Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Cara Mengobati Kuku Cantengan Alami Paling Gampang

Uncategorized

16 Cara Mengobati Kuku Cantengan Alami Paling Gampang

Mengobati Kuku Cantengan – Kuku cantengan jika tidak segera diobati akan menyebabkan bengkak, rasa nyeri, dan kemerahan pada sudut ujung jari. Untuk itu, jika anda menderita cantengan segera cari cara untuk mengobati kuku cantengan. Kuku cantengan yang diabaikan terus-menerus akan menyebabkan luka infeksi.

Untuk mencegah terjadinya luka infeksi pada kuku cantengan, anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mengobatinya. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur seperti bawang putih dan kunyit. Lebih lengkapnya, berikut cara mengobati kuku cantengan yang bisa anda gunakan.

Kuku Cantengan

1. Minyak pohon teh

Cara pertama untuk mengobati kuku cantengan dengan menggunakan minyak pohon teh. Minyak ini memiliki antioksidan serta desinfektan alami yang dapat membunuh bakteri, kuman atau mikrioorganisme lain penyebab cantengan. Cara mengobatinya cukup teteskan minyak pada kuku cantengan atau oleskan minyak pada kuku cantengan dengan menggunakan kain kasa.

2. Cuka sari apel

Cara selanjutnya anda bisa menggunakan cuka sari apel. Cuaka sari apel bisa meredakan rasa nyeri dan mencegah pelebaran infeksi yang terjadi pada kuku yang cantengan. Cara menggunakannya dengan mengoleskan pada bagian kuku yang cantengan, tunggu sampai kering. Anda bisa melakukan cara ini sehari 2 kali.

3. Daun gandarusa dan air kunyit

Daun gandarusa yang dicampur dengan air kunyit sangat bermanfaat mengobati kuku cantengan. Cara mengobatinya dengan merebus daun gandarusa sampai mendidih, kemudian tambahkan air kunyit. Setelah itu, gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kuku yang cantengan. Gunakan cara ini 2 kali sehari selama cantengan belum pulih.

4. Daun dewa

Anda juga bisa menggunakan daun dewa untuk mengobati kuku cantengan. Cara ini menjadi solusi yang tepat bagi orang dewasa dan lansia, karena daun dewa relatif aman dan cepat meredakan rasa nyeri akibat cantengan. Caranya tumbuk daun dewa setengah halus kemudian oleskan pada kuku yang terkena peradangan akibat cantengan. Setelah itu, perban kuku dengan kain kasa agar proses penyembuhannya berlangsung cepat.

Loading...

5. Bawang putih dan kunyit

Selain daun dewa, anda juga bisa menggunakan bawang putih dan kunyit. Haluskan bawang putih dengan kunyit, kemudian tempelkan pada kuku yang cantengan. Kedua bahan tradisional ini mampu menekan perkembangan bakteri penyebab cantengan, mengempiskan pembengkakan, dan meredakan peradangan yang terjadi didalam kulit.

6. Bawang merah dan minyak kelapa

Obat kuku cantengan juga bisa dibuat dengan memanfaatkan bawang merah dan minyak kelapa. Haluskan bawang merah, tambahkan minyak kelapa, kemudian oleskan pada kuku yang cantengan.

7. Air hangat dan garam

Mengobati kuku cantengan juga dapat menggunakan air hangat dan garam. Garam mampu menetralisir bakteri penyebab cantengan dan meringankan nyeri pada pembengkakan disela kuku. Rendam kuku cantengan pada air hangat yang dicampur dengan garam selama kurang lebih 10-15 menit. Cara ini berlaku untuk kuku, kaki, dan tangan yang cantengan.

8. Air lemon

Air lemon sangat berkhasiat untuk mengobati kuku cantengan. Hal ini dikarenakan air lemon memiliki zat anti radang, anti oksidan tinggi dan antiseptik terbaik untuk menyembuhkan cantengan dengan mempermudah keluarnya nanah hanya dengan sedikit penekanan.

9. Membalut dengan daun tempuh wiyah

Daun tempuh wiyah merupakan jenis tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengobati cantengan. Caranya dengan menghaluskan daun tempuh wiyah, lalu tempelkan pada kuku cantengan kemudian balutkan pada perban tipis agar khasiat daun tempuh wiyah dapat cepat maksimal meresap pada cantengan.

10. Daun pacar kuku, gula aren dan air jeruk nipis

Daun pacar kuku juga sangat ampuh menyembuhkan kuku cantengan. Haluskan daun pacar kuku kemudian campur dengan gula aren yang sebelumnya telah dihancurkan. Setelah itu, tambahkan air jeruk nipis secukupnya, lalu balurkan pada kuku yang menderita pembengkakan akibat cantengan.

Mengobati Kuku Cantengan Lainnya :

11. Jahe
12. Minyak zaitun
13. Antibiotik oral dan oles
14. Rivanol
15. Krim nail
16. Krim gentamicin dan klindamicin

Jika anda mengalami kuku cantengan maka anda bisa menggunakan salah satu cara yang sudah disebutkan diatas. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri jika merasakan nyeri yang tak tertahankan akibat kuku cantengan.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top