Connect with us
close

Virtual.co.id

22 Obat Tradisional Alami untuk Mengobati Sakit Lutut

Uncategorized

22 Obat Tradisional Alami untuk Mengobati Sakit Lutut

Sakit lutut adalah nyeri pada sendi lutut, sakit pada lutut dapat dialami semua orang di segala usia tetapi paling rentan penyakit ini mengenai orang yang sudah lanjut usia. Sakit lutut dapat disebabkan karena cidera (pada tulang rawan dan kerusakan tendon), asam urat dll. Sendi lutut merupakan organ yang rentan mengalami kerusakan dan nyeri karena lutut fungsinya menopang berat tubuh, jika anda mengalami manfaatkan herbal obat sakit lutut.

Keparahan sakit lutut bervariasi, beberapa orang yang mengalami sakit pada sendi lutut biasanya hanya merasa sedikit sengatan. Selain itu ada juga orang yang mengalami sakit lutut merasa sangat nyeri sehingga orang yang sakit mejadi lemah dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika mengalami sakit lutut sebelum terjadi komplikasi sakit lutut seperti perubahan bentuk pada lutut, manfaatkan tanaman herbal sebagai obat sakit lutut.

Obat Sakit Lutut, Obat Alami Sakit Lutut, Obat Herbal Sakit Lutut

1. Gel Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang selalu hadir untuk menjadi obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sangat mudah anda temukan tanaman lidah buaya, jangan anda sia-siakan karena tanaman ini dapat dijadikan obat sakit lutut. Dalam gel lidah buaya mengandung senyawa aktif yang dapat mengatasi peradangan dan membantu kondisi jaringan menjadi cepat sehat. Terutama ketika anda memilki luka terbuka pada lutut akibat cidera.

Jika anda ingin menggunakan gel lidah buaya sebagai obat sakit lutut sabaiknya gunakan lidah buaya yang baru saja di petik kemudian aplikasikan langsung pada lutut yang mengalami cidera.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih sering kali digunakan sebagai obat untuk mengatasi kembung dan juga pusing dengan cara mengoleskan pada bagian badan yang mengalami sakit. Selain itu minyak kayu putih juga dapat mengatasi nyeri sendi karena senyawa utama dalam minyak kayu putih seperti tannin dapat memberi rasa hangat dan meredakan bengkak. Cara penggunaanya cukup anda oleskan pada lutut yang cidera jangan sampai diminum.


3. Jahe

Jahe biasanya di gunakan para ibu-ibu untuk campuran masakan karena selain dapat memberikan rasa yang lebih kuat jahe juga dapat menghilangkan bau amis. Senyawa yang di kandung oleh jahe dapat mengatasi bengkak pada sendi lutut dan mencegah peradangan dalam tubuh. Cara kerja senyawa dalam jahe sudah seperti obat medis golongan ibuprofen yang dapat mengurangi peradangan dengan cepat.

Loading...

4. Garam Epsom

Garam Epson mengandung bahan utama seperti magnesium sulfat yang dapat mengatasi rasa sakit degan cepat. Dalam garam Epson terdapat magnesium yang sangat tinggi sehingga mampu membuat kondisi nyeri sendi lutut berkurang.

Cara menngunakan garam Epson sebagai obat sakit lutut, yakni campurkan 2 sendok garam dengan air hangat kemudian aduk rata. Gunakan air campuran garam tersebut untuk mengompress lutut yang sakit.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dipercaya dapat mengatasi segala macam penyakit karena mengandung lemak sehat bagi tubh. Minyak zaitun memilki kandungan utama olechantal yang fungsinya dapat menghambat enzim penyebab sakit pada lutut.

Anda bisa mencoba minyak zaitun dengan cara mengoleskan pada bagian sendi lutut, selanjutnya diamkan beberapa saat hingga lutut terasa hangat. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun pada masakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan dari dalam.

6. Lada Hitam

Lada hitam biasanya di gunakan sebagai bumbu masakan, bentuk lada hitam tak jauh beda dari lada putih, hanya saja rasa pedas yang ditimbulkan lada hitam lebih kuat. Lada hitam juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi lutut yang sakit. Anda dapat mencoba cara tradisional ini di rumah ambil lada hitam secukupnya untuk di tumbuk kemudian campurkan sedikit air. Setelah itu aplikasikan pada lutut yang sakit biarkan selama beberapa menit.

7. Kayu Manis

Di negara China dan India kayu manis di gunakan sebaga campuran teh, karena aroma yang di hasilkan kayu manis lebih sedap dan juga menjadikan teh lebih nikmat. Kayu manis merupakan salah satu taaman yang sangat baik untuk nyeri sendi lutut karena mengandung senyawa fitokimia yang dapat melawan peradangan dan pembengkakan. Untuk pengobatan mengguankan kayu manis dapat anda konsumsi dalam bentuk teh atau bahan untuk mengompress.

8. Bawang Putih

Bawang putih juga masuk kedalam salah satu bumbu masakan yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya bawang putih dapat menyembuhkan nyeri sendi yang belum parah karena karena bawang putih mengandungan glukosinates dan zat antiperadang.

9. Buah Anggur

Obat tradisional yang dapat mengatasi nyeri sendi berikutnya yakni bah anggur. Buah anggur memilki senyawa yag dapat membuat sendi menjadi lebih lentur sehingga sangat nyaman di gunakan beraktivitas. Anda bisa mengonsumsi anggur dengan cara di jus lebih dahulu, untuk penyembuhan lebih cepat bisa anda kombinasikan dengan sayuran hijau mengandung pectin.

10. Kunyit

Kunyit merupakan obat untuk mengatasi sendi lutut yang baik, karena kandungan senyawa kurkumin tinggi yang ada di dalam kunyit dapat mengurangi nyeri pada sendi. Cara penggunaannya tidak sulit sediakan segelas susu (murni kalau bisa) kemudian tambah bubuk kunyit satu sendok teh selanjutnya rebus amuan tersebut. Setelah di rebus boleh langsung di minum agar rasa lenih enak tambahkan sedikit  madu murni.

Baca Juga 26 Cara Mengobati Paru Paru Basah Paling Ampuh

Itulah beberapa obat sakit lutut yang dapat anda terapkan di rumah, selain itu anda juga dapat memanfaatkan obat herbal lain untuk mengatasi sakit lutut

Baca Juga 26 Cara Mengobati Paru Paru Basah Paling Ampuh

12 Obat Sakit Lutut Lainnya:

11. Kompres Panas dan Dingin
12. Madu
13. Cuka Sari Apel
14. Temulawak
15. Daun Dewa
16. Sambiloto
17. Daun Landep
18. Pake Ekor Kuda
19. Lengkuas
20. Tanaman Cakar Kucing
21. Teh Hijau
22. Capsaicin

Manfaatkan herbal obat sakit lutut  yang ada di sekitar anda sebelum penyakit ini menjadi parah. Dengan cara mengobati secara herbal di percaya memilki efek samping yang tidak begitu tinggi sehingga tidak membahayakan atau menimbulkan penyakit bagi kesehatan tubuh. 

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top