Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Membaca Sambil Tiduran untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Membaca Sambil Tiduran untuk Kesehatan

Tahukah kamu apa saja bahaya membaca sambil tiduran? Selain merusak mata, ternyata membaca sambil tiduran bisa menyebabkan anda kecanduan. Menjadikan aktivitas berbaring sambil membaca jadi kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari. Kalau begini sih, jangan heran kalau pada akhirnya bola matamu bakalan minus banyak sekali. Dan akan susah dikoreksi oleh alat optik. Yang pada akhirnya membuat dirimu buta.

Bahaya membaca sambil tiduran ini sebaiknya disosialisasikan sejak dini kepada anak-anak kita. Agar sejak dini mereka sudah tahu dampak buruknya kalau baca buku atau baca apa saja sambil berbaring. Semakin dini peringatan ini diberikan, maka kemungkinan kerusakan mata bakal tercegah. Sangatlah kasihan bilamana anak yang baru berumur 7 tahun atau belasan tahun sudah memakai kacamata tebal. Selain berat dan melelahkan, juga memberikan efek psikis yang cukup buruk pada anak. Karena anak yang berkacamata biasanya kan dibully.

Silahkan kamu simak berbagai uraian tentang bahaya membaca sambil tiduran yang secara lengkapnya di bawah ini. Bacalah dan pahami dengan saksama! Jangan lupa share artikel ini ya biar semua orang tahu tentang betapa bahayanya  membaca sambil tiduran.

1. Kerusakan Mata Menjadi Minus

Membaca sambil tiduran sangat bahaya karena bisa membuat mata jadi minus. Kamu tidak mau kan punya mata yang minus? Maka dari itu, sebaiknya kamu jangan membaca sambil tiduran. Kalau lafi
baca ya sebaiknya duduk lah.

2. Mata Minus yang Sangat Parah Sampai Tak Mampu Dikoreksi Oleh Kacamata

Ya, ketika minus terlalu tinggi, itu biasanya akan susah sekali dikoreksi oleh alat optik seperti kacamata. Maka dari itu, sebaiknya kamu  jangan membaca sambil tiduran. Karena ini sungguh sangat berbahaya sekali buat kesehatan. Kamu tak mau kan kena mata minus terlalu tinggi?

3. Pusing Tujuh Keliling

Membaca sambil tiduran akan membuatmu pusing tujuh keliling. Maka dari itu, sebaiknya kamu kalau mau membaca sesuatu, kamu harus dalam kondisi duduk saja. Janganlah sambil tiduran. Nanti lama-lama sungguh kamu akan pusing tujuh keliling.

Loading...

4. Migrain yang Susah Sembuh

Migrain bilamana susah sembuh pastilah karena sebab-sebab tertentu. Misalnya karena kelelahan. Maka dari itu, kalau kamu tidak mau migrain begini. Sebaiknya kamu kalau baca sesuatu jangan sambil tiduran. Karena bahaya membaca sambil tiduran memang sungguh mengerikan sekali.

5. Mual dan Muntah

Membaca sambil tiduran bisa menyebabkan kita mual dan muntah. Ini karena kenaikan asam lambung atau bisa pula karena ketika pusing memang pada sebagian orang jadinya muntah dan sangat mual. Jika memang kamu sayang pada badanmu, maka janganlah sesekali tiduran sambil membaca begini.

6. Menimbulkan Candu

Candu adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang. Orang yang kecanduan tentunya bakalan sering mengalami hal-hal yang melelahkan. Sudah tahu salah masih dilakukan. Misalnya ketika membaca sambil tiduran. Ini kan sebenarnya adalah candu.

7. Melemahkan Daya Berpikir

Jangan meremehkan bahaya membaca sambil tiduran. Karena ternyata bisa bikin kita melemah daya pikirnya. Masa lah hanya karena aktivitas gaya hidup atau kebiasaan buruk ini, seseorang jadi turun daya berpikirnya. Ini tentu akan membuat susah belajar jadinya.

8. Membuat Gampang Mengantuk

Orang yang membaca sambil tiduran biasanya dia gampang mengantuk. Dikiranya tiduran sambil baca enak, eh sebentar doang sudah molor saja alias ketiduran. Bagaimana mau bisa belajar kalau baru 5 menit baca sudah mengantuk. Maka sebaiknya jangan baca sambil tidur lagi ya!

9. Menjadikan Anak Jadi Bodoh

Inilah, seorang anak usia sekolah yang harusnya aktif belajar, janganlah dibiasakan membaca sambil tiduran. Nanti lama-lama bisa jadi bodoh.

10. Memunculkan Rasa Malas

Munculnya rasa malas bisa terjadi karena seseorang membaca sambil tiduran. Jangan biarkan aktivitas ini berubah jadi kebiasaan buruk dan gaya hidupmu. Cobalah belajar menghentikan gaya hidup buruk ini. Semata-mata demi kesehatan.

Baca Juga: 15 Bahaya Main Ponsel Saat Sedang Di-Charge

Silahkan baca bahaya tiduran sambil membaca yang lainnya di bawah ini:

5 Bahaya Membaca Sambil Tiduran yang Lainnya:

11. Tidak Konsentrasi
12. Informasi yang Dibaca Tidak Masuk
13. Ketegangan Otot Mata
14. Kerusakan Permanen Mata
15. Memperpendek Jarak Pandang

Sekian yang dapat kami sampaikan di artikel ini mengenai dampak membaca sambil tiduran. Mengingat dampak ini sangat bahaya untuk kesehatan manusia, maka segera saja hentikan gaya hidup buruk ini. Supaya kita senantiasa sehat dan tidak mengalami kerusakan mata.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top