Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Mendengarkan Musik Keras-Keras untuk Tubuh

Uncategorized

15 Bahaya Mendengarkan Musik Keras-Keras untuk Tubuh

Musik memang menyenangkan, aktivitas mendengarkan musik memang begitu menyenangkan sampai semua orang tiap hari melakukannya. Dari muda sampai tua, semua hobi mendengarkan musik. Dan bahayanya, dari sekian banyak penikmat musik, ternyata mayoritas sangat suka mendengarkan musik keras-keras. Baik secara langsung, maupun dengan menggunakan headset.

Musik memang bikin tenang. Mampu mempengaruhi kondisi jiwa seseorang. Tapi mendengarkan musik kelamaan dan kekerasan, ternyata justru membuat jiwa jadi labil. Emosi akan terganggu dan kita pada akhirnya tubuh menjadi sakit.

Meskipun musik begitu menghibur, sebaiknya kalau kita mendengarkan musik jangan kekerasan karena bahaya sekali buat kesehatan. Tahukah kamu apa saja bahaya mendengarkan musik? Di bawah ini adalah bahaya mendengarkan musik keras-keras yang mesti kamu ketahui:

1. Kerusakan Gendang Telinga

Mendengarkan musik keras-keras akan menyebabkan kita mengalami kerusakan gendang telinga. Ini terjadi karena gendang telinga terlalu mendapatkan tekanan dari suara yang terlampau tinggi. Ingat bahwa kerusakan gendang telinga biasanya sifatnya permanen dan tidak bisa disembuhkan. Maka waspadai bahaya mendengarkan musik keras-keras ini sedini mungkin!

2. Menjadi Tuli Permanen Maupun Sebagian

Ketika gendang telinga rusak parah maka yang terjadi adalah tuli. Kita bisa menjadi tuli karena kerusakan gendang telinga ini. Kalau sudah tuli, tidak ada obatnya sama sekali. Dalam dunia medis hingga sekarang belum ada sepertinya yang benar-benar sukses melakukan cangkok gendang telinga. Kalau pun ada, tentu biayanya sangat mahal. Dan hanya orang kaya raya saja yang mampu.

3. Infeksi Telinga

Infeksi telinga juga menjadi akibat menyeramkan dari mendengarkan musik keras-keras. Kalau kamu ingin punya tubuh yang sehat, kuat, dengan pendengaran yang bagus. Maka janganlah kamu mendengarkan musik keras-keras. Ini mengerikan sekali dampaknya. Infeksi telinga ditandai dengan berkurangnya tingkat pendengaran, keluarnya darah atau nanah dari lubang telinga. Kadang infeksi juga hanya menyebabkan nyeri yang sangat.

Loading...

4. Peradangan Telinga

Kalau telinga kita mengalami peradangan akibat mendengarkan musik keras-keras, maka yang pertama kali kita rasakan adalah nyeri telinga bagian dalam hingga menjalar keluar. Sering nyerinya menjalar ke kepala juga dan leher atau pipi samping. Peradangan pada telinga bahaya sekali karena bisa menyebabkan kita sangat kesakitan dan ingin mati saja. Karena saking sakitnya.

5. Nyeri Kepala

Ya, kalau kita mendengarkan musik keras-keras juga akan menyebabkan kita nyeri kepala. Serangan sakit kepala ini terjadi akibat efek dari otot kepala dan telinga yang menegang karena vibrasi suara yang kencang. Nyeri kepala akibat gangguan telinga biasanya sangat sulit disembuhkan.

6. Vertigo

Vertigo bisa saja terjadi bilamana kita mendengarkan musik keras-keras. Kalau kamu ingin memiliki tubuh yang sehat, tidak kena vertigo. Maka mulai sekarang buanglah gaya hidup mendengarkan musik keras-keras. Untuk apa itu? Jika musik lembut saja enak terdengar, kenapa tidak yang lembut dan lemah saja suaranya. Asalkan masih terdengar kan lebih baik.

7. Gangguan Pencernaan

Bahaya mendengarkan musik keras-keras ternyata bisa menyebabkan gangguan pencernaan loh! Kamu tidak mau kan kena gangguan pencernaan? Maka dari itu, segera saja buang kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras ini. Volumenya diperkecil saja, tidak usah sampai sedang berada di panggung musik outdoor dengan sound system raksasa.

8. Konsentrasi Menjadi Terpecah

Konsentrasi ternyata bisa menjadi pecah kalau kita mendengarkan musik keras-keras. Kalau kamu tidak mau mengalami gangguan konsentrasi karena termasuk pekerja sibuk, maka hindarilah kebiasaan buruk mendengarkan musik keras-keras. Karena ini bahaya sekali. Bisa-bisa nanti kerjamu
jadi melambat dan tidak bisa memenuhi target kerja.

9. Mual dan Muntah

Bahaya mendengarkan musik keras-keras selanjutnya adalah bisa menyebabkan kita jadi mual dan muntah. Kamu tentu saja tak pernah mau kan muntah dan mual-mual karena gangguan telinga ini akibat suara yang terlalu keras dari musik yang kamu dengar? Maka ubah segera gaya hidup buruk ini.

10. Mengalami Gangguan Jiwa

Gangguan jiwa bisa saja terjadi akibat efek dari mendengarkan musik keras-keras. Kalau kamu tidak mau mengalami gangguan jiwa karena ini, maka kamu sebaiknya tidak mendengarkan musik keras-keras.

Baca Juga: 15 Bahaya Memakai Headset Terlalu Lama untuk Telinga dan Otak

5 Bahaya Mendengarkan Musik Keras-Keras yang Lainnya:

11. Kekacauan Pikiran
12. Depresi
13. Stress
14. Kematian
15. Kanker Otak

Begitulah yang terjadi bilamana kita tetap memaksakan diri buat mendengarkan musik keras-keras. Sebaiknya mulai sekarang ubah gaya hidup ini karena mendengarkan musik keras-keras itu sangat buruk sekali untuk kesehatan tubuh.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top