Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku

Uncategorized

15 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku

Menggigit Kuku adalah kebiasaan buruk yang banyak dilakukan orang, terutama anak-anak. Namun ada pula remaja dan dewasa yang masih melakukannya, biasanya sebagai respon dari rasa cemas yang sedang melanda. Namun ada pula beberapa orang yang menggigit kuku hanya karena sudah terbiasa, jadi refleks saja dia melakukannya.

Padahal menggigit kuku adalah kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan. Berbagai masalah kesehatan bisa muncul karena kebiasaan ini. Maka dari itu, kita mesti mencoba menghentikannya dari sekarang juga. Kalau buka sekarang, kapan lagi kita memiliki gaya hidup sehat.

Berikut adalah beberapa dampak buruk menggigit kuku yang perlu anda waspadai:

1. Resiko terkena infeksi cacing
2. Mengalami atrisi gigi dan gangguan gigi lainnya
3. Merusak jaringan kuku

Mari kita ulas beberapa dampak buruk di atas. Pertama, terkena infeksi cacing. Tentu anda pernah mendengar seputar penyakit cacingan? Nah, ternyata penyakit ini juga penularannya lewat kebiasaan buruk menggigit kuku. Larva cacing yang ukurannya mikroskopis itu terdapat di kuku yang kotor, kemudian masuk ke mulut dan tertelan. Lalu larva itu berkembang di saluran pencernaan dan menyebabkan kita kena cacingan.

Dampak kedua adalah atrisi gigi dan gangguan gigi lainnya. Atrisi adalah kerusakan jaringan e-mail pada mahkota gigi akibat dari kontak antar gigi yang abnormal. Seperti kebiasaan menggigit kuku bisa merusak lapisan email pada gigi seri. Dan kalau dibiarkan lama-lama kerusakannya bisa parah, hingga menyentuh dentin dan menimbulkan nyeri gigi. Selain itu, menggigit kuku juga bisa sebabkan pertumbuhan gigi jadi abnormal, seperti tonggos atau diastema (renggang).

Loading...

Dan dampak buruk ketiga dari menggigit kuku adalah rusaknya jaringan kuku itu sendiri. Meskipun kuku manusia akan selalu tumbuh ketika dipotong. Namun, kebiasaan buruk menggigit kuku akan membuat kuku tumbuh jelek, tidak simetris dan cenderung kusam. Tentu ini secara estetis sangatlah buruk.

Nah, untuk mencegah berbagai dampak buruk di atas, inilah cara menghilangkan kebiasaan menggigit kuku yang bisa anda coba:

1.Memotong Kuku Agar Tidak Pernah Panjang

Kuku yang panjang selalu menjadi pemicu dari aktivitas menggigit kuku. Ketika kuku kita selalu pendek, maka kita tidak akan bisa menggigit lagi. Maka dari itu, potonglah kuku anda. Bila sudah nampak panjang, potong saja segera.

2. Mengecat Kuku

Mengecat kuku atau mewarnai kuku dengan kutek juga menjadi solusi. Terutama untuk para perempuan yang hobi menggigit kuku. Ketika kuku-kuku kita cantik dengan warna yang anggun, maka pasti muncul benak rasa sayang kalau harus digigitin dan rusak.

3. Rajin Melakukan Manicure

Menicure adalah tindakan estetika untuk menjaga keindahan jari-jari tangan dan kuku. Kini makin banyak klinik kecantikan maupun salon yang menawarkan jasa menicure. Tak ada salahnya anda mencobanya. Jika kuku cantik seperti putri raja, maka pasti akan timbul sikap protektif terhadap kuku kita.

4. Mengolesi Tangan dengan Ramuan Temulawak

Temulawak itu pahit. Jika kebiasaan menggigit kuku sudah sangat parah menimpa anda atau anak anda, bisa coba ramuan temulawak ini. Tinggal dioles saja temulawaknya ke kuku. Kalau susah menemukan temulawak, bisa diganti mentol saja.

5. Merenungkan Betapa Bahayanya Infeksi Cacing

Cobalah sesekali membaca tentang penyakit cacing. Infeksi cacing di saluran cerna sungguh bahaya. Itu semua bisa bermula karena gaya hidup buruk anda menggigit kuku.

6. Menyadari Tiap Gerakan Refleks Diri

Yang namanya gerakan refleks memang susah ditahan. Tapi percayalah bahwa dengan mengamalkan cara menghilangkan kebiasaan menggigit kuku secara simultan maka bisa ampuh. Terutama dalam penyadaran tentang dampak buruknya.

7. Memperingatkan Diri atau Orang Lain Betapa Bahayanya Kerusakan Email Gigi

Kerusakan pada jaringan gigi, terutama email gigi sungguh fatal. Apalagi jika sudah memasuki lapisan detin. Atrisi gigi yang dibiarkan bisa menyebabkan gigi berlubang. Padahal aktivitas menggigit gigi ini kan pakainya gigi depan. Coba bayangkan kalau gigi depanmu rusak, ompong, berlubang. Wah, dunia berasa mau kiamat!

8. Mengatasi Rasa Cemas

Konon menggigit kuku adalah refleksi dari rasa cemas yang berlebih. Maka cobalah atasi rasa cemas anda. Enjoy saja, tidak perlu sampai gigit-gigit kuku. Bahaya!

9. Menjauhkan Kuku dari Mulut

Ya, menjauhkan kuku dari mulut. Jangan sampai kuku anda dekat-dekat dengan mulut. Coba selalu sibukkan tangan. Dan sibukkan mulut. Misalnya dengan mengunyah permen karet atau mengemut permen saat sedang tidak melakukan aktivitas apa-apa.

10. Menghindarkan Kebiasaan Menyandarkan Tangan Pada Dagu

Kebiasaan menggigit kuku ternyata juga sering dilakukan oleh orang yang kerap berpangku tangan pada dagu. Maka cobalah hindarkan tangan dari dagu.

Baca Juga:  20 Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari

Di bawah ini masih ada beberapa cara hilangkan kebiasaan menggigit kuku yang perlu anda coba juga. Karena selain cara-cara di atas, cara di bawah ini juga sangat efektif.
 

5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku Lainnya:

11. Mengolesi Minyak Kayu Putih Pada Jari Tangan
12. Tidak Bermain-Main di Tanah Sehingga Kuku Tidak Kotor
13. Rajin Memotong Kuku
14. Membersihkan Sela-Sela Kuku Supaya Selalu Bersih
15. Manajemen Stress Pikiran dan Kecemasan

Seperti itulah keseluruhan cara hilangkan kebiasaan buruk gigit kuku ini. Silahkan anda coba saja cara-cara di atas. Semoga saja kebiasaan buruk dan gaya hidup ini segera hilang.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top