Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Cara Menangani Sakaw Pada Pecandu Narkoba

Uncategorized

15 Cara Menangani Sakaw Pada Pecandu Narkoba

Narkoba atau narkotika dan obat-obatan terlarang adalah musuh dari manusia. Tingkat penyalahgunaan narkoba di Indonesia tergolong cukup tinggi, terutama di kota-kota besar.  Penggunaan narkoba sembarangan bisa membuat kita menjadi tidak sadar. Kita bisa menjadi sangat senang,  atau bisa juga malah jadi teler. Banyak juga para artis tertangkap kasus narkoba,  mereka menggunakan narkoba untuk supleen agar mereka tidak mudah capek.  Penggunaan narkoba bisa berujung kematian.

Bagi pengguna narkoba,  melakukan pemberhentian itu baik, tapi jika dilakukan secara mendadak bisa berbahaya. Pemberhentian penggunaan obat secara mendadak disebut dengam sakaw.  Gejala fisik dari sakaw narkoba adalah emosi yang tidak stabil,  sakit kepala,  insomnia,  dan juga depresi. Bagaimana cara mengatasi sakaw pada pecandu narkoba? Berikut ini adalah  cara untul mengatasi sakaw pada pecandu narkoba:

1. Memasukkan ke Panti Rehabilitasi

Cara menangani sakaw pada pecandu narkoba yang pertama adalah dengan memasukkannya ke panti rehabilitasi. Ini memang cara yang bisa terbilang instant. Bagaimana tidak? Memang kondisi sakaw ini sebenarnya sudah sangat parah. Kita yang awam soal masalah obat-obatan tentu takkan paham bagaimana mengatasi kawan atau saudara yang sakaw. Yang ada kita malah jadi takut menghadapinya.

2. Mengurangi Dosis Narkoba Secara Bertahap

Untuk menangani sakaw, kita tidak bisa sembarangan langsung memutus saja penggunaan obat-obatan narkoba. Karena sakaw ini kondisi yang sudah sangat berat candu dan ketergantungannya. Untuk sembuh dari sakaw, seseorang tetap disarankan tetap konsumsi obat-obatannya dan berhenti secara perlahan.

3. Memberikan Bimbingan Rohani

Bimbingan rohani juga langkah yang tepat sekali untuk menangani sakaw. Biar bagaimana pun seorang pecandu narkoba itu, mereka membutuhkan pencerahan spiritual untuk kembali ke jalan yang benar. Ketika mereka, para pecandu menginginkan kehidupan yang jauh lebih baik, bebas dari narkoba, maka butuh dukungan ekstra dari lingkungannya. Termasuk dari sosok seorang pembimbing rohani.

4. Mengajak Masuk ke Lingkungan Bergaul yang Positif

Ajaklah seorang pecandu narkoba untuk mau hidup positif di lingkungan pergaulan yang positif. Supaya ia menjadi terpengaruh lingkungan pergaulannya itu untuk tetap hidup positif. Teman-teman dalam lingkungan pergaulan itu sangat mempengaruhi bagaimana  sikap seseorang dalam menjalani kehidupannya.

Loading...

5. Memberi Pelatihan Keterampilan

Berilah perlatihan keterampilan kerja pada seorang pecandu narkoba. Meskipun ia telah mengalami sakaw, sebuah masa berat bagi seorang pecandu. Namun ia tetap saja membutuhkan bekal untuk melanjutkan kehidupannya. Dengan memiliki keterampilan kerja, maka di kemudian hari ia akan bebas untuk menentukan kemana harus bekerja demi menyambung hidup.

6. Psikoterapi Konseling

Psikoterapi dalam bentuk konseling dengan seorang dokter psikiater misalnya, adalah sebuah jalan yang tepat pula untuk mengatasi sakaw. Seorang psikiater tidak hanya bertugas mendiagnosis dan memberikan obat kepada pasien-pasiennya yang mengalami gangguan kesehatan jiwa. Namun psikiater ini pun berhak dan berkompeten memberikan bimbingan konseling.

7. Mengajak Pecandu untuk Hidup Positif

Ajaklah seorang pecandu narkoba untuk hidup positif. Menangani sakaw memang bukan urusan mudah, namun dengan terbiasa hidup positif, maka seorang sakaw pun bisa sembuh. Ini butuh dukungan keras dari orang tua dan sahabat terdekat, istri, suami, atau pacar.

8. Memberikan Pemahaman Bahwa Pecandu Narkoba itu Bisa Mengalami Kematian

Berikanlah pemahaman kepada seorang pecandu bahwa narkoba itu bisa membuat seseorang mengalami kematian. Sakaw ini kan sebenarnya juga adalah kondisi yang sangat fatal diambang kematian. Semoga saja sakaw nya yang diderita ini bisa memberi efek jera.

9. Mengikat Tangan dan Kakinya

Bilamana seorang sakaw sudah sangat brutal dan selalu ingin mencari-cari barang haram. Atau malah memiliki keinginan bunuh diri, maka mengikat tangan dan kaki adalah langkah yang cukup bijaksana meskipun terkesan keras. Memasungnya jauh lebih baik, dengan catatan, berada di bawah pengawasan dan pengobatan tertata secara medis.

10. Menjauhkan Benda Tajam Seperti Pisau dari Dirinya

Jauhkanlah benda tajam yang bisa melukai seperti pisau, gunting, beling, kaca dari seorang pecandu yang sudah sakaw. Karena seorang yang sakaw tidak akan berpikir dua kali untuk mengiris-ngiris tubuhnya dan menghisap darahnya, untuk mendapatkan sisa-sisa narkoba yang mengalir di darahnya.

Baca Juga: 15 Bahaya Menyentuh Layar HP Terlalu Lama

5 Cara Menangani Sakaw Pada Pecandu Narkoba:

11. Menghindar dari Pergaulan Bebas
12. Menjauhkan dari Narkoba
13. Berada di Bawah Pengawasan Dokter
14. Rajin Beribadah
15. Makan Makanan yang Sehat Melimpah Nutrisi

Begitulah cara mengatasi sakaw pada pecandu narkoba. Kini kita harus siapkan senjata yang lebih banyak lagi untuk memerangi narkoba.  Narkoba adalah pembunuh. Narkoba adalah penghancur masa depan. Maka dari itu jauhilah narkoba.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top