Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Obat Alami untuk Mengatasi Rhinitis Alergi

Uncategorized

14 Obat Alami untuk Mengatasi Rhinitis Alergi

Hay Fever umumnya dikenal dengan sebutan Rhinitis Alergi artinya peradangan yang terjadi pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Gejala orang yang terkena rhinitis alergi ini mengalami bersin-berain, batuk-batuk, badan akan tersa lelah, mata yang gatal dan berair. Walaupun rhinitis alergi ini bukan salah satu penyakit yang membahayakan namun tetap saja dapat mengganggu  aktivitas sehari-hari anda, maka manfaatkan obat rhinitis alergi untuk menjaga kesehatan anda.

Penyebab utama dari rhinitis alergi ini ialah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap pemicu alergi. Rhinitis alergi juga dapat terjadi dari beberapa factor seperti factor keturunan, alergi jenis lain (asma), pajanan dari lingkungan dan paparan asap rokok. Untuk mengatasinya untuk mengatsi penyakit ini gunakan obat rhinitis alergi untuk membantu memulihkan kesehatan anda.

Obat Rhinitis Alergi, Obat Bersin Rhinitis Alergi, Obat Penyakit Rhinitis Alergi

1. Vitamin C

Vitamin C memiliki kandungan antihistamin yang baik sehingga mampu mengurangi gejala alergi, salah satunya rhinitis alergi. Sudah menjadi hal umum jika vitamin C digunakan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C juga tidak sulit di cari karena banyak sekali makanan yang mengandung vitamin C seperti tomat, paprika, kiwi, jeruk, brokoli, kentang dll. Asupan suplemen vitamin C setiap hari dengan dosis sesuai anjuran dokter akan membantu menyehatkan anda.

2. Minyak Kelapa dan Minyak Wijen

Dengan mengobati rhinitis alergi menggunakan kolaborasi minyak ini dapat menyembuhkan penyakit rhinitis alergi secara cepat. Karena kedua minyak ini memiliki kandungan menarik iritan dari tubuh penyebab alergi bahkan minyak ini juga dimanfaatkan untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Cara penggunaannya cukup mudah, anda hanya perlu mencampurkan kedua minyak ini kedalam mulut tetapi bukan untuk ditelan dan bukan untuk dikumur. Dengan perbandingan 1:1 sendok makan, cukup anda desirkan di area mulut selama 15 menit juga setelah itu kumur air hangat.

3. Pulus

Tanaman ini banyak di temukan di area hutan, pulus memiliki kandungan anti-inflamasi dan antihistamin tinggi yang dapat membantu menghilangkan gejala rhinitis alergi. Cara mengonsumsinya sangat mudah, ambil 1 sendok makan daun pulus kering seduh dengan air panas tunggu 5 menit, kemudian saring pulus dan tambahkan madu dan pulus siap di minum. Konsumsi pulus 2-3 kali sehari sampai gejala hilang.

Selain menggunakan cara diatas anda juga dapat menggunakan cara alternative, dengan mengonsumsi suplemen sesuai takaran yang dianjurkan, selama 1 minggu dosisnya 600mg. Agar lebih aman mengonsumsi pulus secara alternative lebih baiak anda konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Loading...

4. Jahe

Bumbu dapur satu ini sudah banayak orang tahu jika memiliki segudang manfaat, sebagai obat Rhinitis Alergi jahe merupakan pilihan pertama karena mengandung antihistamin natura. Tetapi pengobatan menggunakan jahe ini masih memiliki efek samping karena jahe sendiri memiliki kaya sifat antibakteri, anti-inflamasi, antiviral da peningkat umum.

Cara mengonsumsinya anda hanya perlu memarut jahe sebanyak 1 sendok makan dengan ditambah beberapa cengkih (kayu manis) secukupnya dicampurkan ke dalam secangkir air. Didihkan ramuan yang anda buat selama 5 menit kemudian saringlah air tersebut agar terpisah dari campuran jahe dan cengkih. Tambahkan perasan lemon dan madu murni. Baik diminum 3 kali daalam sehari sampai gejala hilang.

5. Air Garam Steril

Garam steril yang kerap kali dipakai melalui hidung untuk menghilangkan lender dari hidung yang terus mengalir. Caranya, campurkan sedikit baking soda dengan sesendok the garam ke dalam cangkir air hangat yang steril. Kemudian gunakan alat khusus yang dapat anda gunakan untuk menuang ke satu sisi lubang hidung dan biarkan larutan keluar dari lubang hidung satunya atau bisa juga dari mulut. Gunakan cara yang sama untuk lubang sisi yang berbeda lebih efektif jika anda gunakan setiap hari.

6. Bawang Putih

Penyedap masakan satu ini memiliki kandungan quercetin tinggi yang merupakan antihistamin, kandungan antiviral, antibakteri, dan anti biotik yang sangat tinggi sehingga baik bagi tubuh. Namun untuk pengobati menggunakan bawang putih jangan terlalu berlebihan karena akan menimbulkan efek samping. Cara mengobati agar cepat sembuh, kunyahlah 2-3 siung bawang putih bisa juga anda masukan ke dalam masakan.

7. Steam atau Uap

Dengan proses steam atau uap akan membantu melegakan hidung yang banyak lendir maupun yang teriritasi. Proses pengobatan ini anda hanya perlu menyiapkan air panas di baskom dan ditambahi dengan minyak kayu puti atau minyak lainnya yang dapat membantu melegakan hidung. Hirup uapnya selama 5-10 menit dan hembuskan nafas dari hidung ulangi sampai bebrapa kali sehingga dapat membantu menghilangkan gejalanya.

8. Cuka Sari Apel

Siapa yang tidak mengenal obat herbal satu ini, pastinya semua orang sudah mengetahui jika herbal satu ini memiliki banyak manfaat salah satunya untuk menyembuhkan rhinitis alergi. Antihistamin dan antibiotic yang terkandung pada cuka apel membantu mengurangi gejala rhinitis dan juga meningkatkan imun seseorang. Cara mengonsumsinya, cukup anda tuangkan 2 sendok teh cuka sari apel  ke segelas air hangat agar rasa lebih nikmat bisa anda tambahkan perasan lemon maupun madu murni.

9. Kunyit

Sering kali kita mendengar bahwa kunyit data mengobati bebrapa penyakit, karena antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki begitu tinggi selain itu kunyit juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang rendah. Cara mengonsumsinya cukup mudah dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya campurkan 6 sendok makan kunyit bubuk  dengan madu murni dengan takaran yang sama. Simpanlah kedalam wadah yang kedap udara konsumsi sebanyak 1 sendok teh 2 kali sehari.

Bisa juga anda campurkan bubuk kunyit ke dalam masakan sesuai takaran yang dianjurkan dokter. Kemudian anda juga bisa mengkonsumsi segelas susu kunyit hangat perhari.

10. Probiotik

Probiotik dapat digunakan sebagai obat yang paling ampuh, karena adanya probiotik lactobacillus acidophilus yang dapat menghilangkan gejalanya hilang dikit demi sedikit. Konsumsilah suplemen probiotik kualitas tinggi, selama kurang lebih 2 minggu di waktu pagi dan sore. Anda juga bisa memasukan yogurt probiotik kedalam diet harian agar daya tahan tubuh kembali meningkat

Baca Juga 33 Penyebab Penyakit Amenorea yang Membuat Menstruasi Terhenti

4 Obat Rhintis Alergi Lainnya:

11. Imunoterapi
12. Ace Maxs
13. Dekongestan
14. Nasal Kortikosteroid

Itulah beberapa obat rhinitis alergi yang bisa anda gunakan, agar lebih aman gunakan sesuai anjuran dokter. Lakukan pengobatan secara rutin dan teratur agar penyakit alergi tersebut bisa segera teratasi dengan baik.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top