Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Obat Alami untuk Kepala Terbentur

Uncategorized

9 Obat Alami untuk Kepala Terbentur

Terjatuh atau kepala terbentur pasti kejadian yang dialami oleh setiap orang setidaknya sekali dalam seumur hidup. Akibat benturan tersebut bermacam – macam tergantung dari kekuatan benturannya ada yang hanya menimbulkan bekas kecil, lebam, lecet, atau bahkan pendarahan serius. Obat kepala terbentur harus kamu sedia setiap saat karena terbentur bisa terjadi kapan saja dan dimana saja apabila kamu sudah lengah terhadap pandangan.

Apabila kamu terbentur pada bagian kepala tidak begitu keras, kamu dapat mengobatinya secara mandiri dan biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan kondisinya. Berikut ini merupakan beberapa obat kepala terbentur yang perlu kamu bawa kemana – mana sebagai persediaan.

Obat Kepala Terbentur, Obat Alami Kepala Terbentur, Obat Tradisional Kepala Terbentur

1. Bunga pacar air

Apabila kamu sedang terbentur disertai dengan luka memar, kamu bisa menggunakan obat kepala terbentur tersebut dengan bunga pacar air. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, kamu cukup menumbuk bunga pacar air kemudian bubuhkan pada daerah yang memar tersebut. Lakukan cara tersebut secara rutin agar luka memar dapat terobati secara optimal.

2. Herbal kunyit

Kepala yang terbentur dan muncul memar juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berbahan dasar kunyit. Kunyit merupakan tumbuhan herbal yang sangat efektif dalam pemulihan luka memar pada bagian kepala yang mengalami benturan cukup keras. Cara menggunakannya pun hampir sama dengan sebelumnya, tinggal tumbuk halus beberapa ruas kunyit, kemudian bubuhkan di bagian kepala yang mengalami luka memar.

3. Kencur dan minyak telon

Obat kepala terbentur selanjutnya yang bisa kamu coba yakni dengan campuran kencur dan minyak telon. Namun ramuan ini hanya dapat digunakan pada luka lebam atau memar, bukan diaplikasikan ke luka terbuka. Cara pengaplikasiannya sangat mudah, kamu hanya perlu memarut kencur secukupnya kemudian tambahkan dengan minyak telon. Terakhir tempelkan pada bagian kepala yang mengalami luka lebam.

4. Paracetamol

Paracetamol tidak hanya dapat mengobati dari dalam, namun apabila kamu terbentur sesuatu pada bagian kepala hingga memar, kamu bisa menggunakan kain yang steril sebagai kompres kepala dan jangan lupa tambahkan paracetamol pada kain tersebut agar luka memar cepat sembuh. Paracetamol merupakan obat untuk pertolongan pertama pada benturan kepala yang tepat.

Loading...

5. Povidone iodine

Benturan yang terjadi di kepala bisa saja sangat keras hingga menimbulkan luka pendarahan. Langkah utama apabila hal itu terjadi adalah dengan terlebih dahulu membersihkan daerah luka dengan obat luka yang berjenis povidone iodine untuk menyembuhkan luka secara efektif. Jangan lupa untuk membalutkan perban atau kasa agar tidak terjadi infeksi akibat udara yang kotor dari luar.

6. Kain penekan

Benturan yang berujung pendarahan juga harus ditangani dengan cara yang tepat. Sebaiknya lakukan pertolongan pertama dengan cara menekan pada area luka yang terjadi. Hal ini bertujuan untuk menghentikan pendarahan yang terjadi secara efektif. Untuk menyentuh bagian luka tersebut, pastikan menggunakan tangan dan kain yang steril, agar luka tidak semakin parah karena kuman yang menempel pada media yang kotor.

7. Kompres abu hangat

Apabila kamu memiliki persedian abu di dapur hal ini sangat cocok kamu gunakan untuk mengobati benturan di kepala yang menyebabkan benjol. Namun sebelum digunakan, sebaiknya abu terlebih dahulu di hangatkan. Dengan mengompreskan abu hangat pada bagian kepala yang terbentur, kepala akan merasa lebih nyaman.

8. Kompres dengan air dingin

Cara yang sangat mudah untuk mengatasi kepala terbentur yakni dengan menggunakan air dingin. hal ini dikarenakan air dingin mampu meminimalisir rasa nyeri yang terjadi saat kepala mengalami benturan yang cukup keras. Pendarahan di bawah kulit pun akan dapat di atasi dengan cara mengompreskan air dingin di kepala.

9. Minyak kelapa

Apabila kamu mengalami benturan yang hebat pada bagian kepala hingga menimbulkan benjolan. Tidak perlu panik untuk mengatasinya kamu cukup pergi ke dapur kemudian ambil minyak kelapa dan oleskan pada bagian kepala yang terbentur. Minyak kelapa akan membantu mengurangi ukuran benjolan secara cepat.

Baca Juga 12 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Maag Kronis

Itulah 9 obat kepala terbentur secara alami yang dapat kamu dapatkan secara mudah. Untuk mengobati kepala yang terbentur hingga menimbulkan luka, selalu gunakan media yang higenis dan terlebih dahulu cuci tangan hingga bersih agar terhindar dari berbagai penyakit.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top