Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Menahan Buang Air Besar

Uncategorized

15 Bahaya Menahan Buang Air Besar

Pekerjaan memang sering menjadi prioritas utama bagi seseorang, karena memang itu kebutuhan manusia. Dan tidak dapat di pungkiri kita memang membutuhkan uang. Tapi biasanya kita menunda hal-hal lain seperti buang air besar yang itu justru akan berbahaya untuk kesehatan kita.

Saat kita sibuk dan asik dengam pekerjaan yang kita lakukan, terkadang kita malas menunda pekerjaan untuk buang air besar, sampai pada akhirnya rasa ingin buang air besar itu hilang. Apakah itu semua bisa membahayakan kesehatan kita? Berikut ini adalah bahaya menahan buang air besar:

1. Feses Menjadi Mengeras

Menahan buang air besar saat kebelet akan membuat feses dalam tubuh kita tertimbun terus. Padahal proses pencernaan terus terjadi selama kita masih memakan makanan jika kita terus menahan buang air besar maka feses lama lama akan mengeras. Karena terlalu lama di tahan di dalam perut.

2. Terkena Sembelit

Terkena sembelit karena menahan buang air besar bisa saja terjadi, hal ini karena feses dalam perut yang mengeras dan menumpuk membuat kita sulit untuk mengeluarkannya. Mengerasnya feses ini terjadi karena kandungan air feses terus di serap orang tubuh. Ini sangat bahaya bagi tubuh kita. Sembelit juga menyebabkan dubur kita jadi sakit. Tidak enak bukan?

3. Kebocoran Usus

Penimbunan sampah makanan dalam usus terlalu lama membuat usus kita menjadi penuh dan juga keras. Hal ini bisa melukai usus kita sehingga bisa terjadi kebocoran usus. Kebocoran usus ini dapat berakibat nyawa kita melayang. Jika kalian tidak mau itu semua terjadi sebaiknya kalian jangan pernah menahan untuk buang air besar.

4. Berpotensi Menjadi Ambeien

Sembelit karena menahan buang air besar dapat melukai usus kita bahkan dubur kita, ini bisa  mengakibatkan kita mengalami ambeien. Jika kita mengalami ambeien kotoran yang kita keluarkan akan  bercampur dengan darah dan juga dubur kita akan sakit saat mengeluarkan kotoran sisa makanan itu.  Sangat mengerikan bukan?

Loading...

5. Tubuh Mengalami Kegemukan

Kadang ketika kita terlalu lama menahan buang air besar, rasa itu bisa menghilang. Lalu kita akan terus makan, feses yang tertimbun tadi akan mengeras sehinga kita sulit mengeluarkannya dan akan tertimbun dengan feses selanjutnya. Feses yang tertimbun terus menerus karena kita menahan buang air besar dapat membuat perut kita menjadi besar atau gemuk.

6. Nafsu Makan Berkurang

Perut kita akan penuh jika kita menahan terus menerus buang air besar, ini akan mengakibatkan turunnya nafsu makan kita karena merasa perut sudah penuh dan tidak bisa diisi makanan kembali. Atau bisa juga saat kita menahan buang air besar dan perut kita mulas kita jadi kehilangan keinginan kita untuk makan.

7. Emosi Menjadi Meledak-Ledak

Emosi kita jadi tinggi saat kita merasa tidak nyaman dengan tubuh kita. Ini bukan hanya membuat diri kita tidak nyaman,  tetapi juga orang lain, karena terkena imbas dari kemarahan tidak jelas kita. Maka dari itu kita tidak boleh menahan buang air besar.

8. Susah Konsentrasi

Kita akan sulit berkonsentrasi saat kita menahan untuk buang air besar. Karena kita merasa perut kita mules. Dan diwaktu yang sama kita harus bekerja. Sebaiknya kita pergi ijin sebentar untuk buang air besar daripada pekerjaan menjadi kacau karena kita tidak bisa berkonsentrasi.

9. Mengalami Cepirit

Menahan buang air besar dalam waktu sebentar mungkin bisa, tapi jika pekerjaan kita dilakukan dalam waktu lama kita bisa saja tidak bisa menahan lagi dan malah buang air besar di celana atau biasa disebut cepirit.

10. Mendapatkan Bullying dan Rasa Malu

Buang air besar yang ditahan dapat menyebabkan kita mengalami cepirit. Cepirit sangat memalukan bukan? Tentu saja, kita bisa di bully oleh rekan kita karena kita cepirit dan juga pasti kita akan merasa sangat malu karena hal itu. Jadi jangan sampai harga diri kamu menjadi jelek karena menahan buang air besar.

Baca Juga: 15 Bahaya Kurang Minum Air Putih untuk Tubuh

5 Bahaya Menahan Buang Air Besar yang Lainnya:

11. Buang Angin Terus
12. Perut Terasa Sebah
13. Nyeri Perut
14. Muntah-Muntah
15. Pendarahan Saluran Cerna

Sangat banyak bukan bahaya jika kita menahan buang air besar. Ini akan berefek pada kesehatan kita dan juga kehidupan sosial kita. Jadi sebaiknya kita sempatkan membuang air besar setiap hari sebelum kita  melakukan kegiatan sehari-hari.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top