Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Manfaat Memakai Behel Gigi

Uncategorized

15 Manfaat Memakai Behel Gigi

Dalam satu dekade terakhir behel gigi menjadi trend tersendiri di masyarakat.  Penggunaan kawat gigi semakin meningkat setiap tahunnya. Alasan orang memakai kawat gigi bisa karena kesehatan maupun untuk penampilan atau kecantikan. Maka dari itu job dokter gigi semakin meningkat setiap tahunnya. Behel memang mahal harganya,  tapi orang-orang rela mengeluarkan uang banyak untuk memasang behel gigi.

Orang memasang behel pasti karena memiliki manfaat.  Walaupun ada yang memasang kawat gigi hanya untuk penampilan saja, namun behel sebenarnya memiliki fungsi yang utama. Apa saja manfaat behel gigi untuk kesehatan? Berikut ini adalah manfaat memakai behel gigi untuk kesehatan:

1. Merapikan Gigi yang Berjejal

Behel gigi mampu untuk merapikan gigi yang berjejal. Ingat bahwa dengan kondisi gigi yang berjejal alias crowded, ini akan sangat mengganggu fungsi pengunyahan. Selain itu, memakai behel gigi juga bisa menyebabkan semakin cantiknya kesan pada gigi.

2. Membentuk Tulang Rahang

Behel juga memiliki fungsi untuk membentuk tulang rahang. Terkadang ada seseorang, yang mana dirinya tidak memiliki rahang yang bagus. Seperti tonggos rahang atas ataupun rahang bawah. Memang behel yang baik adalah sebuah behel yang mampu memperbaiki kelainan ini. Dan untuk membentuk tulang rahang agar baik, sesungguhnya susah. Perlu suatu teknik khusus dari seorang ahli ortodonti.

3. Memperbaiki Gigitan

Tentu saja behel gigi dapat memperbaiki gigitan kita. Dengan gigitan yang baik, maka kita takkan lagi mengalami kesusahan untuk mengunyah dan menggigit makanan. Biasanya gigitan yang kuran baik terjadi di gigi seri, yang mana antara rahang atas dan bawah tidak mengatup sempurna. Namun ada pla yang terganggu adalah gigi bagian samping. Namun semuanya sama saja, bisa diatasi kok dengan behel.

4. Menghilangkan Tonggos

Tonggos pada gigi adalah kondisi di mana gigi kita tidak memiliki kontak antar gigi yang baik. Terutama pada gigi rahang atas yang sangat maju ke depan. Penyebab tonggos diketahui hanya ada 3, yaitu: karena genetik, karena kebiasaan mendorong gigi dengan lidah, atau karena faktor kecelakaan yang membuat tulang rahang bergeser.

Loading...

5. Mengatasi Diastema

Diastema adalah kondisi gigi renggang. Tahukah kamu bahwa diastema disebabkan karena faktor buruk seperti menyusupkan koin ke sela-sela gigi misalnya. Kondisi diastema atau gigi renggang ini juga bisa disebabkan karena faktor hilangnya gigi sehingga gigi bergeser ke samping. Tahukah kamu bahwa diastema tidak bisa sembuh sendiri? Untuk mengembalikan gigi ke posisi semula, dibutuhkan kawat gigi alias behel.

6. Memperbaiki Ketidaksimetrisan Gigi

Untuk memperbaiki ketidaksimetrisan gigi juga dibutuhkan behel. Ketidaksimetrisan ini maksudnya adalah yang membuat gigi tidak tepat di garis senyum bibir. Contoh kasusnya adalah kasus asimetris gigi aktor Tom Cruise. Lihalah gigi Tom saat tersenyum lebar, pastilah giginya tidak tepat di tengah.

7. Memperbaiki Kualitas Sistem Pencernaan Makanan

Manfaat memakai behel juga akan membuat kualitas pencernaan kita jadi naik. Tahukah kamu bahwa dengan pencernaan yang baik, maka kita akan memiliki tubuh yang sehat pula. Karena pencernaan baik ini benar-benar bikin kita mampu menyerap gizi makanan dengan baik.

8. Mencegah dari Penumpukkan Kalkulus

Memakai behel juga akan membuat kita bebas dari penumpukkan kalkulus. Perlu kamu ketahui, kalkulus merupakan karang gigi. Ini terbentuk karena akumulasi plak dan sisa makanan. Jika kalkulus dibiarkan tanpa pernah discaling, maka efeknya akan menyebabkan kita jadi mengalami penurunan gusi.

9. Memicu Seseorang Lebih Peduli Pada Kesehatan Gigi

Tentu saja memakai behel gigi akan otomatis mempengaruhi bagaimana kita peduli terhadap kesehatan gigi. Orang yang peduli pada kesehatan giginya, maka ia akan memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik. Karena gigi merupakan organ yang benar-benar berpengaruh dalam pencernaan.

10. Membuat Gigi Tampak Cantik dan Proporsional

Memasang behel gigi membuat gigi kita jadi tampak cantik dan proporsional. Enak dipandang!

Baca Juga: 15 Cara Menangani Sakaw Pada Pecandu Narkoba

5 Manfaat Memakai Behel Gigi yang Lainnya:

11. Mengatasi Open Bite
12. Mencegah Gangguan Maloklusi
13. Mengatasi Gigi Gingsul
14. Menambah Nilai Estetika Wajah
15. Melejitkan Kepercayaan Diri

Itulah beberapa manfaat dari memakai kawat gigi untuk kesehatan. Jika gigi kamu rapi dan sehat pasti kamu akan percaya diri dengan penampilanmu. Dan pastinya gigi kamu menjadi lebih cantik.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top