Connect with us
close

Virtual.co.id

Mekanisme Pembentukan Urine Pada Ginjal Manusia

Uncategorized

Mekanisme Pembentukan Urine Pada Ginjal Manusia

Mekanisme Pembentukan Urine Pada Ginjal Manusia merupakan suatu proses yang tidak dapat dikatan singkat, Hal ini dimana darah didalam tubuh manusia diubah oleh ginjal menjadi air kencing atau urine. Urine sendiri merupakan larutan kompleks yang terdiri dari sebagian besar air ( 96%) air dan sebagian kecil zat terlarut ( 4%) yang dihasilkan oleh ginjal, disimpan sementara dalam kandung kemih dan dibuang melalui proses mikturisi. (Evelyn C. Pearce, 2002).

Urine berasal dari darah yang dibawa arteri renalis masuk ke dalam ginjal dengan melalui glomerulus berfungsi sebagai ultrafiltrasi pada simpai Bowman, berfungsi untuk menampung hasil filtrasi dari glomerulus. Pada tubulus ginjal akan terjadi penyerapan kembali zat-zat yang sudah disaring pada glomerulus, sisa cairan akan diteruskan ke piala ginjal terus berlanjut ke ureter. (Syaifuddin, 2003).

Mekanisme Pembentukan Urine Pada Ginjal Manusia
Loading...
Ada 3 Tahap Proses Pembentukan Urine Pada Ginjal yaitu:
1. Proses Filtrasi
Proses ini terjadi di glomerulus, proses filtrasi terjadi karena permukaan aferen lebih besar dari permukaan eferen sehingga terjadi penyerapan darah. Sedangkan sebagian yang tersaring adalah bagian cairan darah kecuali protein. Cairan yang tersaring ditampung oleh simpai Bowman yang terdiri dari glukosa, air, natrium, klorida, sulfat, bikarbonat dll, yang diteruskan ke tubulus ginjal. (Syaifuddin, 2003).
2. Proses Reabsorbsi
Fungsi utama tubulus proksimal adalah reabsorpsi yaitu proses dikembalikannya air bersama dengan glukosa, asam amino, asam urat dan protein yang berhasil menembus filter glomerulus ke aliran darah. Tubulus proksimal juga mengembalikan elektrolit, natrium, chlorida dan bikarbonat. Simpai Henle mereabsopsi air dan natrium. Tubulus distal secara halus mengatur konsentrasi ion-ion natrium, kalium, bikarbonat, fosfat dan hydrogen. (Frances K. Widmann, 1995).

Baca juga: Warna Urine (Air Kencing) Dan Artinya

3.Proses Sekresi
Mekanisme Pembentukan Urine Pada Ginjal Manusia

Proses ini adalah proses penyerapan urine sisa dari filtrasi dan reabsorpsi. Proses penyerapan urine ini terjadi pada tubulus dan diteruskan ke piala ginjal selanjutnya diteruskan ke ureter masuk ke vesika urinaria. (Syaifuddin, 2003). Dalam tubulus kontortus distal, pembuluh darah menambahkan zat lain yang tidak digunakan dan terjadi reabsorbsi aktif ion Na+ dan Cl- dan sekresi H+ dan K+. Selanjutnya akan disalurkan ke tubulus kolektifus ke pelvis renalis. ( Roger Watson, 2002 )

Demikian tadi materi secara singkat tentang Mekanisme Pembentukan Urine Pada Ginjal Manusia. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top