Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Minum Obat Aspirin Saat Sedang Berkendara

Uncategorized

15 Bahaya Minum Obat Aspirin Saat Sedang Berkendara

Tahukah kamu apa itu Aspirin? Ini adalah sebuah merk dagang obat yang merujuk pada obat sakit kepala. Aspirin sangat terkenal istilahnya dalam dunia farmasi. Banyak orang tentu paham apa itu aspirin. Meski merk aspirin nampaknya sudah susah ditemukan, namun obat ini sudah menjadi pakem tersendiri dalam dunia obat nyeri kepala.

Sebagaimana minum obat pada umumnya, tentu ada yang namanya efek samping dan kontra indikasi. Kita tak boleh meminum aspirin bilamana kita memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti jantung, ginjal, hipertensi, tukak lambung, glukoma misalnya. Dan kita juga dilarang minum obat aspirin saat sedang berkendara.

Di bawah ini adalah bahaya minum obat aspirin saat sedang berkendara:

1. Mengantuk yang Teramat Sangat

Bahaya minum obat aspirin ternyata sangat banyak sekali loh. Salah satunya adalah mengantuk yang teramat sangat. Bila kamu tidak tahu apa itu aspirin, baiklah kami beri tahu. Aspirin itu merujuk pada obat sakit kepala. Ini sebenarnya di masa lalu adalah sebuah merk dagang, hanya saja sudah kadung terkenal. Bahaya minum obat aspirin saat sedang nyetir dianggap sebagai bahaya paling fatal. Karena orang nyetir butuh konsentrasi, sedang aspirin itu mengerikan, bisa memecah konsentrasi.

2. Kepala Jadi Pening

Kepala akan terasa pening bila kita minum obat aspirin. Biar kata ini obat aspirin adalah jenis obat yang digunakan untuk mengobati sakit kepala, namun bila kelebihan justru akan membuat tubuh jadi semakin sakit kepala. Maka dari itu, kamu mesti batasi penggunaan aspirin ketika sedang nyetir.

3. Susah Konsentrasi

Bahaya minum aspirin saat sedang nyetir adalah akan membuat kita jadi susah konsentrasi menyetirnya. Kamu tidak akan bisa melihat jalan dengan baik dan kamu susah membedakan garis lurus. Susah konsentrasi ini jika dibiarkan saja akan membuatmu bisa mengalami kecelakaan.

Loading...

4. Kegagalan Orientasi Ruang

Kegagalan orientasi ruang terjadi karena aspirin gagal memberikan manfaat untuk tubuh. Aspirin akan membuatmu jadi susah memahami dimensi ruang. Ketika tubuh gagal memahami dimensi ruang, maka kita jadi susah nyetirnya. Kegagalan orientasi ruang ini sangat berpotensi membuat seseorang jadi halusinasi dan gagal mengendalikan laju kendaraannya. Yang ada jadinya malah kecelakaan.

5. Penglihatan Jadi Buram

Penglihatan jadi buram saat tubuh minum aspirin. Bayangkan kalau ini dilakukan ketika tubuh dalam kondisi nyetir. Maka akan susah sekali untuk nyetir karena penglihatan benar-benar buram. Penglihatan buram karena pengaruh obat aspirin ini bisa membuat kita jadi tabrakan. Resikonya tentu saja adalah nyawa melayang.

6. Berkunang-Kunang

Minum aspirin saat nyetir juga menyebabkan kita jadi berkunang-kunang saat nyetir. Bayangkan kalau kamu sedang dalam kecepatan tinggi, mendadak berkunang-kunang. Pastilah akan terjadi kecelakaan.

7. Mual-Mual

Minum aspirin saat nyetir juga akan membuatmu jadi mual-mual. Kamu akan merasakan tubuh jadi begitu mualnya, sampai-sampai kamu muntah seperti mabuk darat saja. Makanya kalau kamu sedang nyetir, janganlah pernah mual-mual.

8. Muntah

Muntah juga menjadi efek dari minum aspirin. Ketika menyetir, sebaiknya jangan minum aspirin ya. Bahaya loh efeknya.  Muntah-muntah ini selayaknya kita sedang mabuk darat. Sangat tidak enak dirasakan.

9. Kegagalan Melihat Garis Lurus

Bahaya minum aspirin saat sedang nyetir adalah kita akan mengalami kegagalan melihat garis lurus. Sebab, penglihatan jadi ganda. Maka dari itu kita janganlah minum aspirin ya kalau sedang nyetir. Kegagalan melihat garis lurus ini bisa membuat kita jadi susah buat melajukan kendaraan secara lurus. Bisa-bisa nanti menabrak pembatas jalan.

10. Tidak Mampu Melihat Jarak

Ya, jarak akan menjadi tidak jelas kalau kita minum aspirin. Makanya kalau kamu sedang nyetir, jangan minum obat ini ya. Sungguh akan membuatmu jadi buta jarak.  Tidak mampu memperkirakan jarak antar kendaraan. Sangat berpotensi jadi tabrakan.

Baca Juga: 15 Bahaya Olahraga Tanpa Pemanasan dan Pendinginan

5 Bahaya Minum Obat Aspirin Sambil Nyetir yang Lainnya:

11. Halusinasi
12. Nyeri Kepala Hebat
13. Terserang Migrain
14. Gangguan Keseimbangan Tubuh
15. Penglihatan Ganda

Begitulah beberapa bahaya yang akan kita dapatkan bilamana minum obat aspirin sambil nyetir. Maka kalau kita sedang berkendara, sebaiknya janganlah minum obat apapun. Karena resikonya yang mengerikan ini. Janganlah sampai kita kecelakaan karena kecerobohan minum obat tidak tepat pada sikon ini.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top