Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Pantangan Makanan untuk Penderita Penyakit Ginjal

Uncategorized

16 Pantangan Makanan untuk Penderita Penyakit Ginjal

Ada jenis pantangan makanan untuk penderita penyakit ginjal yang perlu dihindari. Kesehatan Anda tidak hanya bergantung dari bagaimana Anda mengatur pola hidup yang baik, namun juga dari mengonsumsi jenis makanan yang sehat. Ada makanan yang perlu dikonsumsi penderita penyakit ginjal, namun juga ada yang tidak boleh dikonsumsi. Jika Anda mengonsumsi pantangan makanan tersebut, maka kesehatan ginjal Anda akan semakin terganggu.

Penyakit ginjal biasanya menyerang penderita yang sering mengabaikan pentingnya mengonsumsi air putih. Organ tubuh Anda yang satu ini bekerja untuk menyerap minuman yang Anda konsumsi. Kesehatan ginjal juga dapat terganggu jika Anda sering mengonsumsi minuman bersoda. Jangan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas dan menjanjikan kesembuhan yang cepat karena biasanya obat-obatan tersebut mengandung cukup banyak zat berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

16 Pantangan Makanan untuk Penderita Penyakit Ginjal

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis pantangan makanan untuk penderita penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui.

1. Nasi

Penderita ginjal tidak diperbolehkan mengonsumsi nasi terlalu banyak. Kandungan gula dan kalori yang terdapat dalam nasi akan merusak kinerja ginjal Anda. Aturlah pola makan Anda dengan menyesuaikan kebutuhan nasi untuk tubuh Anda.

2. Kentang

Selain nasi, Anda juga perlu mencegah tubuh Anda dari mengonsumsi kentang. Kentang hampir sama dengan nasi, mengandung cukup banyak kalori dan mineral yang berlebihan jika dikonsumsi cukup banyak. Hal ini akan merusak kesehatan ginjal Anda.

3. Gandum

Jenis makanan yang tidak mudah dicerna juga perlu Anda hindari untuk kesehatan ginjal, contohnya gandum. Gandum, roti gandum, dan jenis makanan gandum lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak akan membuat ginjal Anda terganggu kesehatannya.

Loading...

4. Umbi-umbian

Kandungan kalori dan gula yang terdapat dalam jenis umbi-umbian sebaiknya juga dihindari untuk penderita penyakit ginjal. Jenis kandungan tersebut jika masuk ke dalam tubuh terlalu banyak akan menyebabkan penyakit ginjal menjadi semakin parah.

5. Daging

Penderita penyakit ginjal mempunyai masalah dalam menyaring makanan yang masuk ke dalam tubuh, terutama jenis makanan yang mengandung protein hewani terlalu banyak. Itulah mengapa penderita penyakit ini tidak disarankan untuk mengonsumsi daging terlalu banyak.

6. Keju

Kandungan kalium yang cukup banyak pada keju tidaklah baik untuk penderita penyakit ginjal. Salah satu zat makanan yang perlu dihindari oleh penderita penyakit ini adalah jenis makanan yang mengandung banyak kalium.

7. Cokelat

Selain kalium, makanan yang mengandung potassium juga harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal. Kandungan potassium banyak ditemukan pada makanan berupa cokelat dan olahan cokelat lainnya yang banyak dibuat.

8. Buah-buahan

Jika kebanyakan orang yang menderita penyakit tertentu disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, hal ini berbeda untuk penderita penyakit ginjal. Kandungan mineral yang terlalu banyak dalam buah akan membuat ginjal Anda terganggu kesehatannya.

9. Sayuran

Organ ginjal Anda yang sedang terjangkit penyakit tidak dapat bekerja dengan baik, terutama dalam mengolah makanan dengan kandungan mineral yang terlalu banyak. Mineral ini dapat dengan mudah ditemukan pada jenis sayuran tertentu.

10. Telur

Penyaringan protein yang terlalu banyak pada telur juga tidak mudah untuk dicerna oleh ginjal Anda yang sedang sakit. Itulah mengapa bagi Anda yang menderita penyakit ginjal tidak dapat mengonsumsi telur dengan jumlah yang banyak.

Baca Juga: 12 Pantangan Makanan dan Kebiasaan untu Penderita Vertigo

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa pantangan makanan untuk penderita penyakit ginjal lainnya. Berikut ini 6 jenis makanan lainnya:

6 Pantangan Makanan untuk Penderita Penyakit Ginjal Lainnya

11. Gorengan
12. Kacang-kacangan
13. Makanan dengan pengawet
14. Garam
15. Gula
16. Makanan yang diolah dengan banyak minyak

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang pantangan makanan untuk penderita penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top