Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Uncategorized

6 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Meski nampaknya tak begitu penting, tapi manfaat tertawa sangat besar untuk kesehatan tubuh baik secara fisik maupun mental. Tertawa adalah ungkapan atau ekspresi kebahagian yang muncul spontan dan tanpa direkayasa. Sedangkan senyuman yakni ekspresi yang dinyatakan dengan menarik sudut bibir ke samping dan umumnya mengeluarkan suara berbeda-beda pada setiap orang.

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya tertawa karena dengan hanya melihat atau mendengar sesuatu bisa membuat kita tertawa. Banyak yang percaya jika tertawa bisa menambah umur seseorang. Sebab, hanya dengan tertawa tubuh menjadi lebih sehat, stres hilang, menyehatkan jantung dan lainnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini!

Manfaat tertawa untuk kesehatan dan kecantikan

Tak hanya berkhasiat bagi kesehatan, tapi juga bisa menambah kecantikanmu. Berikut penjelasannya!

Meredakan stres
Menurut penelitian menemukan bahwa tertawa dan rasa humor mampu mengurangi kadar stres seseorang. Selain itu, juga meminimalkan pikiran negatif akibat depresi atau aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, manfaat tertawa untuk kesehatan mental lainnya adalah mengurangi rasa kesepian dan menjadikan otak untuk selalu berprasangka positif.

Menyehatkan jantung
Sebuah penelitian juga menunjukkan jika seseorang sedang tertawa aliran darah di seluruh tubuh menjadi lancar. Sehingga, semua organ tubuh termasuk jantung mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Kondisi ini terjadi karena pelepasan zat endorfin yang berfungsi menghilangkan stres dan pikiran negatif. Tertawa akan memicu produksi endorfin dan jantung pun menjadi sehat.

Meningkatkan aliran darah
Tertawa merupakan bagian dari peregangan ringan bagi tubuh karena bisa mengeluarkan keringat sama seperti olahraga. Saat tertawa jantung memompa darah dengan lebih cepat maka, aliran darah keseluruh tubuh menjadi lancar. Jadi, manfaat tertawa yang bisa kita petik adalah menyehatkan semua anggota tubuh.

Loading...

Membuat awet muda
Salah satu manfaat tertawa bagi kecantikan adalah menjaga wajah dari tanda-tanda penuaan dini. Hal ini berarti mencegah terbentuknya kerutan-kerutan di wajah dan membuat kita awet muda. Ketika sedang tertawa otot wajah mengalami peregangan. Dengan begitu, wajah menjadi kecang dan elastis.

Mengurangi rasa sakit
Para ahli mengungkap, tertawa bisa meringankan rasa sakit akibat penyakit kronis. Tertawa akan menumbuhkan rasa nyaman dan melupakan penyakit yang diderita. Kala orang sekitarmu sedang menderita kesakitan, cobalah hibur dia dengan mengajaknya tertawa dan bercanda. Agar dia mendapatkan manfaat tertawa.

Mempererat hubungan
Jangan hanya membahas hal-hal yang serius saja ketika kamu berkumpul dengan teman, sahabat, keluarga maupun kekasih. Ajak mereka untuk tertawa dengan membahas hal-hal yang lucu, maka suasana akan semakin menyenangkan. Selain itu, kenyamanan yang kamu timbulkan bisa menjaga keeratan hubunganmu.

baca juga : 6 Manfaat Tidur Mengenakan Kaos Kaki

Setiap hal pasti ada manfaat dan bahayanya begitu pula dengan tertawa. Terdapat beberapa dampak negatif tertawa berlebihan bagi kesehatan tubuh.

Dampak negatif tertawa bagi tubuh

  • Terkilirnya rahang,
  • Beresiko terserang stroke, akibat dari tertawa terbahak-bahak lebih dari 3 menit,
  • kelumpuhan
  • menurunkan daya ingat,
  • Berpotensi terkena penyakit menular.

Maka, sebaiknya kamu menjaga agar tidak tertawa yang berlebihan apalagi sendirian. Karena dapat membahayakan dirimu sendiri, lebih baik senormalnya saja, agar kamu mendapatkan manfaat tertawa.

Nah, itulah manfaat dan dampak negatif tertawa bagi tubuh. Mulai sekarang cobalah untuk tertawa meski hati sedang gundah, tapi jangan berlebihan. Buatlah dirimu lebih bahagia dan bahagiakan juga orang sekitarmu. Jika memang bermanfaat jangan ragu bagikan kepada teman-temanmu ya!

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top