Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Jenis Pantangan Makanan Ketika Haid

Uncategorized

10 Jenis Pantangan Makanan Ketika Haid

Wanita perlu mengetahui beberapa jenis pantangan makanan ketika haid agar tubuh tidak mengalami gangguan kesehatan saat tamu bulanan ini datang. Haid atau bahasa lainnya menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh wanita karena sel telur yang keluar tidak dibuahi. Sel telur ini pun kemudian keluar menjadi darah haid. Ada beberapa gejala yang akan dirasakan oleh para wanita ketika haid dan beberapa gejala tersebut pun bisa cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak wanita yang mengalami sakit dan nyeri saat haid di bagian perut. Ada pula yang moodnya menjadi tidak stabil dengan emosi yang tidak stabil pula. Gejala-gejala tersebut disebabkan oleh aktifnya hormone kewanitaan ketika haid. Hal ini pun menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan karena tidak semua jenis makanan yang dikonsumsi baik untuk tubuh ketika haid. Itulah mengapa banyak wanita yang pantang mengonsumsi makanan tertentu ketika haid.

10 Jenis Pantangan Makanan Ketika Haid

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis pantangan makanan ketika haid yang perlu Anda ketahui.

1. Makanan yang mengandung kafein

Sebisa mungkin bagi Anda yang sedang haid tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kafein. Kafein akan mempengaruhi hormone tubuh wanita dengan mengganggu aliran darah sehingga dapat menyebabkan pendarahan.

2. Minuman berkafein

Tidak hanya makanan berkafein saja yang perlu dihindari, namun minuman juga. Salah satunya adalah kopi. Ada baiknya Anda yang sedang haid lebih banyak mengonsumsi minuman sehat seperti jus buah alami dan air putih.

3. Gorengan

Jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita saat haid adalah jenis makanan dengan kandungan minyak yang cukup banyak. Hal ini berhubungan dengan makanan yang diolah dengan menyerap minyak cukup banyak, salah satunya adalah gorengan.

Loading...

4. Makanan manis

Wanita yang sedang haid sebaiknya juga tidak mengonsumsi banyak makanan yang manis. Kandungan gula yang banyak mengandung kalori juga akan membuat Anda mudah gemuk dan mudah terjangkit diabetes.

5. Junk food

Jenis makanan junk food seperti pizza dan hamburger bukanlah makanan yang patut Anda konsumsi setiap hari, apalagi jika Anda wanita yang sedang menstruasi atau haid. Junk food tidak mempunyai nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda ketika haid.

6. Makanan kaleng

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang dikemas, terutama makanan kaleng. Makanan jenis ini merupakan makanan yang diolah dengan menambahkan cukup banyak bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

7. Snack atau makanan ringan

Hindari makanan ringan atau camilan yang gurih dan juga asin seperti snack. Makanan ringan ini hanya akan membuat tubuh Anda merasa lapar terus menerus. Kandungan garamnya juga tidak baik untuk hormone wanita yang sedang haid.

8. Makanan dengan banyak kandungan MSG

Selain makanan yang mengandung banyak garam, wanita yang sedang haid juga perlu menghindari makanan yang mengandung banyak MSG. MSG adalah perasa makanan yang jika dikonsumsi terus menerus akan berdampak buruk pada tubuh.

9. Olahan makanan

Jenis makanan olahan seperi nugget, mie, dan juga bakso memang makanan olahan yang praktis dan enak untuk dikonsumsi. Namun makanan ini kebanyakan hanya banyak mengandung kalori yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

10. Kandungan lemak yang tinggi

Jika Anda penyuka daging, pastikan Anda hanya mengonsumsi daging tanpa lemak ketika haid. Lemak yang terdapat dalam makanan akan membuat haid Anda menjadi tidak lancar. Maka sebisa mungkin aturlah porsi makanan berlemak yang ingin Anda makan, terutama daging merah.

Baca Juga: 20 Manfaat Buah Erbis untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis pantangan makanan ketika haid yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top