. Hal ini karena banyaknya kandungan antioksidan yang ada didalam daun sukun.

Daun Sukun Kering

Cara membuat ramuan daun sukun untuk megobati penyakit jantung, ginjal, kolestrol, kanker, kencing manis (diabetes) ataupun penyakit-penyakit yang lain akibat radikal bebas.

  1. Memilih daun sukun yang sudah tua. Daun yang sudah tua berwarna hijau tua, kandungan antioksidan didalam daun yang sudah tua lebih tinggi dibandingkan daun yang masih muda.
  2. Ambil sebanyak 3 helai daun.
  3. Daun dicuci dengan air besih kemudian dirajang (di iris-iris).
  4. Hasil rajangan kemudian dijemur sampai kering
  5. Daun sukun yang sudah kering direbus dengan menggunakan 2 liter air dan dibiarkan sampai menjadi setengahnya.
  6. Angkat dan kemudian disaring untuk di ambil airnya. Air rebusan ini berwarna merah kecoklatan seperti teh pada umumnya dan rasanya pahit.
  7. Taruh air rebusan tadi didalam gelas dan ditutup agar antioksidannya tidak ikut menguap.
  8. Setelah menjadi hangat Air rebusan langsung bisa diminum.
  9. Tidak boleh diminum kesekon harinya.

Pengobatan menggunkan daun sukun ini tidak langsung memberikan efek yang signifikan, biasanya setelah mengkonsumsi secara rutin selama sebulan baru berasa efeknya. Ini tergantung jenis penyakit dan tingkat keparahan dari penyakit yang diderita.
Semoga artikel tentang manfaat daun sukun untuk mengobati penyakit jantung, ginjal, kolestrol, kanker dan diabetes ini bermanfaat bagi kita semua.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top