Connect with us
close

Virtual.co.id

Pengobatan Penyakit Asam Lambung dengan Obat Apotek

Uncategorized

Pengobatan Penyakit Asam Lambung dengan Obat Apotek

Untuk meredakan penyakit asam lambung dengan cepat adalah menggunakan obat asam lambung yang bisa dibeli secara bebas di apotek. Atau obat dulu yang diresepkan dokter sebelumnya pada saat kamu memeriksakan diri, pakailah resep itu untuk menyembuhkan gejala asam lambung naik.

Penyakit asam lambung adalah gejala maag karena lambung mengalami peradangan atau luka. Penyakit ini bisa disebabkan oleh pola makan tidak teratur. Ada berbagai macam hal untuk mengobati penyakit asam lambung. Baik dengan penanganan sendiri, konsumsi obat-obatan khusus sampai prosedur operasi jika memang sudah parah.

Asam lambung yang tinggi tidak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa menimbulkan gejala penyakit serius sampai menyebabkan kematian. Selain kamu melakukan pengobatan penyakit asam lambung dengan obat atau bahan alami. Kamu juga perlu tindakan apa yang tepat untuk meredakan asam lambung.

Upaya untuk meredakan asam lambung

  • Ada beberapa tindakan untuk mengurangi gejala asam lambung yang kamu derita. Sebagai penderita asam lambung kamu sangat perlu mengetahuinya. Inilah tindakan tersebut!
  • Turunkan berat badan jika perlu.
  • Makan dengan porsi kecil tapi sering, hindari makan dalam porsi banyak walau jarang.
  • Jangan langsung tiduran setelah makan, beri jeda 1-2 jam agar makanan dicerna dulu oleh tubuh.
  • Kurangi makan tomat, coklat, makanan berlemak dan pedas.
  • Jangan minum alkohol dan kurangi minum kopi.
  • Berhentilah untuk merokok.
  • Menggunakan bantal yang agak tinggi, untuk mencegah supaya asam lambung tidak naik saat sedang berbaring.
  • Jangan mengenakan pakaian terlalu ketat, terutama di bagian perut.


Obat asam lambung di apotek

Banyak obat asam lambung yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Kamu bisa bertanya kepada apoteker dengan menyampaikan keluahan yang kamu alami. Maka, dia akan memberikan obat beradasarkan keluhanmu itu. Oh ya, jangan lupa katakan apa saja alergi yang kamu derita. Agar sang apoteker menyesuaikan obatnya dengan kondisi tubuhmu. Inilah obatnya!

Antasida
Obat yang berfungsi untuk menurunkan asam lambung dan merupakan paling dikenal daripada obat asam lambung lainnya. obat ini terdiri atas magnesium trisilicate, calcium carbonate atau aluminium hidroxida. Kandungan tersebut mampu menetralisir asam lambung, sehingga bisa kembali normal dengan cepat.
Ketika kamu mengkonumsi obat ini, jangan lakukan bersamaan dengan obat lainnya. Karena bisa berefek pada penyerapan obat lain. Selain itu, antasida juga mampu meredakan nyeri di tukak. Obat ini dikonsumsi sebelum makan.

Loading...

Alginat
Obat yang dapat dibseli tanpa resep dokter selanjutnya adalah alginat. Pengkonsumsian obat asam lambung ini tidak asama dengan antasida, tapi dikonsumsi setelah makan. Alginat dapat membantu melindungi dinding perut dan esofagus (kerongkongan) dari iritasi asam lambung yang tinggi. Obat yang akan melapisi mulkosa dan meningkatkan pH serta mampu menurunkan refluks. Menurut penelitian, asam algina terbukti efektif mengatasi asam lambung non-resep.

Penghambat reseptor H2 (H2RA)
Sebuah obat yang dapat mengobati asam lambung dengan menghambat efek histamin. Seperti yang kamu ketahui bahwa histamin dibutuhkan oleh tubuh dalam menghasilkan asam lambung. Obat asam lambung yang termasuk H2RA yaitu ranitidin dan nizatidine. Obat ini bisa menimbulkan efek samping dan sangat keras. Oleh karena itu, pembeliannya juga harus dengan resep dokter.

Penghambat pompa proton
Obat yang disebut dengan proton-pump inhibitors atau PPI ini jarang menimbulkan efek samping yang serius. Kalaupun ada, kondisinya tidak terlalu mengkhawatirkan yang berupa pusing, konstipasi dan diare. Contoh obat asam lambung yang temasuk PPI adalah omeprazole, lansoprazole dan esomeprazole. Obat-obat itu biasanya memerlukan resep dokter.

Prokinetik
Prokinetik merupakan obat asam lambung yang membantu mempercepat proses pengosongan perut. Sehingga, makanan dan asam lambung lebih cepat masuk ke usus halus dan mengurangi kesempatan asam lambung naik ke kerongkongan. Tidak disarankan untuk dikonsumsi seseorang dibawah usia 20 tahun karena berpotensi menimbulkan efek samping. Yang termasuk obat prokinetik adalah bethanecol dan domperidone. Umumnya menggunakan resep dokter.

baca juga : Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Bahan Rumah


Penanganan asam lambung melalui operasi

Operasi merupakan langkah mengatasi asam lambung atau GERD yang terakhir. Dilakukan jika penanganan sendiri dan obat tidak bisa memberikan hasil yang efektif. Kondisi lainnya yang bisa ditindaklanjuti dengan operasi, diantaranya adalah :

  • Terdapat peradangan yang parah pada esofagus atau kerongkongan.
  • Terjadi  penyempitan esofagus yang mengakibatkan makanan susah turun ke perut.
  • Ada perubahan pada sel esofagus karena iritasi asam lambung yang disebut sebagai esofagus Barrett.

Operasi yang dilakukan adalah operasi fundoplikasi Nissen laparoskopi. Tujuannya untuk mengencangkan LES yang mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan atau esofagus. Dilakukan dengan cara membungkus LES dengan bagian atas perut membentuk kerah. Operasi ini umumnya dilakukan dengan laparoskopi atau operasi “lubang kunci”.

Itulah beberapa obat asam lambung yang biasa dipakai penderita penyakit asam lambung. Kamu bisa menggunakannya untuk meredakan asam lambung yang kamu derita.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top