Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Obat Gatal Tradisional dan Alami Paling Manjur

Uncategorized

20 Obat Gatal Tradisional dan Alami Paling Manjur

Obat Gatal Tradisional – Seiring dengan berkebanya zaman kini orang-orang lebih menyukai segalanya yang instan dan mudah. Seperti halnya dalam dunia pengobatan, orang kebanyakan memilkih menggunakan pengobatan medis dengan alasan dapat mempercepat penyembuhan. Namun, pada beberapa orang ada yang mengalami alergi pada obat tertentu, misalnya pada pada obat gatal. Jika anda mengalami hal yang serupa gunakan saja obat gatal tradisional.

Menggunakan obat gatal tradisional cara kerja penyembuhannya juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan obat-obat medis. Walaupun sekarang kebanyakan menggunakan obat-obatan medis bukan berarti obat gatal tradisional sulit di temukan lagi. Menggunakan obat tradisional sangatlah aman bagi penderita, adapun beberapa obat gatal tradisional yang masih di gunakan hingga saat ini.

Obat Gatal Tradisional

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah andalan pertama masyarakat pada umunya untuk di jadikan obat berbagai macam penyakit baik mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Selain dapat mengobati berbagai macam penyakit cuka sari apel juga di jadika kesehatan kulit. Penyakit ringan yang dapat di obati mengggunakan cuka sari apel adalah gatal-gatal, caranya cukup anda teteskan sedikit cuka sari apel di telapak tangan kemudian oleskan pada kulit yang terkena gatal-gatal.

2. Minyak Tawon

Selain cuka sari apel obat tradisisonal yang masih di gunakan hingga saat ini adalah minyak tawon. Minyak tawon selain mudah di dapat juga harga yang di berikannya sangat terjangkau. Cukup anda balurkan minyak tawon pada kulit yang mengalami gatal tidak lama kemudian anda akan merasakan manfaatnya dan sedikit menimbulkan rasa hangat.

3. Jahe

Jahe merupakan rempah yang sangat banyak memilki manfaat bagi kesehatan tubuh. Contohnya dapat mengatasi sakit tenggorakan, batuk dan perut kembung, selain itu juga sangat efektif untuk menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya siapan dahulu beberapa bahan seperti berikut:

  • 30 gram rimpang jahe
  • 600 cc cuka
  • Beras Putih secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 800 cc air bersih

Masukan semua bahan ke dalam air untuk di rebus, didhkan hingga air berkurang setengahnya. Setelahnya biarkan air sedikit dingin kemudian minumlah air tersebut secara rutin, sebanyak 3x sehari.

Loading...

4. Buah Pisang

Buah pisang bukan hanya dagingnya saja yang dapat di konsumsi karena rasa yang enak dan banyak khasiat. Kulitnya juga dapat di manfaatkan sebagai obat gatal. Caraya kerok bagian dalam kulit pisang yang masih segar, tempelkan hasil kerokan tersebut pada kulit yang gatal-gatal. Tunggu kira-kira 10 menit setelahnya jangan lupa di bilas menggunakan air hangat.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya biasanya di gunakan orang-orang untuk dijadikan sebagai perawatan rambut terutama pada kaum wanita yang selalu menjaga penampilan. Selain di gunakan sebagai perawatan rambut lidah buaya juga dapat mengatasi gatal-gatal, anda dapat memanfaatkan lender/gel, karena kandungan antiseptic yang dimilikinya di percaya mengatasi gatal-gatal. Rasa adem yang di berikan gel lidah buaya dapat meredakan gatal-gatal juga dapat memuluskan kulit kembali.

6. Tepung Kanji

Gatal-gatal memang di sebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena keringat. Gatal karena biang keringat ini dapat di atasi dengan menggunakan kanji, cukup anda balurkan tepung kanji pada kulit yang terkena gatal tidak lama kemudian akan sembuh. Hal ini karena keringat yang kelar di serap oleh tepung kanji sehingga rasa gatal pun berkurang.

7. Baking Soda

Baking soda biasanya di gunakan bahan campuran pada kue. Tidak banyak orang tahu mengenai manfaat baking soda yang dapat meredakan gatal-gatal. Anda dapat jadikan baking soda untuk di jadikan pasta sebagai obat oles ataupun sebagai air berendam. Cara membuat ramuan baking soda sebagai air untuk berendam, tuangkan secangkir baking soda pada air yang akan pakai untuk mandi kemudian pakailah untuk berendam. Jika anda menginginkan baking soda untuk di jadikan bentuk pasta cukup campurkan 3 sdm baking soda dengan 1sdn air aduk hingga menjadi pasta.

8. Daun Kemangi

Daun ini kerap kali di jadikan sayuran yang ada di dalam makanan lalapan. Kemnagi mengandung eugenol berkadar tinggi, anestension topical dan minyak esensial ampuh yang dapat mengatasi gatal-gatal pada kulit. Menggunakan daun kemangi berarti anda harus mengobati dari luar, caranya sediakan daun kemangi kering secukupnya untuk di seduh dengan air panas sebanyak 2 cangkir.

Setelahnya tutup wadah tunggu hingga bebrapa menit, setelah dingin usapakan pada area kulit yang gatal-gatal. Sekali penyeduhan dapat di gunakan berkali-kali atau sesuai kebutuhan anda.

9. Minyak Goreng dan Garam

Pengobatan menggunakan minyak goreng dan garam pastinya sudah banyak masyarakat yang mengetahui. Fungsi garam sangat di percaya untuk melawan bakteri yang menyebabkan gatal. Caranya, masukan garam ke dalam mangkuk kecil sesuai kebutuhan setelahnya tambahkan garam aduk sedikit-sedikit menggunakan jari, pastikan jari andatelah bersih. Setelah di aduk campuran minyak goreng dan garam siap anda oleskan pada kulit yang mengalami gatal-gatal.

10. Bedak Dingin

Menghilangkan gatal-gatal menggunakan bedak dingin sudah mualai dahulu di kenal, selain dapat harganaya yang murah bedak dingin juga mudah di dapat. Bedak dingin bukan hanya mengatsi gatal-gatal karena keringat melainkan juga karena alergi. Caranya ambil beberapa butir bedak dingin kemudian tambahkan dengan air setelah mencair oleskan pada area kulit yang merasa gatal saja.

Obat Gatal Tradisional Lainnya :

11. Daun Sirih
12. Daun Mimba
13. Daun Saambiloto
14. Lemon
15. Minyak Kelapa dan Biduri
16. Mentimun
17. Daun Salam
18. Oatmeal
19. Minyak Papermint
20. Balsam

Walaupun yang di gunakan obat gatal tradisisonal tetapi jangan ragukan khasiatnya. Mengguanakan cara tradisional sangatlah aman bagi kulit selain itu kulit juga akan mulus kembali. Jadi bagi anda yang mengalami gatal-gatal dan memiliki alergi pada obat tertentu sebaiknya guakan cara di atas saja. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top