Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Cara Melancarkan Buang Air Kecil

Uncategorized

20 Cara Melancarkan Buang Air Kecil

Buang air kecil yang lancar adalah tanda bahwa tubuh sehat. Jika kita tidak lancar kencingnya, niscaya, badan bakal mengalami banyak penyakit. Terutama yang berhubungan dengan ginjal dan saluran kencing. Untuk melancarkan buang air kecil membutuhkan teknik tertentu. Ini adalah upaya yang seharusnya didorong dan dimulai dari diri sendiri.

Janganlah terlalu bergantung pada obat, karena obat hanya akan membuat tubuh gagal menjalankan fungsi yang semestinya. Memang ada obat untuk melancarkan buang air kecil. Tapi ini semua tentu beresiko jika diminum setiap hari.

Penyebab buang air kecil tidak lancar salah satunya adalah karena adanya kristal di ginjal atau saluran kencing. Kristal ini tercipta dari endapan urin. Biasanya orang yang urinnya mengkristal begini merupakan tipikal orang yang terbiasa menahan kencing. Walaupun sudah kebelet, tapi malah ditahan. Inilah yang akhirnya bikin kristal itu menyumbat aliran kencing. Kalau sudah terkena penyakit ini, rasanya tentu saja sakit.

Selanjutnya, untuk melancarkan buang air kecil, biasanya dokter juga menyarankan agar kita banyak minum air putih. Jika dalam kondisi normal kita minimal minum 8 gelas atau sekitar 2 liter. Maka untuk melancarkan buang air kecil bagi pengidap susah kencing adalah dengan minum lebih dari 2 liter. Bahkan disarankan agar bisa mencapai 10 liter. Jika sudah melakukan terapi ini, silahkan diperhatikan. Sungguh akan berubah kondisinya, kita jadi bakal sering buang air kecil.

Nah, di bawah ini sudah kami susun 20 cara melancarkan buang air kecil. Silahkan simak dengan saksama!

1.Minum Air Putih Pagi Hari

 

Banyak minum air putih di pagi hari ternyata amat baik untuk kesehatan tubuh. Karena dengan begini, tubuh bakalan mudah meluruhkan urin. Kandung kemih bakal cepat penuh dengan air sehingga kita mudah merasakan sensasi kebelet pipis. Silahkan dicoba minum 2 liter air setelah bangun tidur. Rutin dilakukan sepanjang hidup. Dan rasakanlah betapa baiknya rutinitas minum air di pagi hari ini.

Loading...

2.Jangan Pernah Menahan Kencing Meski Harus Bolak-Balik Toilet

 

Ketika kita rutin minum air, biasanya kita jadi mudah kebelet kencing. Alhasil harus bolak-balik toilet. Ini tentu merepotkan untuk kita yang sibuk bekerja atau sekolah. Tapi jika memang ini demi kesehatan dan terapi kencing, tak masalah lah bolak-balik toilet.

3.Menggunakan Pembalut atau Pampers Ukuran Jumbo

Untuk kamu yang malas bolak-balik toilet, bisa dicoba teknik ini. Pakailah pembalut atau pampers, supaya ketika susah untuk ke toilet karena sedang sibuk, maka kita hanya perlu kencing saja di pampers atau pembalut.Tidak perlu malu melakukan cara ini, kan demi kesehatan!

4. Banyak Makan Buah-Buahan

Ketika kita banyak makan buah-buahan, maka ini akan berdampak pula pada lancarnya kencing. Silahkan dibuktikan sendiri, jika kita rajin konsumsi buah yang kaya vitamin C, maka ini bisa untuk melancarkan buang air kecil.

5. Disarankan Makan Buah Kaya Air

Buah-buahan terbaik dalam hal ini adalah buah yang kaya dengan air, seperti melon dan semangka. Jeruk juga bagus. Pokoknya buah-buahan yang kaya dengan air, ini sangat bagus melancarkan buang air kecil.

6. Banyak Makan Sayuran

Untuk melancarkan buang air kecil selanjutnya juga dibutuhkan asupan nutrisi dari sayuran. Kita bisa coba sayuran dari golongan sawi dan kubis. Atau bisa juga sayuran buah seperti labu dan mentimun. Ini tentu baik sekali.

7. Rajin Melakukan Senam Pagi

Senam pagi juga baik sekali untuk melancarkan buang air kecil. Karena ini akan membuat rileks saluran kencing kita. Dan otot-otot di perut serta panggul dan pinggul jadi lebih lentur.

8. Menggunakan AC atau Kipas Angin Agar Suhu Tubuh Selalu Stabil

Menggunakan AC atau kipas angin bisa membuat suhu tubuh selalu stabil. Ketika tubuh kepanasan, maka air yang ada di dalam tubuh bisa habis menguap dan dilepaskan dalam bentuk keringat. Nah, tentu saja ini kurang baik untuk kesehatan. Karena air juga harusnya dilepaskan dalam wujud urin supaya ginjal dan darah bersih. Untuk itu, kita perlu pakai kipas dan AC dikala kepanasan. Supaya tak mudah berkeringat.

9. Menggunakan Pakaian yang Longgar

Pakaian yang longgar memberikan efek kenyamanan pada otot di seluruh tubuh, Ketika otot terasa nyaman, niscaya kita pun mudah kencing. Sungguh pakaian longgar bisa untuk melancarkan buang air kecil.

10. Biasakan Banyak Minum Saat dan Setelah Makan

Beberapa orang tidak suka minum air putih dikala makan atau setelah makan. Entah tidak haus atau karena kebiasaan. Padahal minum saat dan setelah makan bisa melancarkan buang air kecil loh!

Baca Juga: 25 Penyebab Perut Buncit yang Mesti Diwaspadai

10 Cara Melancarkan Buang Air Kecil yang Lainnya:

11. Minum Susu Kedelai
12. Cobalah Minum Air Kelapa Hijau
13. Tidak Menelan Ludah
14. Jangan Keseringan Buah Ludah
15. Aktif Bergerak
16. Jangan Kelamaan Duduk
17. Tidak Membiarkan Tubuh Dehidrasi
18. Jangan Berpanas-Penasan Saat Matahari Terik
19. Melakukan Olahraga Yoga
20. Cobalah Rutin Latihan Pernafasan Perut

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top