Connect with us
close

Virtual.co.id

Mengobati Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Uncategorized

Mengobati Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Mata bengkak sangat membuat kita tidak nyaman dalam beraktivitas. Selain mengganggu penglihatan, rasa nyerinya bisa mengganggu konsentrasi. Jika sudah seperti ini kita membutuhkan obat mata bengkak yang efektif dan menyembuhkan dengan cepat. Tapi, sebelum itu kita perlu mengetahui penyebab mata bengkak supaya dapat mengobatinya dengan tepat dan mencegah agar tidak kembali lagi.

Mata bengkak bisa disebabkan oleh terlalu lama menangis, terkena debu dan pukulan atau karena hal lainnya. Mata bengkak terjadi karena bengkaknya kelopak mata akibat dari kelebihan cairan atau edema pada jaringan ikat di sekitar mata. Mata bengkak ini ada yang menyakitkan dan ada pula yang tidak menyakitkan dan berpengaruh pada kelopak mata ataupun bawah.

Inilah penyebab dan cara mengatasi mata bengkak

 

Obat mata bengkak karena alergi

Saat kamu mengalami sakit mata karena alergi terhadap makanan atau debu, serbuk sari, maupun obat, kamu harus menghindari pemicunya. Setelah itu, kompres menggunakan air dingin yang berguna untuk mengurangi peradangan yang terjadi dan melemaskan otot-otot kelopak mata yang tegang. Ambillah kain lembut lalu rendam di dalam air dingin. Gunakan kain itu, untuk mengompres matamu yang bengkak.

Apabila setelah beberapa hari mata tetap bengkak, kamu bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi obat medis. Diantaranya antihistamin, bendryl, dan diphenhydramine. Obat tersebut akan membantu meringankan rasa gatal pada mata bengak, tapi bukan sepenuhnya menyembuhkan mata bengkak.

Obat mata bengkak akibat kebanyakan atau kurang tidur

Pola tidur yang tidak benar dapat mempengaruhi kondisi kesehatan matamu. Sering begadang atau tidur ayam bisa menjadikan mata mengalami pembengkakan dan pembesaran di kantung mata serta membuat maya lebih gelap. Jika masalahnya seperti itu, kamu bisa mengatasi mata bengkak dengan beberapa cara ini.
Minum banyak air putih, ketika mengalami mata bengkak, minum air putih yang cukup 8 gelas setiap hari sehingga tubuh tidak dehidrasi dan menjaga kelembaban kulit. Kulit yang kekurangan air menyebabkan kulit menjadi bengkak termasuk di sekitar mata. Minum banyak air juga perlu diimbangi dengan mengurangi asupan garam dan minuman bersoda.

Ketimun Mengandung enzim yang dapat mengurangi pembengkakan. Ambil 1 buah ketimun lalu potong menjadi beberapa bagian yang tebal. Kemudian dinginkan ke dalam lemari es selama sepuluh menit. Setelah itu letakkan di mata yang sakit atau kedua mata. Selain mengurangi mata bengkak, ketimun juga mampu mencerahkan warna kulit.

Dinginkan sendok dan kompreskan ke mata
, salah satu obat sakit mata yang ampuh, mudah dan praktis mengatasi mata bengkak adalah menggunakan sendok. Ambil sendok makan atau sendok teh dari bahan stainlees steel. Dinginkan bagian cembung sendok dengan menempelkan ke es batu atau ditaruh kulkas. Setelah dingin pakailah untuk mengompres mata bengkak. Saat suhu sendok sudah mulai hangat segera dinginkan lagi dan ulangi kompresnya.

Loading...

Mengatasi mata bengkak karena menangis

Di saat sedang sedih, kamu akan menumpahkan emosi dengan menangis. Tubuh akan lebih rileks setelah menangis, tapi nampaknya tidak baik bagi kesehatan mata. Terlalu lama menangis dapat membuat mata membengkak dan membuatmu malu jika berada di luar rumah. Tak perlu khawatir ada cara manjur untuk mengempeskan mata yang bengkak karena menangis.

Pakai saja teh celup bekas yang di rendam pada air hangat, lalu kompreskan ke mata. Bisa juga kamu gunakan obat mata bengkak tetes sehingga mengurangi peradangan dan menjernihkan warna bola mata kembali. Selain itu, bisa kamu oleskan krim anti peradangan.

Obat mata bengkak karena bintitan

Bintitan di mata tentu mengganggumu, terasa seperti ada yang menghalangi penglihatan. Bukan hanya menyebabkan mata bengkak, tapi juga disertai dengan rasa gatal dan nyeri sekali. Bintitan ini seperti jerawat yang terdapat di kelopat mata atau pada kantung mata. Penyebab mata bintitan adalah infeksi bakteri stafilokokus, yang hidupnya di area mata manusia, terjadi karena pola hidup tidak bersih.

Umumnya bintitan tidak usah diobati dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika sangat mengganggu dan kamu ingin cepat menghilangkannya bisa mengompresnya menggunakan air hangat. Kompres 3 sampai 6 kali sehari dan minum obat pereda rasa nyeri untuk menghilangkan rasa sakitnya.

baca juga : Penyebab Sakit Mata dan Cara Menyembuhkannya

Mengobati mata bengkak karena konjungtivitas

Konjungtivitis merupakan inflamasi yang terjadi di selaput mata bagian depat atau konjungtiva yang membuat mata merah. Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk ke mata. Sakit ini mudah menular pada orang sekitar sehingga harus segera diatasi dengan obat mata bengkak yang tepat.
Ambil kapas atau kain lembut dan rendam ke dalam air dingin lalu, oleskan ke kelopak mata yang lengket atau bengkak. Selama penyakit ini berlangsung, sebaiknya jangan terlalu sering menyentuh mata dan kurang aktivitas di luar ruangan. Selain itu kamu bisa menggunakan obat-obat alami berikut ini.

Putih telur termasuk obat mata bengkak alami yang mempunyai beberapa manfaat sekaligus. Tak hanya mengobati mata bengkak, tapi juga dapat mengurangi kerutan dan garis halus. Caranya, pisahkan 2 butir putih telur dengan kuningnya. Lalu kocok putih telur sampai kaku. Usapkan putih telur itu ke mata yang bengkak dan biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan bersih.

Daun sirih
Kamu bisa menggunakan daun siri untuk mengobati mata bengkak. Siapkan 6 helai daun sirih yang segar, bersihkan daun itu. Lalu rebus bersamaan dengan 2 gelas air dan tambahkan sedikit garam dan biarkan mendidih. Angkat setelah mendidih dan dinginkan, lalu saring airnya tambahkan perasan jeruk nipis. Pakailah campuran itu untuk membersihkan mata dengan cara menuangkan sedikit air di piring, kemudian kedip-kedipkan matamu yang bengkak. Lakukan 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Itulah obat mata bengkak yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Tapi, jika mata sudah mengalami peradangan parah dan tak kunjung sembuh segeralah hubungi dokter.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top