Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Cara Mengatasi Keracunan Makanan pada Tubuh

Uncategorized

17 Cara Mengatasi Keracunan Makanan pada Tubuh

Jangan panic terlebih dahulu ketika keracunan karena ada banyak cara mengatasi keracunan makanan pada tubuh yang mudah untuk diikuti. Orang awam yang tidak paham tentang seluk beluk suatu makanan tentunya tidak bisa menghindar ketika mereka salah mengonsumsi makanan. Banyak orang yang masih salah dalam memilih jenis makanan yang layak untuk dikonsumsi sehingga mereka terkena efek racun yang cukup berbahaya.

Sebelum Anda mencoba untuk mengatasi keracunan makanan pada tubuh, Anda perlu lebih jeli dalam mengetahui makanan seperti apa yang akan Anda konsumsi. Ada makanan yang juga tidak bisa Anda konsumsi bersamaan atau dikonsumsi setelahnya. Keracunan makanan dapat memberikan dampak yang buruk. Tidak hanya gejala mual dan muntah saja, namun juga kejang bahkan sampai kematian.

17 Cara Mengatasi Keracunan Makanan pada Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa cara mengatasi keracunan makanan pada tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Makan buah saat muntah

Efek keracunan makanan sering membuat korbannya merasa mual dan ingin muntah. Hal ini bisam diatasi dengan memberikan makanan yang lembut untuk pencernaan seperti buah pisang. Kesegaran pada buah juga akan membuat pencernaan lebih segar.

2. Air putih

Tidak hanya muntah, orang yang mengalami keracunan makanan bisa terjangkit penyakit diare. Itulah mengapa sebaiknya mereka diminta untuk lebih banyak meminum cairan seperti air putih agar tidak mengalami kekurangan cairan.

3. Hindari makanan pedas

Pemulihan setelah gejala keracunan makanan yaitu tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan pedas terlebih dahulu. Rasa pedasnya akan membuat pencernaan Anda menjadi infeksi dan memicu diare yang lebih berbahaya.

Loading...

4. Hindari makanan terlalu manis

Makanan yang dibuat dengan rasa terlalu manis hanya akan membuat tubuh semakin merasa mual dan ingin muntah. Sebisa mungkin konsumsilah makanan yang tidak mengantu satu jenis rasa yang berlebihan, contohnya oatmeal.

5. Hindari gorengan

Jangan pernah mengonsumsi gorengan ketika Anda sedang dalam masa penyembuhan pasca keracunan. Gorengan hanya akan memperparah efek keracunan dan membuat pencernaan harus mencernanya dengan lebih keras.

6. Jangan minum obat pereda mual

Efek keracunan makanan sebaiknya diatasi dengan minum air putih terlebih dahulu. Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan, apalagi obat pereda mual. Obat dengan rasa pahitnya justru akan membuat tubuh Anda semakin ingin muntah.

7. Istirahat yang cukup

Tubuh Anda perlu memulihkan segala sistem yang ada di dalamnya dari efek keracunan makanan. Itulah mengapa Anda perlu beristirahat dengan cukup agar tubuh Anda bisa segera sembuh dan dapat beraktivitas kembali.

8. Hindari minuman berkafein

Penggemar kopi dengan kandungan kafein yang sedang dalam masa penyembuhan pasca keracunan makanan tampaknya perlu lebih bersabar. Salah satu cara untuk mencegah efek racun bertambah parah yaitu dengan menghindari konsumsi minuman berkafein.

9. Hindari minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol hanya akan memperparah kesehatan tubuh Anda setelah mengalami keracunan makanan. Hindarilah segala jenis minuman dengan kandungan alcohol yang tinggi jika tubuh Anda masih terjangkit gejala keracunan makanan.

10. Konsumsi oralit

Penyakit yang sering menyerang ketika keracunan makanan yaitu diare. Jika Anda salah satu orang yang mengalami penyakit ini karena keracunan makanan, segeralah mengonsumsi oralit untuk menghentikannya.

Baca Juga: 10 Bahaya Ikan Tongkol untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 cara diatas, ada beberapa cara mengatasi keracunan makanan pada tubuh lainnya. Berikut ini 7 cara lainnya:

7 Cara Mengatasi Keracunan Makanan pada Tubuh Lainnya

11. Minum air rebusan jahe
12. Hindari makanan yang mengandung banyak minyak
13. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah
14. Minum air lemon
15. Hindari minuman bersoda
16. Makan bawang putih
17. Minum air kelapa yang masih segar

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang cara mengatasi keracunan makanan pada tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top