Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Cara Menyembuhkan Syaraf Kejepit

Uncategorized

15 Cara Menyembuhkan Syaraf Kejepit

Menyembuhkan Syaraf Kejepit – Syaraf tidak selamanya bekerja dengan baik, ada kalanya syaraf mengalami berbagai gangguan salah satunya adalah syaraf kejepit. Gejala gejala syaraf kejepit berbeda-beda tergantung lokasi syaraf kejepit itu terjadi. Untuk itu, sangat diperlukan cara untuk menyembuhkannya. Cara menyembuhkan syaraf kejepit bisa dilakukan dengan cara media atau alami.

Ada beberapa cara menyembuhkan syaraf kejepit yang bisa anda lakukan dirumah, seperti mengkompres panas dingin, mengkonsumsi kalsium, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya, berikut inilah cara menyembuhkan syaraf kejepit.

Syaraf Kejepit

1. Mengkonsumsi kalsium

Cara pertama untuk menyembuhkan syaraf kejepit yaitu dengan mengkonsumsi kalsium. Asupan kalsium sangat penting untuk tubuh dan tulang, meningkatkan asupannya juga bisa menjadi cara menyembuhkan syaraf terjepit. Syaraf bisa terjepit karena kalsium pada tubuh dirasa kurang. Makanan yang mengandung kalsium tinggi dapat anda konsumsi sebagai menu makanan sehari-hari seperti sayuran hijau, yogurt, susu dan lain sebagainya.

2. Kompres panas atau dingin

Mengkompres panas atau dingin juga bisa anda gunakan untuk menyembuhkan syaraf kejepit. Apabila terjadi bengkak akibat syaraf kejepit, cara ini bisa memberikan tekanan saraf lebih jauh lagi. Jadi, untuk membuat sirkulasi darah lebih lancar dan pembengkakan yang berkurang, kompres dengan es dan panas. Anda bisa menempelkan es kurang lebih 15 menit sehari 3-4 kali. Untuk kompres panas, gunakan saja botol yang sudah diisi dengan air panas.

3. Injeksi steroid epidural

Injeksi streroid epidural merupakan perawatan yang dilakukan dengan suntikan steroid ditulang belakang dan hanya dapat dilakukan oleh dokter. Rasa sakit akan mereda dan saraf kejepit bisa sembuh secara bertahap asalkan metode penyembuhan ini dilakukan dengan benar. Jika prosedur ini dilakukan oleh profesional medis yang terlatih, kemungkinan efek samping serta bahayanya kecil.

4. Menggunakan kayu manis dan madu

Cara selanjutnya untuk menyembuhkan syaraf kejepit bisa menggunakan kayu manis dan madu. Mencampurkan kayu manis dan madu membuat rasa sakit berkurang dan memudar. Ini merupakan cara alami untuk menghilangkan gejala atau menyembuhkan rasa sakit tak tertahankan.

Loading...

5. Memijat

Pijat seluruh tubuh dapat membantu relaksasi pada otot-otot, serta melemaskan bagian syaraf yang terjepit. Selain itu, cara ini juga mampu memberikan tekanan pada syaraf yang terjepit sehingga dapat meredakan ketegangan dan mengurangi rasa sakit. Seluruh tubuh dapat dipijat, asalkan tidak terlalu keras.

6. Memanfaatkan kentang

Kentang juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi syaraf kejepit. Haluskan kentang mentah dan tepelkan pada bagian yang terjepit. Cara ini berlaku bagi anda yang mengalami syaraf kerjepit dibagian leher.

7. Memakai minyak esensial

Memakai minyak esensial juga bisa menyembuhkan syaraf kejepit. Anda boleh menggunakan minyak esensial, seperti minyak lavender, kamomil, cendana, peppermint, atau marjoram. Jenis-jenis minyak ini sangat efektif menyembuhkan rasa sakit dibagian syaraf. Cara menggunakannya cukup oleskan ke bagian yang sakit lalu gosok serta pijat pelan dibagian tersebut.

8. Menggunakan bidai

Selain memakai minyak esensial, anda juga bisa menggunakan bidai atau penahan. Alat ini berguna untuk mengistirahatkan saraf yang cedera agar bisa kembali secara sempurna. Ketika aktivitas tak dapat terhindarkan dan harus tetap anda jalankan, untuk memberikan kenyamanan pada bagian yang cedera, bidai menjadi alat yang harus ada sebagai penopang.

9. Tidur cukup

Tidur cukup juga sangat diperlukan untuk menyembuhkan syaraf kejepit. Kondisi syaraf terjepit akan memicu rasa nyeri berlebih pada penderitanya. Oleh karena itu, dengan mengistirahatkan tubuh lebih lama bisa menjadi solusi yang baik. Menyediakan waktu ekstra 2 jam sepertinya sudah cukup baik agar syaraf kejepit bisa membaik.

10. Mengkonsumsi kalium

Mengkonsumsi kalium lebih banyak dapat membantu proses penyembuhan syaraf kejepit. Kalium merupakan ion yang berperan dalam metabolisme sel. Kandungan ini dapat melemahkan koneksi antarsaraf, sehingga tubuh yang kekurangan kalium dapat menimbulkan gejala syaraf terjepit. Meningkatkan asupan kalium dalam pola makan dapat membantu mengembalikan keseimbangan fungsi syaraf menjadi lebih baik.

Menyembuhkan Syaraf Kejepit Lainnya :

11. Mengandalkan terapi fisik
12. Melakukan latihan fisik
13. Mengkonsumsi obat anti nyeri dan anti radang
14. Menggunakan daun alpukat
15. Operasi

Jika anda mengalami kondisi syaraf yang kejepit maka anda bisa menyembuhkannya dengan melakukan salah satu cara yang sudah disebutkan diatas. Namun jika anda sudah melakukan cara tersebut dirumah tapi tidak memberikan efek positif maka anda bisa melakukan perawatan syaraf kejepit dengan bantuan dokter.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top