Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Tips Aman Melakukan Olahraga Lompat Tali untuk Wanita

Uncategorized

8 Tips Aman Melakukan Olahraga Lompat Tali untuk Wanita

Saat ini para wanita juga termasuk gemar melakukan olahraga lompat tali. Jika anda ingin memilih olahraga yang aman maka anda bisa melakukan olahraga lompat tali bagi wanita. Olahraga ini merupakan jenis olahraga ringan yang menggunakan alat bantu berupa tali khusus. Cara memainkannya dengan diputar menggunakan pergelangan tangan sebagai porosnya. Waktu untuk melakukannya juga bisa kapan saja.

Olahraga lompat tali untuk wanita saat ini sudah sangt populer. Jadi olahraga lompat tali tidak hanya dilakukan oleh para wanita namun juga bisa dilakukan pria. Olahraga lompat tali tidak hanya dapat memberikan bentuk tubuh ideal dan juga ramping namun juga dapat mencegah anda dari resiko osteoporosis. Berikut olahraga lompat tali bagi wanita yang perlu anda ketahui.

Olahraga Lompat Tali Bagi Wanita, Cara Olahraga Lompat Tali Bagi Wanita, Tips Aman Olahraga Lompat Tali Bagi Wanita

1. Panjang tali yang sesuai

Olahraga lompat tali untuk wanita, pertama-tama anda harus mengatur panjang tali sesuai dengan ukuran. Panjang tali dibuat dengan ukuran tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Jadi anda harus memperhatikan panjang tali agar memiliki panjang yang pas dan tak banyak bersisa sehingga panjangnya sudah cukup untuk bisa dilompati dengan nyaman tanpa tersandung oleh tali.

2. Melakukan pemanasan 

Sebelum melakukan tahap olahraga lompat tali selanjutnya anda bisa melakukan pemanasan terlebih dulu. Hal ini sangatlah penting dilakukan untuk menghindari tubuh agar tidak mudah cedera atau terasa pegal setelah melakukan olahraga lompat tali. Jika tubuh kaku karena tidak melakukan pemanasan maka anda bisa mengalami resiko kram pada bagian tangan dan kaki.

3. Gerakan lompat tali sendirian

Olahraga lompat tali untuk wanita bisa dilakukan dengan gerakan lompat tali sendirian. Pada gerakan ini, genggam pegangan tali di kedua tangan. Lebarkan kedua tangan sejauh 30,5 cm dan membentuk sudut 45 derajat untuk memperoleh lengkungan tali yang besar dan mudah dilompati. Kemudaian posisi tali harus menggantung di belakang sehingga bagian tengah tali menyentuh punggung kaki. Melompatlah, berdiri dengan ujung jari kaki dan pangkal jari kaki.

4. Atur kecepatan yang pas

Jika anda melakukan olahraga lompat tali juga harus mengatur kecepatan yang pas. Bagi pemula, sebaiknya tali diayunkan perlahan sehingga anda punya cukup waktu untuk melakukan lompatan tengah. Pertahankan dengan posisi punggung yang tegap dan pandangan tetap lurus ke depan. Jika anda melihat kaki ketika melompat, kemungkinan anda akan kehilangan keseimbangan.

Loading...

5. Lompat tali dengan trik criss-cross

Olahraga lompat tali untuk wanita selanjutnya anda bisa melakukannya dengan trik criss-cross. Jika anda sudah mahir melompat tali dengan ayunan ke depan, coba ayun ke belakang. Mulai dengan posisi tali di depan kaki dan lemparkan tali melewati kepala menuju punggung. Melompatlah sebelum tali mencapai punggung kaki. Untuk melakukan trik criss-cross, anda hanya perlu menyilangkan lengan di depan anda pada setiap lompatan tali.

6. Lompat tali dengan trik side-swing

Trik selanjutnya untuk olahraga lompat tali untuk wanita dengan menggunakan trik side-swing. Dimuali dengan tali yang dilipat menjadi dua selagi masih memegang kedua pegangan. Kemudian, gerakkan tali dengan menyilangkan tangan kanan di atas tangan kiri dan gerakkan menuju panggul kiri. Setelah itu, silangkan tali kembali sehingga tangan kanan kembali ke panggul kanan. Tangan kanan akan membentuk angka 8 menyamping di udara.

7. Melakukan istirahat 

Ketika anda sudah selesai olahraga lompat tali maka jangan lupa untuk melakukan istirahat. Waktu istirahat sangatlah dibutuhkan untuk tubuh agar tubuh tidak mudah merasa lelah dan capek. Olahraga lompat tali juga menguras energi yang banyak sehingga, jika dilakukan terlalu banyak akan membuat tubuh menjadi kelelahan dan banyak mengeluarkan keringat.

8. Waktu olahraga lompat tali

Anda bisa melakukan lompat tali pada pagi hari. Pada saat pagi hari tubuh sangat memerlukan gerak sehingga dengan bergerak akan membantu anda untuk melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Baca Juga 13 Menu Diet Mayo – Manfaat dan Aturan Diet Mayo

Itulah olahraga lompat tali untuk wanita. Jika para wanita bingung untuk memilih olahraga atau fitness yang tepat dan aman maka anda bisa melakukan olahraga lompat tali yang ringan namun juga menyehatkan bagi tubuh. tetaplah memperhatikan kesehatan anda dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top