Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Obat Tradisional Tangan Kesemutan yang Wajib Diketahui

Uncategorized

21 Obat Tradisional Tangan Kesemutan yang Wajib Diketahui

Kesemutan merupakan gangguan yang sangat umum terjadi pada bagian tangan dan kaki setelah melakukan aktivitas. Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kesemutan. Namun untuk menyembuhkan hal itu tidak perlu cara khusus dan akan hilang dengan sendirinya beberapa saat kemudian. Namun berbeda halnya dengan apabila tangan sering kesemutan. Bisa jadi hal ini merupakan tanda penyakit berbahaya dan kamu membutuhkan obat tradisional tangan kesemutan untuk mengatasinya.

Biasanya tangan mengalami kesemutan karena terhimpitnya pembuluh darah pada daerah tersebut. Akibat dari terhimpitnya aliran darah ini akan membuat tasa tidak nyaman pada bagian kaki dan semacam di kerumuni semut. Berikut ini merupakan beberapa obat tradisional tangan kesemutan yang dapat kamu coba.

Obat Tradisional Tangan Kesemutan, Obat Tradisional Alami Tangan Kesemutan, Obat Tradisional Mengatasi Tangan Kesemutan

1. Jahe merah

Salah satu obat tradisional tangan kesemutan yang sangat ampuh yakni jahe merah. Jahe merah dipercaya dapat menyembuhkan kesemutan terutama yang terjadi pada bagian tangan dengan cepat. Cara mengobatinya pun cukup mudah kamu hanya memerlukan beberapa jahe merah, daun dewa, temu hitam dan didihkan dengan air putih. Minum ramuan tersebut dua kali setiap hari.

2. Kulit manggis

Kulit manggis cukup populer beberapa waktu ini karena banyak produsen obat yang memproduksinya dalam bentuk ekstrak yang sangat instant. Kulit manggis memang dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk kesemutan pada daerah tangan. Hal ini dikarenakan kulit manggis mengandung xanthone yang berfungsi sebagai antioksidan baik yang dapat memperbaiki sel-sel rusak serta melindunginya.

3. Kulit sirsak

Kulit sirsak merupakan salah satu jenis obat tradisional yang banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit kesemutan tangan atau peradangan pada sendiri. Hal ini dikarenakan kandungan zat acetogennis didalamnya yang mampu untuk mengatasi masalah sendi dan otot.

4. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga ketenangan yang memiliki banyak sekali manfaat. Dengan sering melakukan yoga, kita bisa terhindar dari risiko kesemutan. Latihan ini merupakan salah satu bentuk pola hidup sehat yang dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya yang mengancam kehidupan.

Loading...

5. Olahraga

Kesemutan biasanya sering di akibatkan karena tubuh kekurangan gerak. Oleh sebab itu lakukan olahraga secara rutin untuk menghindari kesemutan. Selain itu dengan rajin berolahraga akan memiliki banyak manfaat dan tubuh akan menjadi bugar dan sehat.

6. Mengompres dengan air hangat

Hal sederhana lainnya yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kesemutan pada bagian tubuh yakni dengan menggunakan air hangat. Caranya cukup menggunakan handuk bersih yang dicelupkan air hangat kemudian kompreskan pada bagian tangan yang mengalami kesemutan. Lakukan cara ini secara teratur hingga kesemutan tidak datang kembali.

7. Mengkudu

Mengkudu merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama dalam hal mengatasi masalah kesemutan. Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan dua buah mengkudu, umbi dewa, biji matahari. kemudian rebus bersama air. Minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Minyak lavender

Minyak lavender merupakan obat tradisional berikutnya yang dapat kamu manfaatkan untuk mengusir kesemutan yang terus dialami pada bagian tangan. Selain itu banyak sekali manfaat lain dari minyak lavender ini seperti mengobati kurap atau menghalangi gigitan nyamuk.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga jangan dilewatkan dari daftar obat tradisional yang wajib dicoba untuk menghilangkan kesemutan pada tangan atau anggota badan lainnya. Dengan mengoleskan minyak zaitun secara merata pada bagian tubuh yang mengalami kesemutan, secara otomatis kesemutan akan hilang dengan sendirinya.

10. Kedelai

Kedelai merupakan bahan makanan yang tidak asing di Indonesia. Pasalnya kedelai banyak dimanfaatkan untuk menjadi makanan khas Indonesia seperti tahu, tempe, oncom, dan lain sebagainya. Dibalik rasanya yang lezat, kedelai juga menyimpan manfaat bagi kesehatan termasuk untuk mengatasi maslah kesemutan.

Baca Juga 12 Penyebab Pankreatitis dan Cara Mengobatinya

11 Obat Tradisional Tangan Kesemutan Lainnya:

11. Sage
12. Komamil
13. Indian goosebrry
14. Alpukat
15. Garam
16. Kunyit
17. Kayu manis
18. Ginko biloba
19. Minyak rosemari
20. Minyak kelapa
21. Vitamin

Itulah 21 obat tradisional tangan kesemutan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi obat–obatan tradisional tersebut kamu tidak perlu ragu untuk menggunakannya karena dengan takaran yang tidak berlebihan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya tentunya bisa memunculkan penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top