Connect with us

Virtual.co.id

16 Obat Herbal Alami untuk Mengatasi Kesemutan

Uncategorized

16 Obat Herbal Alami untuk Mengatasi Kesemutan

Kesemutan merupakan kondisi yang ditandai dengan rasa sakit yang menusuk pada bagian tangan atau kaki. Untuk mengatasinya dibutuhkan obat agar kesemutan tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jika anda lebih menyukai cara yang herbal maka anda bisa memilih obat herbal kesemutan untuk mengatasinya.

Ada beberapa obat herbal yang dapat anda gunakan untuk mengatasi kesemutan seperti kunyit, kayu manis, dan lain sebagainya. Berikut inilah obat herbal kesemutan yang bisa anda gunakan dirumah.

Obat Herbal Kesemutan, Obat Tradisional Herbal Kesemutan, Obat Herbal Alami Kesemutan

1. Minyak zaitun

Obat herbal pertama untuk kesemutan dengan menggunakan minyak zaitun. Hangatkan minyak zaitun kemudian pijatkan ke bagian yang terasa kesemutan selama 5 menit, sehingga bagian yang terasa kesemutan akan hilang dengan sendirinya.

2. Kunyit

Kunyit juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk kesemutan. Hal ini disebabkan kunyit memiliki kandungan senyawa yaitu curcumin, yang bermanfaat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan anti-inflamasi yang ada dalam kunyit berguna untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di bagian tubuh yang mengalami kesemutan.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa menjadi obat herbal lainnya untuk mengatasi kesemutan. Minyak kelapa berguna untuk menstimulasi syaraf dan juga otot sehingga akan membantu anda untuk meningkatkan fungsi syaraf dan otot secara optimal. Selain itu, minyak kelapa juga bisa dijadikan obat pijat karena mampu meningkatkan sirkulasi darah. Oleskan minyak kelapa dengan sedikit memijat pada bagian yang kesemutan.

4. Alpukat

Alpukat juga menjadi salah satu obat herbal untuk kesemutan. Anda bisa menggunakan alpukat karena di dalamnya kaya akan magnesium. Dengan mengkonsumsinya secara rutin akan membantu anda untuk menghilangkan rasa kesemutan. Namun untuk penderita penyakit ginjal maupun diabetes ini menjadi pantangan sehingga diharapkan tidak mengkonsumsinya sebelum melakukan konsultasi pada dokter terlebih dulu.

Loading...

5. Chamomile

Chamomile merupakan jenis bunga yang biasa dimanfaatkan sebagai minuman hangat seperti teh. Jenis bunga ini ternyata dapat anda gunakan sebagai obat herbal kesemutan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan menjadikannya sebagai minuman herbal yang berguna untuk menghilangkan rasa kesemutan. Selain bisa diandalkan sebagai obat kesemutan chamomile juga akan membantu menyehatkan kulit karena memiliki sifat anti inflamasi.

6. Kayu manis

Mengobati kesemutan juga dapat menggunakan bahan herbal seperti kayu manis. Di dalam kayu manis mengandung kalium, vitamin B kompleks dan mangan yang membantu anda agar tidak mudah merasa kesemutan. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk bubuk kayu manis yang dicampur dengan segelas air hangat. Minumlah sehari sekali untuk menurunkan risiko kesemutan agar tidak lebih serius.

7. Kulit manggis

Kulit manggis sangat terkenal kaya akan manfaatnya, salah satunya untuk mengatasi kesemutan. Kulit manggis memiliki antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh yang disebabkan seringnya kesemutan. Anda bisa mengkonsumsi kulit manggis dengan cara merebusnya untuk obat herbal kesemutan.

8. Daun sirsak

Daun sirsak memiliki sifat antioksidan yang mampu memberikan perlindungan bagi tubuh dari bahaya radikal bebas. Untuk menghilangkan kesemutan anda bisa menggunakan daun sirsak dengan merebusnya, saring, dan bisa anda konsumsi.

9. Minyak lavender

Obat herbal kesemutan juga bisa menggunakan minyak lavender. Anda bisa menggunakannya dengan mengoleskan minyak lavender pada bagian yang kesemutan sambil memijat lembut dengan gerakan memutar. Lakukan dalam waktu 5 menit atau sampai rasa kesemutan itu hilang.

10. Ginkgo biloba

Mungkin sebagian orang masih jarang mendengar bahan herbal yang satu ini. Namun jangan salah tanaman ini sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit yang ada dalam tubuh, seperti kesemutan. Jenis tanaman ini sudah banyak dikemas dalam bentuk suplemen sehingga anda bisa lebih mudah untuk mengkonsumsinya.

Baca Juga 8 Akibat Usus Turun pada Pria dan Wanita yang Harus Diwaspadai

Selain 10 obat herbal kesemutan, ada 6 obat herbal lainnya yang bisa anda gunakan untuk kesemutan, Seperti:

6 Obat Herbal Kesemutan Lainnya:

11. Kedelai
12. Minyak rosemary
13. Thyme
14. Sage
15. Minyak primrose
16. Cabai rawit

Itulah obat herbal kesemutan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit atau masalah tersebut. Jika anda sering mengalami kesemutan maka anda bisa mengatasinya dengan menggunakan salah satu dari obat herbal tersebut. Namun jika obat herbal masih belum menyembuhkan kesemutan maka anda dapat memeriksakannya ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.  

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: