Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Akibat Menggunakan Alat Kosmetik Secara Bergiliran dengan Orang Lain

Uncategorized

15 Akibat Menggunakan Alat Kosmetik Secara Bergiliran dengan Orang Lain

Tahukah kamu bahwa kosmetik memang adalah kebutuhan dasar perempuan. Namun banyak di antara mereka tidak sadar akan privasi dalam berkosmetik. Misalnya dengan menggunakan alat kosmetik bersama orang lain secara bergiliran. Padahal ini semua sangat bahaya sekali loh buat kesehatan.

Menggunakan alat kosmetik secara bergiliran dengan orang lain dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Terutama pada kulit, ini karena terjadinya kontak fisik langsung dengan kulit. Sehingga tubuh mengalami berbagai reaksi alergi dan gangguan seperti di bawah ini:

1. Penularan Penyakit Kulit

Berbagi alat kosmetik dan menggunakannya bersama orang rentan menyebabkan seseorang terkena penyakit kulit. Ini terjadi karena adanya kontak bekas penempelan alat kosmetik pada penderita penyakit kulit tertentu. Sehingga terjadi penularan. Maka dari itu, sebaiknya apapun alasannya, kamu harus menjaga alat kosmetikmu dari dipinjam orang lain. Sekali pun dia adalah saudara kandungmu. Karena penularan penyakit kulit selalu mengabaikan hubungan kekerabatan.

2. Terserang Infeksi Kulit

Infeksi kulit akan terjadi bila kamu berbagi alat kosmetik dan menggunakannya bersama orang lain. Sebab, ada perpindahan bakteri atau jamur penyebab infeksi secara langsung. Misalnya seperti kegiatan merias wajah secara massal, bilamana alat yang digunakan hanya satu dan digunakan secara bergilir, maka kulitmu akan terserang infeksi.

3. Terkena Peradangan Kulit

Radang kulit akan terjadi bila kamu berbagi alat kosmetik dengan orang lain. Radang ini menjadi reaksi antibodi dalam melawan suatu penyakit akibat bakteri, virus, atau jamur penyebab gangguan kulit. Jika kamu mengalami peradangan kulit atau edema ini, maka kulitmu bakal merah, bentol-bentol dan penuh ruam serta rasa gatal.

4. Kulit Menjadi Gatal-Gatal

Ya, gatal-gatal pada kulit sebagai akibat dari berbagi  alat kosmetik bersama orang lain adalah suatu gejala yang paling khas dan mendasar. Misalnya kita berbagi alat saput bedak, maka ketika kita menggunakannya sangat rentan sekali wajah jadi gatal-gatal. Karena saput bedak itu sudah terkontaminasi keringat, bakteri, virus, atau jamur dari orang lain.

Loading...

5. Munculnya Ruam Merah di Kulit

Ruam-ruam merah pada kulit adalah reaksi alergi yang paling sering terjadi. Ini sungguh menyiksa karena ruamnya biasanya disertai dengan rasa gatal. Makanya kalau kamu memiliki alat kosmetik, jagalah alat itu, jangan sampai alatnya dipinjam orang lain. Sekali pun itu temanmu.

6. Bentol-Bentol Pada Kulit

Akibat selanjutnya dari berbagi alat kosmetik dan menggunakannnya bersama orang lain adalah akan terjadi bentol-bentol pada kulit karena kulit tidak tahan terhadap alergi. Bentol ini menjadi pertanda terjadinya peradangan yang hebat. Kamu mesti membuang saja alat kosmetik yang sudah terkontaminasi itu. Supaya tidak membuatmu semakin parah bentolnya.

7. Bau Tidak Sedap Pada Kulit

Ya, bau tidak sedap pada kulit juga akan terjadi bilamana kamu berbagi alat kosmetik dengan orang lain dan menggunakannya secara bergiliran. Sebab, bau itu adalah sebuah bukti atau tanda bahwa alat kosmetikmu sudah penuh dengan bakteri. Semakin banyak bakterinya, maka akan semakin bau busuk. Jika kamu mendapati alat kosmetikmu mengeluarkan bau tidak sedap, sebaiknya kamu hentikan saja penggunaannya. Buang saja!

8. Terkena Penyakit yang Lebih Serius

Penyakit yang lebih serius misalnya adalah pendarahan atau matinya syaraf kulit. Ini tentunya sangat berbahaya sekali. Sehingga kamu perlu segera mengatasi penyebabnya. Buang saja alat kosmetikmu dan segeralah mengunjungi dokter spesialis penyakit kulit.

9. Gangguan Peredaran Darah

Gangguan peredaran darah akan terjadi pada orang yang hobi berbagi alat kosmetik dengan orang lain. Peredaran darah yang tidak lancar ini terjadi karena adanya peradangan dan infeksi di bawah permukaan kulit.

10. Sesak Nafas

Sesak nafas juga bisa saja terjadi pada orang yang gemar berbagi alat kosmetik dan menggunakannya bersama orang lain secara bergiliran. Dan sesak nafas ini juga disertai rasa pusing dan mual.

Baca Juga: 15 Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

5 Akibat Berbagi dan Menggunakan Alat Kosmetik Secara Bergiliran yang Lainnya:

11. Edema Kulit
12. Jerawatan
13. Muncul Komedo
14. Rawan Kena Flek Hitam
15. Penyakit Menular Seks

Demikianlah berbagai bahayanya bila kita menggunakan alat kosmetik secara bergiliran dengan orang lain. Ternyata dampaknya memang sangat buruk sekali ya! Maka dari itu, kita semestinya selalu menjaga privasi alat kosmetik kita. Bukan masalah pelit berbagi, namun ini urusan kesehatan yang mesti dijaga! Jangan sampai kita jatuh sakit karena penularan penyakit ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top