Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Menambal Gigi di Tukang Gigi

Uncategorized

15 Bahaya Menambal Gigi di Tukang Gigi

Kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat,  seperti makan manis terlalu sering, atau tidak sikat gigi sebelum tidur, membuat gigi kita menjadi berlubang. Kini masih ada banyak orang yang mengalami masalah gigi berlubang. Orang yang mengalami gigi berlubang biasanya melakukan beberapa hal untuk menutupi lubangnya. Seperti menambal gigi, mencabut gigi,  atau veneer gigi. Tetapi yang paling sering di lakukan adalah menambal gigi.

Menambal gigi adalah memberi material pada gigi berlubang.  Material itu bisa berupa emas,  perak,  atau komposit.  Tapi yang banyak di lakukan adalah menambal gigi dengan komposit,  karena harganya lebih murah. Menambal gigi biasanya kita lakukan di dokter gigi. Tapi ada juga orang yang menambal gigi di tukang gigi. Menambal gigi di tukang gigi itu berbahaya. Apa saja bahaya nya? Berikut ini adalah bahaya menambal gigi di tukang gigi: 

 
Loading...


1. Alat yang di Gunakan Tidak Higienis


Alat-alat kedokteran gigi yang bersih sangat penting jika kita melakukan apapun yang berhubungan dengam gigi,  seperti misalnya menambal gigi. Di tukang gigi biasanya alat-alat kedokterannya tidak disterilkan dengan baik. Ini akan membahayakan gigi kita.  Maka dari itu jangan menambal gigi di tukang gigi, tambal lah di dokter gigi.  Walaupun di dokter gigi harganya lebih mahal tapi mereka yang memiliki pengetahuan dan izin praktek.

2. Pengetahuan Tukang Gigi Tidak Luas


Dokter belajar di kampus dan di lapangan sangat lama,  kurang lebih dua tahun.  Dan pastinya dokter memiliki wawasan dan kemampuan yang luar biasa. Berbeda dengan dokter,  tukang gigi bukanlah ahli gigi yang di latih sehingga kemampuannya dibawah dokter gigi.  Pengetahuan tukang gigi tidak luas,  maka sebaiknya jangan menambal gigi di tukang gigi.

3. Gigi Menjadi Infeksi


Peralatan di dokter gigi itu terjamin bersih dan steril. Sedangkan peralatan di tukang gigi kita tidak tahu kebersihan dan sterilnya. Gigi kita bisa infeksi jika alat-alat kedokterannya tidak steril.  Jadi kita sebaiknya jangan menambal gigi di tukang gigi, tambal gigi di dokter gigi agar tidak infeksi.

4. Gigi Menjadi Semakin Berlubang


Menambal gigi biasanya dilakukan oleh orang yang mempunyai gigi berlubang.
Biasanya kita menambal gigi dindokter gigi. Tapi tidak semua orang menambal gigi di dokter gigi, ada juga yang lebih memilih menambal gigi di tukang gigi. Alat kedokteran di tukang gigi tidak terjamin kebersihanannya, maka bisa jadi gigi kita malah semakin berlubang karena banyak bakteri di alat kedokteran tukang gigi.

5. Gigi Menjadi Mudah Keropos


Gigi kita menjadi mudah keropos saat kita menambal gigi di tukang gigi.  Mengapa itu bisa terjadi? Ya, tukang gigi tidak memiliki keahlian yang luar biasa seperti dokter gigi.  Jadi bisa saja gigi kita menjadi mudah keropos karena teknik yang di pakai salah.  Oleh karena itu jangan menambal gigi di tukang gigi.

6. Sakit Perut


Apa hubungan sakit perut dengan tukang gigi? Kita bisa sakit perut setelah kita menambal gigi di tukang gigi,  karena alat kedokteran disana tidak higienis. Bisa saja banyak bakteri yang menempel di alat lalu masuk ke mulut kita,  dan setelah itu kita makan. Perut kita bisa sakit karena itu.

7. Sakit Kepala


Tukang gigi tidak memiliki pengetahuan tentang saraf gigi. Sedangkan menambal gigi butuh pengetahuan tentang saraf gigi. Saraf gigi berhubungan dengan otak kita.  Jadi jika sampai salah sentuh gigi,  kepala kita bisa sakit.  Maka dari itu jangan menambal gigi di tukang gigi,  walaupun memang harga lebih murah. Tapi jika itu berbahaya untuk apa mencari yang murah.

8. Gigi Menjadi Sakit


Saat kita menambal gigi di tukang gigi,  gigi kita bisa saja malah menjadi sakit. Hal ini terjadi karena tukang gigi tidak memiliki pengetahuan yang lengkapntrntang gigi. Jadi mereka misa saja menambal gigi tidak memakai teknik, jadi gigi kita malah menjadi sakit karenanya.

9. Sariawan


Tukang gigi bukanlah orang yang belajar khusus tentang gigi. Sehingga pengetahuan dan ketrampilan mereka cetek. Tukang gigi bisa saja melukai gusi kita. Luka itu bisa menjadi sariawan.  Jika tidak mau kamu terkena sariawan,  jangan menambal gigi di tukang gigi.  Menambal gigi yang baik itu di dokter gigi profesional.

10. Bau Mulut

Bau mulut bisa terjadi jika kita menambal gigi di tukang gigi. Mulut kita menjadi penuh bakteri karena alat kedokteran di tukang gigi tidak steril. Oleh karena itu jangan menambal gigi di tukang gigi, jika kamu tidak mau mulut kamu menjadi bau karena itu. Menambal gigi di dokter gigi jauh lebih aman dan nyaman.

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Nafsu Makan

5 Bahaya Menambal Gigi di Tukang Gigi yang Lainnya:

11. Telinga menjadi sakit
12. Tambalannya tidak kuat
13. Gusi menjadi sakit
14. Diare
15. gigi yang Lain Ikut Berlubang

Itulah beberapa bahaya menambal gigi di tukang gigi. Sebaiknya kita menambal gigi di dokter gigi,  karena lebih berpendidikan. Dokter gigi lebih tau masalah pasien. Sedangkan tukang gigi kurang mengetahui masalah-masalah tentang gigi. Mereka asal menambal saja.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top