Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Obat Kesemutan Alami Yang Baik Digunakan

Uncategorized

20 Obat Kesemutan Alami Yang Baik Digunakan

Obat Kesemutan – Kesemutan pada dasarnya adalah peristiwa normal. Jika anggota gerak tertekan terlalu lama, aliran darah yang mengalir ke anggota gerak tersebut menjadi kurang lancar, sehingga akan muncul rasa kebas, selain kesemutan. Ini terjadi karena serabut syaraf pada bagian tersebut mengalami gangguan. Mengkonsumsi obat kesemutan adalah salah satu cara penyembuhannya.

Kesemutan juga bisa terjadi jika syaraf pada anggota gerak menurun fungsinya. Dalam kasus ini, kesemutan sering disertai dengan rasa tidak enak di ujung jemari, bahkan bisa sampai terasa panas seperti terkena air cabai. Keadaan ini disebut neuritis perifer. Namun, jangan khawatir. Kondisi demikian dapat diatasi dengan obat kesemutan berikut:

Kesemutan

1. Kedelai

Kedelai efektif digunakan sebagai obat kesemutan karena mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan otot serta mencegah terjadinya kebas, mati rasa, dan kesemutan pada anggota tubuh. Konsumsi kedelai secara rutin dapat menghilangkan dan mencegah jenis penyakit yang menyerang syaraf.

2. Cabai Rawit

Cabai Rawit, atau Capsicum frutescens, mengandung kalium, mangan, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, yang dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan sirkulasi darah.

3. Rosemary

Rosemary adalah penghasil rempah-rempah dan bumbu masak. Tanaman tahan kering ini berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk kesemutan. Cara mengkonsumsinya, cukup jadikan teh atau bahan makanan.

4. Sage

Daun tanaman sage, atau nama ilmiahnya Salvia officinalis, dikenal sebagai bumbu masakan Eropa.  Tanaman ini beraroma harum dengan rasa sedikit pahit. Sage ampuh untuk mengatasi sensasi mati rasa di bagian tubuh tertentu. Konsumsi sage secara teratur untuk mengatasi semua masalah terkait sirkulasi darah.

Loading...

5. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba mujarab untuk meningkatkan aliran darah, fungsi otak, dan beralih fungsi menjadi antioksidan. Mengkonsumsi suplemen ginkgo biloba tiga kali sehari dapat mengatasi kesemutan.

6. Kayu Manis

Tanaman yang berwarna coklat ini mengandung banyak bahan kimia dan nutrisi, seperti kalium, mangan, dan vitamin B. Kayu manis dapat membantu meningkatkan aliran darah di tangan dan kaki, sehingga dapat menghindarkan dari rasa kebas, kesemutan, dan baal. Para ahli merekomendasikan 2-4 gram bubuk kayu manis setiap hari guna melancarkan sirkulasi darah.

7. Kunyit

Tanaman mirip jahe ini memiliki kandungan curcumin yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Lebih dari itu, anti-inflamasi berguna untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada bagian tubuh yang mengalami kesemutan.

8. Minyak Mustard

Minyak mustard yang dibuat dari biji sawi juga dapat digunakan sebagai obat kesemutan. Penggunaan minyak ini dapat dilakukan dengan cara menghangatkan biji sawi terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada kulit dan pijat selama 10-20 menit. Lakukan dua atau tiga kali sehari untuk merasakan perbedaannya.

9. Olahraga

Kesemutan dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur karena cara ini dapat melancarkan peredaran darah. Sirkulasi yang buruk atau kekurangan suplai darah ke tangan atau kaki bisa menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Kondisi ini sering terjadi saat melakukan olahraga otot yang berat atau saat udara dingin.

10. Kompres Hangat

Menerapkan kompres hangat dapat membantu meningkatkan suplai darah ke daerah yang terkena kesemutan dan memberikan kelegaan instan dari ketidaknyamanan. Rendam kain lap dengan air hangat dan peras kelebihannya. Letakkan kain lap hangat di daerah yang terkena dampak selama 5-7 menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai mati rasa atau ketidaknyamanan lainnya hilang.

Jika kesepuluh obat kesemutan di atas tidak memberikan efek apa-apa, atau efeknya kurang terasa, mungkin karena tidak cocok dengan tubuh. Alternatifnya, gunakan obat kesemutan lainnya, yaitu:

11. Kamomil
12. Minyak Lavender
13. Minyak Zaitun
14. Alpukat
15. Minyak Kelapa
16. Indian Gooseberry
17. Garam
18. Yoga

Kesemutan banyak dianggap sepele. Ternyata, kesemutan bisa berarti sinyal kalau ada sesuatu yang salah dengan aliran darah atau syaraf. Bahkan, kesemutan juga bisa menjadi gejala awal penyakit yang lebih serius. Selain mengkonsumsi obat kesemutan di atas, tangkal kesemutan dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top