Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Buruk Menonton TV Terlalu Dekat

Uncategorized

15 Efek Buruk Menonton TV Terlalu Dekat

Saat sedang mengisi waktu luang biasanya orang-orang suka menonton televisi. Ada banyak chanel-chanel internasional yang ditawarkan perusahaan tv kabel membuat seseorang tertarik untuk menonton TV. Chanel favorite setiap orang pun berbeda. Ada yang suka menonton kartun,  berita,  atau drama serial. Kita sering menonton TV terlalu dekat karena merasa tidak jelas jika melihatnya dari jauh.

Saat kita kecil orang tua kita selalu berkata pada kita untuk tidak menonton TV terlalu dekat.  Orang tua mengatakan seperti itu karena memang menonton TV terlalu dekat memiliki efek buruk.  Berikut ini adalah efek buruk menonton TV terlalu dekat:

1. Kerusakan Mata

Menonton TV terlalu dekat menyebabkan kita mengalami kerusakan mata yang fatal. Kerusakan ini bisa dimulai dari iritasi merah, gatal, hingga mata minus alias miopi. Bila mata sudah sangat rusak sekali bahkan bisa memicu kebutaan. Untuk itu memang kita sebaiknya mengatur jarak aman untuk nonton TV, yaitu minimal 100 meter. Agar tubuh kita, terutama bola mata tidak mendapatkan efek negatifnya.

2. Menjadi Kebiasaan

Menonton TV terlalu dekat lama-lama bisa menjadi kebiasaan yang susah dihilangkan. Benar-benar akan menjadi gaya hidup yang tiap hari dilakukan. Bilamana tidak nonton TV terlalu dekat, efeknya malah membuat kita tidak puas dan merasa kurang mampu menerima informasi yang ditayangkan televisi. Untuk itu, jangan sampai nonton TV jadi kebiasaan yang buruk buat kita.

3. Mata Jadi Perih

Mata kita akan perih bilamana sering menoton TV terlalu dekat. Rasa perih pada mata biasanya disertai juga dengan sensasi mengganjal seperti kelilipan. Ini bisa jadi merupakan tanda bahwa mata mengalami kerusakan yang parah. Namun bisa menjadi salah satu karakteristik dari gejala kenaikan minus mata juga. Untuk itu, buang segera kebiasaan buruk ini. Jangan sampai menjadi gaya hidup ya!

4. Sakit Kepala

Sakit kepala juga menjadi efek buruk menonton TV
terlalu dekat. Rasa nyeri kepala ini kadang hanya sebelah saja atau yang kita kenal dengan nama migrain. Ketika sakit kepala melanda, kita benar-benar akan susah melakukan aktivitas lain dan bawaannya ingin tidur terus. Karena kalau duduk atau berbaring bakalan sakit kepala banget. Nyerinya sampai terasa diremas-remas. Apalagi jika kamu dasarnya sudah memiliki gangguan mata miopi, maka rasa sakit kepala ini bisa berkali-kali lipat lebih sakit.

Loading...

5. Terpapar Radiasi

Paparan radiasi bisa menjadi efek buruk dari
menonton TV terlalu dekat. Jika kita terpapar radiasi televisi terlalu lama, maka dampaknya adalah akan mengancam kesehatan secara sistemik. Sebab, tubuh kita bisa terancam kena kanker dan penyakit mematikan lainnya. Sistem listrik dan energi tubuh juga akan sangat terganggu.

6. Mudah Mengantuk

Menonton TV terlalu dekat membuat kita mudah mengantuk. Rasa kantuk ini tentunya justru membuat kita malah ketiduran saat nonton TV. Bahkan beberapa orang bisa tidur sambil terduduk. Karena saking lelah dan ngantuknya sampai tidar sadarkan diri begitu. Tidurnya seperti orang
pingsan.

7. Susah Fokus Pada Hal Lain

Susah fokus pada hal lain juga menjadi efek buruk dari menonton TV terlalu dekat. Jika kita susah fokus, maka kita akan mengalami hak-hal yang berasa membosankan dan membuat kita cepat emosian. Hidup bukan hanya tentang sinetron dan berbagai tayangan televisi. Untuk itu, kita seharusnya tidak terpaku pada kebiasaan nonton TV.

8. Kepala Jadi Tengeng

Menonton TV terlalu dekat, dampaknya adalah membuat kepala kita terasa tengeng. Sensasi tengeng kepala ini disebabkan karena tubuh kita berada dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Jika kamu nonton TV, idealnya itu jarak jauh saja. Biar kepalamu lebih rileks.

9. Badan Pegal-Pegal

Pegal-pegal badan juga akan dirasakan oleh mereka yang suka menonton TV terlalu dekat. Rasa pegal ini menyebar mulai dari pundak, belikat, dada, punggung, perut, hingga paha dan kaki.

10. Lemas dan Lesu

Lemas dan lesu juga akan kita rasakan. Tentunya ini akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Nonton TV malah bikin sakit begini.

Baca Juga: 15 Bahaya Memegang Komputer Terlalu Lama

5 Efek Buruk Menonton TV Terlalu Dekat yang Lainnya:

11. Mata Mengalami Miopi
12. Pandangan Kabur
13. Penglihatan Ganda
14. Terkena Silinder Mata
15. Minus Mata Meninggi

Demikian adalah efek buruk menonton TV terlalu dekat. Jadi jangan biasakan diri kita menonton TV terlalu dekat agar tubuh kita tetap sehat. Jika mata kamu tidak jelas maka gunakanlah kacamata agar kamu jelas melihatnya. Karena justru jika kamu menonton TV terlalu dekat kam tidak jelas melihatnya karena mata manusia memiliki jarak pandang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top