Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Tips Cepat Menghilangkan Cegukan

Uncategorized

13 Tips Cepat Menghilangkan Cegukan

Cara menyembuhkan cegukan dengan cepat bukan hal yang sulit. Cegukan merupakan suatu kondisi yang tidak menyenangkan dan dapat mengganggu konsentrasi saat beraktivitas. Cegukan adalah keadaan dimana mulut mengeluarkan suara “hik” yang terjadi karena diafragma atau membran otot antara rongga dada dan rongga perut mengalami kontraksi.

Setiap kontraksi di organ mempunyai fungsi penting dalam pernapasan akan menyebabkan pita suara tiba-tiba menutup sehingga menimbulkan suara khas cegukan. Umumnya, cegukan terjadi dalam waktu beberapa menit saja dan merupakan keadaan yang normal. Meski sebentar, cegukan dapat membuatmu malu. Alangkah baiknya kamu menghilangkannya dengan cara berikut ini!

Cara menghilangkan cegukan terus-menerus

Saat cegukan berlangsung kamu akan sulit menahan mulut untuk mengeluarkan suara. Apalagi ketika berada di suasana yang khidmat, tentu cegukan ini bisa mengganggu. Untuk itu, pelajarilah cara menyembuhkan cegukan dengan cepat berikut ini!

Minum air putih
Cara menghilangkan cegukan dengan mudah adalah dengan minum air putih melalui sedotan. Isi cangkir dengan air putih, lalu tutupi kedua telinga menggunakan jari-jari tangan dan telan airnya. Entahlah bagaimana cara kerjanya, tapi langkah ini sangat membantu menyembuhkan cegukan. Jika satu teguk belum bisa hilang, cobalah beberapa teguk lagi sampai cegukan lenyap.

Memanfaatkan dua sedotan
Peratama-tama siapkan air di dalam cangkir dan dua sedotan. Lalu letakkan dua sedotan itu ke sisi pinggir cangkir dan gelas. Selanjutnya minumlah menggunakan kedua sedotan itu sekaligus. Kamu akan memasukkan air lebih banyak dengan sekali tegukan. Cobalah beberapa kali hingga kamu lega dan tidak mengalami cegukan lagi.

Minumlah tanpa menggunakan tangan
Cara menyembuhkan cegukan yang terus-menerus adalah siapkan dua kursi berhadapan dan secangkir air putih. Letakkan secangkir air di atas kursi yang satu dan duduklah dikursi yang lain. Kemudian, membungkuk dan minum air sebanyaknya tanpa memegang atau menyentuh cangkir dengan tangan.

Loading...

Minum dengan posisi berbaring
Ambil secangkir air putih, lalu berbaring di atas sofa atau tempat tidur. Kemudian ambil airnya dan minum seperti biasa dan telan.

Konsumsi makanan manis
Makan sesuatu yang rasanya manis merupakan salah satu cara menghilangkan cegukan dengan cepat. Siapkan 1sdt gula, lalu masukka ke dalam mulut dan tempatkan gula di bagian belakang lidah. Dengan begitu gula yang manis rasanya akan menimbulkan sensasi yang berbeda dan mampu menyembuhkan cegukan.

Irisan lemon
Selanjutnya kamu bisa menggunakan jeruk lemon atau jeruk nipis. Iris lemon menjadi beberapa bagian bulat. Lalu gigit irisan tersebut dan hisap airnya. Jika kamu tidak tahan dengan rasa asam pada lemon, tambahkan sedikit gula untuk meringankan rasanya. Banyak orang menganggap cara menyembuhkan cegukan dengan lemon ini cukup efektif dan mudah.

Cairan acar atau cuka
Langkah berikutnya dengan larutan acar atau cuka. Ambil ½ sdt larutan tersebut lalu minum setiap 10 detik hingga cegukan berhenti sepenuhnya. Cara ini terbilang unik dan bisa menghilangkan ketidaksukaanmu terhadap cuka.

Gula merah atau madu
Kalau kamu tidak suka dengan rasa gula pasir, kamu bisa menggantinya dengan gula merah atau madu. Gunakan sendok teh untuk mengambil gula merah atau madu, lalu masukkan ke dalam mulut. Biarkan di mulut selama 5 detik, kemudian sesap dan telan airnya. Jika masih tidak berhasil, telan langsung gula atau madu tersebut.

Selai kacang
Sepertinya, cara menyembuhkan cegukan ini sangat unik-unik dan menggunakan bahan alami yang terdapat di rumah. Apabila kamu mempunyai selai kacang, ambillah satu sendok teh dan masukkan ke mulutmu. Tahan selama 10 detik, lalu kunyak selai kacang dan telanlah. Pastikan sampai muncul air liur agar lebih mudah dalam menelan selai itu.

Makan garam
Konsumsi sedikit garam, bisa mengatasi cegukan juga. Ambil garam dengan sendok teh dan segelas air putih. Kemudian, masukkan garam ke mulut dengan diikuti seteguk air, lakukan secara perlahan. Pastikan  napas rileks dan sambil menikmati asinnya garam tersebut.

Olah napas
Ambil napas dalam-dalam secara perlahan, kemudian minum seteguk air sebelum mengeluarkan napas. Ulangi langkah ini sampai cegukan benar-benar berhenti.

baca juga : Ramuan Alami Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Menelan dengan mulut terbuka
Bukalah mulutmu, lalu buatlah tenggorokanmu seperti ketika menelan makanan atau minuman. Tapi, saat menelan tetap biarkan mulut terbuka. Lakukan setiap beberapa detik sekali, mungkin dalam 3 menit cegukan akan hilang. Pastikan ketika kamu melakukan hal ini jangan memakai pakaian atau apapun yang ketat didada.

Regangkan diafragma
Tarik napas secara perlahan sampai kamu tidak sanggup menarik napas lagi. Kemudian, tahan napas selama 30 detik dan keluarkan perlahan hingga paru-paru terasa kosong. Ulangi 4-5 kali hingga kamu merasa lebih baik.

Mungkin cara menghilangkan cegukan ini tidak selalu berhasil bagimu. Karena kondisi setiap orang berbeda-beda, tapi setidaknya ini bisa meringankanmu saat mengalami cegukan. Apabila cegukan dirasa bahaya dan terlalu sering, periksa ke dokter adalah solusi yang tepat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top