Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggerutkan Gigi (Bruxism) Saat Tidur

Uncategorized

15 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggerutkan Gigi (Bruxism) Saat Tidur

Menggerutkan gigi saat sedang tidur memang kadang dilakukan seseorang. Biasanya ini terjadi karena reaksi fisik akibat tekanan emosional. Jadi orang yang tidurnya sambil menggerut-nggerutkan gigi, biasanya dalam kondisi psikologis yang buruk. Misalnya sedang banyak pikiran, stress dan depresi. Untuk itu, supaya dapat menghilangkan kebiasaan menggerut gigi saat tidur, maka kita harus mengendalikan emosi. Psikis lah yang mesti dibenahi.

Tahukah kamu apa bahaya menggerutkan gigi saat tidur? Ternyata bahayanya adalah dapat menyebabkan gigi mengalami atrisi. Yaitu pengikisan lapisan email gigi hingga gigi nampak seperti berlubang, bergelombang pada bagian ujungnya. Bahkan terkadang nampak seperti patah. Hilangkan mahkota gigi akibat atrisi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun lama-lama ya bisa menimbulkan lubang.

Nah, untuk menghilangkan kebiasaan menggerutkan gigi saat tidur ternyata ada cara yang cukup efektif. Namun untuk benar-benar melenyapkannya tentu butuh waktu. Nah, selama dalam masa terapi ini, sebaiknya kita memakaikan alat khusus pelindung gigi. Supaya tidak terjadi atrisi lagi. Silahkan simak penjelasan tentang cara menghilangkannya di bawah ini:

1. Jangan Banyak Pikiran

Janganlah banyak pikiran kalau mau bebas dari menggerutkan gigi. Selagi beban pikiran masih banyak menumpuk, jangan harap bisa selamat dari kebiasaan buruk ini. Maka dari sekarang cepatlah menej pikiranmu, supaya tidak gerut gigi lagi pas tidur.

2. Buang Kesedihan dan Beban Hidup

Membuang kesedihan adalah mutlak hukumnya bagi kamu yang ingin menghilangkan kebiasaan menggerutkan gigi saat tidur. Cobalah cari cara agar kesedihanmu hilang. Bisa dengan curhat pada orang lain, bisa pula dengan sugesti diri saja bahwa orang hidup itu silih berganti. Kadang sedih dan kadang bahagia. Tidak ada yang perlu dirisaukan begitu.

3. Jadilah Pribadi yang Terbuka

Jadilah pribadi yang terbuka agar kamu mampu menjadi orang yang sanggup keluar dari kebiasaan menggerutkan gigi saat tidur. Diyakini bahwa orang yang melakukan kebiasaan ini adalah jenis manusia tertutup yang selalu memendam masalah sendiri. Sehingga ketika ia tidur malah gerut gigi.

Loading...

4. Tidurlah dengan Nyenyak, Santai, Tidak Perlu Tertekan Terus

Sugestikan dirimu untuk mampu tidur dengan nyenyak dan santai. Tidak perlu tertekan terus, ini tidak baik. Untuk apa tertekan terus, bilamana hidup ini sebenarnya sangat layak dijalani. Dan sangat baik untuk dinikmati. Jadi buang jauh-jauh tekanan hidup itu agar kamu bisa menghilangkan kebiasaan menggerutkan gigi saat tidur.

5. Bila Susah Tidur, Mintalah Dokter Meresepkan Obat Tidur

Bilamana sudah terlalu parah kebiasaan menggerutkan gigi ini, biasanya kita akan jadi syok dan susah tidur. Jika sudah terlampau parah, segera saja minta bantuan dokter. Agar diberi obat penenang atau obat tidur. Ini sangat baik sekali dikonsumsi bilamana aktivitas buruk gerut gigi sudah sangat pengaruhi pola tidur.

6. Pakailah Bajur Tidur yang Nyaman

Menggerutkan gigi saat tidur juga bisa dihilangkan dengan memakai baju yang nyaman. Pilihlah pakaian tidur yang nyaman, longgar, tidak memberikan tekanan dan rasa gerah atau sakit. Niscaya tidur pun jadi enak. Tidak mengigau dan menggerut gigi lagi.

7. Buat Kamar Jadi Remang-Remang

Buat orang yang memiliki kebiasaan buruk menggerut gigi, kini saatnya membuat remang-remang kamarmu. Matikan lampu atau tutupi lampu dengan contongan kertas, ini sangat membantu psikis agar tetap tenang. Tidak galau lagi. Dan menggerutkan gigi lagi.

8. Tidurlah Miring ke Kanan, Supaya Jantung Berada di Atas

Tidur miring kanan rupanya juga sangat bagus untuk menghilangkan kebiasaan menggerut gigi saat tidur. Miring kanan ini dimaksudkan untuk melindungi jantung, agar jantung tidak tertekan beban tubuh karena diarahkan berada di sisi atas.

9. Lakukan Pernafasan Sebelum Tidur

Lakukanlah pernafasan ringan sebelum tidur. Ini sangat membantu.

10. Berdoalah Sebelum Tidur

Tentu saja kamu harus berdoa supaya tidurmu jadi nyenyak.

Baca Juga: 15 Bahaya Membaca dalam Ruangan Gelap untuk Kesehatan

5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggerutkan Gigi Saat Tidur yang Lainnya:

11. Usahakan Perut dalam Kondisi Kenyang Saat Akan Tidur
12. Temukan Sumber Masalah Hidup dan Selesaikan Masalah itu
13. Pergi Rekreasi Supaya Otak Fresh
14. Mendekatkan Diri Kepada Allah
15. Perluas Pergaulan Supaya Lupa Pada Masalah

begitulah kiranya tentang kebiasaan buruk saat tidur ini. Jangan lakukan lagi ya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top