Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Olahraga Tanpa Pemanasan dan Pendinginan

Uncategorized

15 Bahaya Olahraga Tanpa Pemanasan dan Pendinginan

Olahraga menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat. Ada yang melakukannya karena hobi,  kesehatan,  maupun karena kewajiban. Olahraga jika dilakukan dengan baik akan membuahkan kebaikan pada pelakunya.

Bagaimana olahraga yang baik? Olahraga yang baik adalah olahraga dalam porsi yang cukup. Kita tidak boleh menghabiskan 24 jam untuk olahraga, karena itu justru akan berefek buruk pada tubuh.  Olahraga yang baik juga diawali dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Apakah berbahaya jika kita olahraga tanpa melakukan pemanasan dan pendinginan? Berikut adalah macam-macam bahaya olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan:

1. Otot Menjadi Kaku

Sebelum olahraga kita diwajibkan untuk melakukan gerakan pemanasan untuk melemaskan otot kita. Karena jika kita langsung melakukan gerakan inti, otot kita akan kaget dan merasa kaku. Dan juga gerakan pendinginan juga sangat penting dilakukan, saat kita tidak melakukan pendinginan otot kita akan kaku keesokan harinya saat kita bangun tidur. Jadi jangan sampai kita olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan.

2. Nyeri Otot dan Persendian

Ketika kita diam kemudian tiba-tiba melakukan olahraga, otot dan persendian kita akan sakit karena secara tiba tiba kita melakukan gerakan dengan tempo yang cepat. Seharusnya kita melakukan pemanasan dulu agar otot kita terbiasa dengan gerakan-gerakan itu, dan pendinginan juga sangat penting agar kita tidak nyeri otot dan sendi, karena otot dan sendi kita akan kembali normal ketegangannya saat kita selesai melakukan pendinginan.

3. Mudah Mengalami Kram

Otot yang tegang karena tidak pemanasan lama kelamaan bisa membuat otot kita mudah kram. Akan sangat sakit bukan jika kita kram karena kesalahan kita sendiri melakukan olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan. Maka dari itu lakukanlah pemanasan dan pendinginan untuk mencegah otot kita kram.

4. Pegal Linu Selesai Olahraga

Pegal linu selesai olahraga bisa terjadi jika kita melakukan olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan karena otot kita tegang setelah kita berolahraga.

Loading...

5. Nyeri Kepala dan Pusing

Aliran darah kita tidak lancar saat kita olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan sehingga kita akan merasa pusing dan nyeri kepala.

6. Keringat Dingin

Keringat yang kita keluarkan bukanlah keringat yang sehat jika kita olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan. Malah justru keringat dingin yang membuat kita merasa tidak enak badan.

7. Mudah Lelah Padahal Baru Sebentar Olahraga

Olahraga tanpa melakukan pemanasan membuat kita lebih mudah lelah.  Sebenarnya saat kita melakukan pemanasan kita sedang menyesuaikan suhu tubuh normal kita dengan suhu tubuh saat kita olahraga.  Dan juga pemanasan sebelum olahraga kita sedang menyesuaikan denyut jantung kita dengan denyut jantung saat kita sedang berolahraga. Olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan sangat tidak dianjurkan.

8. Berkunang-Kunang dan Pingsan

Kita menjadi mudah lelah ketika kita olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan. Ini bisa menyebabkan mata kita berkunang-kunang dan pingsan. Bukannya kita menjadi sehat malah menjadi sakit.

9. Mengantuk Saat Olahraga

Pemanasan dapat memicu semangat kita dalam berolahraga. Itu sangat penting agar kita tidak merasa mengantuk saat berolahraga. Jika pagi hari kita olahraga mungkin kita masih loyo, dan pemanasan itu bisa membuat kita jadi tidak loyo lagi. Aneh bukan jika kita olahraga malah mengantuk dan tertidur? Maka jangan lakukan olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan pemanasan agar hal itu tidak terjadi.

10. Denyut Jantung Tidak Stabil

Di gerakan inti dalam olahraga jantung kita akan berdetak lebih kencang, sehinggal kita harus melakukan pendinginan agar menstabilkan denyut jantung kita. Jika tidak, akan bahaya untuk kesehatan kita. Jadi pendinginan sangatlah penting untuk dilakukan agar olahraga yang kita lakukan berguna untuk tubuh kita. Bukankah olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan sangat tidak sehat?

Baca Juga:15 Bahaya Menahan Buang Air Besar

5 Bahaya Olahraga Tanpa Pemanasan dan Pendinginan yang Lainnya:

11. Olahraga Menjadi Tidak Bermanfaat Sama Sekali
12. Kejang Otot
13. Demam Setelah Olahraga
14. Meriang
15. Rentan Mengalami Salah Urat atau Geser Persendian

Ternyata sangat bermacam-macam bahaya olahraga tanpa pemanasan dan pendinginan. Jadi sebaiknya jika kita menginginkan tubuh kita sehat setelah kita berolahraga atau olahraga yang kita lakukan mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh,  kita harus melakukan pemanasan dan pendinginan ketika olahraga.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top