Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Obat Gatal Biduran Paling Mudah Dicari

Uncategorized

15 Obat Gatal Biduran Paling Mudah Dicari

Obat Gatal Biduran – Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah yang terasa gatal. Bilur ini dapat muncul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ukuran dan bentuk bilur pun berbeda-beda. Salah satu penyebab umum biduran adalah alergi, yang dapat disembuhkan dengan obat gatal biduran.

Biduran terjadi karena tubuh melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamin, yang biasanya dilepaskan sebagai salah satu bentuk rangsang atau respon dari tubuh untuk terjadinya alergi. Obat gatal biduran bisa dalam bentuk pengobatan medis atau ramuan tradisional.

Biduran

1. Antihistamin

Antihistamin akan memblokir efek histamin yang menimbulkan biduran, sehingga membantu menghilangkan rasa gatal dan mengurangi ruam. Contoh obat gatal biduran yang mengandung antihitamin adalah cetirizine, fexofenadine, dan CTM.

2. Antihistamin H1 dan H2

Gunakan antihistamin H1 dan H2 saat mengalami biduran kronis. Bahkan, meningkatkan dosis bisa jadi dianjurkan jika biduran tak kunjung membaik. Antihistamin jenis terbaru, rupatadine, telah terbukti efektif dalam mengobati kasus biduran parah yang tidak mempan dengan antihistamin biasa.

3. Kortikosteroid

Obat dengan kandungan kortikosteroid akan diresepkan dokter untuk pemakaian yang singkat dengan dosis tinggi, misalnya prednison, metal prednisolon, dan dexametason. Kortikosteroid ini dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

4. Omaluzimab

Untuk penderita biduran yang tidak mempan terhadap antihistamin, perlu mencoba obat baru yang lebih ampuh, yaitu omaluzimab. Omaluzimab diberikan melalui injeksi dan dapat mengurangi antibodi yang terkait dengan urtikaria.

Loading...

5. Siklosporin

Pada sekitar 2/3 kasus biduran, siklosporin terbukti efektif dalam mengobati hiburan. Cara kerjanya mirip dengan kortikosteroid, yaitu menekan efek sistem imunitas tubuh yang membahayakan.

Namun, obat ini mempunyai efek samping berupa tekanan darah tinggi, masalah ginjal, peningkatan kadar kolesterol darah, sakit kepala, dan tremor. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

6. Leukotriene Receptor Antagonist

Ini adalah jenis obat yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan bilur. Obat gatal biduran ini bisa menjadi alternatif pengobatan jangka panjang sebagai pengganti kortikosteroid karena obat ini hanya menimbulkan efek samping ringan seperti sakit kepala dan mual.

7. Buah Asam

Selain pengobatan secara medis, pengobatan herbal pun bisa digunakan untuk megatasi biduran. Siapkan buah asam secukupnya, 15 gram temulawak, dan gula aren sebagai pemanis. Rebus semua bahan yang tersedia dengan dua gelas air ptih, sampai air berkurang setenganhnya. Setelah itu, tunggu hingga air rebusan hangat dan saring. Minum ramuan tersebut.

8. Daun Jombang

Dengan nama ilmiah Taraxacum officinale, daun jombang atau dandelion adalah tanaman berbunga kuning dengan daun lebar mendatar dan berlekuk pada tepinya. Sebenarnya, bunga tanaman ini adalah sekumpulan bunga kecil yang berkarang pada satu bongkol bunga.

Daun jombang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal biduran alternatif. Siapkan 30 gram daun jombang dan rebus dengan 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Diamkan sampai air rebusan hangat lalu minum ramuan tersebut.

9. Kunyit dan Sambiloto

Bahan alami selanjutnya untuk mengobati gatal biduran adalah kunyit dan sambiloto. Caranya, sediakan 20 gram kunyit dan 10 gram sambiloto. Untuk lebih ampuh, bisa juga menambahkan bahan lainnya seperti tiga suing bawang merah, satu sendok adas, dan 30 gram daun kelor.

Cuci semua bahan di atas, lalu tumbuk sampai halus. Rebus dengan 600 cc sampai mendidih dan tersisa sepertiga air rebusan. Saring rebusan tersebut dan tunggu hingga hangat atau dingin. Minum ramuan ini dua sampai tiga kali sehari.

10. Jahe dan Cuka Beras Hitam

Siapkan 100 cc cuka beras hitam dan 30 gram jahe. Tambahkan gula merah jika ingin lebih manis. Tumbuk jahe lalu rebus semua bahan sampai mendidih. Tunggu sampai hangat atau dingin. Minum satu atau dua kali sehari.

Uraian di atas adalah pilihan obat untuk mengatasi gatal biduran. Bisa menggunakan resep dokter atau menggunakan bahan alami. Obat gatal biduran lainnya juga dapat digunakan, seperti yang disebutkan di bawah ini:

11. Terapi Cahaya
12. Bawang Merah dan Daun Kelor
13. Minyak Esensial

Saat mengkonsumsi obat gatal biduran dengan bahan kimia, pastikan memahami dosis, kontraindikasi, dan efek sampingnya. Sedangkan untuk obat tradisional, pastikan bahan-bahan yang digunakan higienis agar gatal biduran tidak bertambah parah.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top