Connect with us
close

Virtual.co.id

Pantangan Makanan Saat Batuk Berdahak Agar Tidak Bertambah Parah

Uncategorized

Pantangan Makanan Saat Batuk Berdahak Agar Tidak Bertambah Parah

Ketika sedang batuk ada beberapa pantangan makanan saat batuk yang harus kamu hindari agar cepat sembuh. Batuk dan flu merupakan penyakit yang umum pada masa pancaroba dan musim hujan. Meski dianggap sebagai penyakit ringan, tapi batuk yang tidak segera sembuh bisa mengganggu aktivitas yang kita jalani.

Selain itu, batuk yang tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala panyakit serius, seperti TBC, Pneumonia, kanker paru-paru dan lainnya. Penyebab batuk paling umum yaitu infeksi virus dan bisa diatasi dengan pemberian antibiotik yang tepat. Namun, jika konsumsi antibiotik tidak tepat bisa mengakibatkan bakteri, virus atau kuman bertambah kuat dan tidak mempan lagi.

Untuk itu, pemilihan obat harus tepat, jangan asal konsumsi. Selain dengan minum, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan untuk membantu meredakan batuk. Di bawah ini makanan yang harus dihindari saat batuk berdahak :

Pantangan makanan saat batuk berdahak

Terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat batuk kering atau berdahak. Inilah penjelasannya!

Makanan pedas
Makanan yang dilarang saat batuk berdahak yang pertama yaitu makanan pedas. Makan makanan pedas ketika sedang sakit flu merupakan hal yang menyegarkan. Namun, bila flu dibarengi dengan batuk, sebaiknya kamu hindari makanan pedas. Sebab, makanan pedas bisa mengiritasi tenggorokan dan membuat batuk bertambah parah.

Makanan kering
Pantangan makanan saat batuk berdahak yang kedua yakni makanan kering. Ketika batuk, tenggorokan rasanya nyeri, kering seperti saat mengalami radang tenggorokan. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan kering yang berupa gorengan, biskuit, kacang-kacangan atau makanan kemasa akan memperparah kondisi tenggorokan.

Loading...

Pilih saja, makanan yang mudah ditelan dan dicerna oleh perut yakni makanan yang mengandung air dan teksturnya lembut seperti sup.

Makanan yang rasanya asam
Selain menjadi pantangan makanan bagi penderita asam lambung, makanan asam juga termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat batuk. Sebab, makanan asam bisa menyebabkan tenggorokan gatal dan sakit. Hindari juga makanan yang mengandung cuka dan vinegar. Jadi, jangan konsumsi jeruk, permen karet, lemon karena membuat batuk semakin parah.

Susu dan produk olahannya
Produk susu termasuk dalam golongan makanan yang harus dihindari saat batuk berdahak. Walaupun tinggi vitamin D yang berkhasiat untuk tulang dan gigi, tapi penderita batuk disarankan untuk menghindarinya. Karena produk susu bisa memicu rasa gatal di tenggorokan yang menyebakan munculnya rasa ingin batuk.

Alkohol dan merokok
Minuman keras seperti alkohol  merupakan pantangan makanan saat batuk berdahak. Sebab, alkohol dapat memperburuk kondisi tubuh ketika mengalami gangguan kesehatan. Tak hanya alkohol kamu juga harus menghindari merokok kalau sedang batuk. Jika tidak, batuk bertambah parah dan memicu resiko penyakit serius yang berkaitan dengan organ paru-paru. Pastikan kamu tidak merokok dan minum-minuman keras selama batuk.

baca juga : 6 Langkah Cepat Mengobati Flu

Kafein
Secangkir kopi panas sangat nikmat diminum pada pagi hari. Tetapi, sangatlah tidak baik bagi seseorang yang mengalami batuk. Mengkonsumsi minuman itu apat membuat gatal yang menggelitik pada tenggorokan. Untuk menyiasati keinginanmu itu, konsumsi saja teh jahe herbal yang lebih mendukungmu dalam meredakan batuk. Rasanya akan menenangkan tenggorokan.

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui makanan pereda batuk agar mempercepat kesembuhanmu.
Beberapa makanan dan buah yang bisa meredakan batuk adalah nanas, blueberry, tomat dan sup hangat. Selain itu, minum air putih yang banyak selama kondisi ini sehingga tubuhmu terhidrasi dengan baik. Jangan lupa berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, itulah beberapa makanan yang dilarang saat batuk berdahak. Mengetahuinya sangatlah penting untuk mempercepat kesembuhanmu sehingga bisa beraktivitas lagi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top