Connect with us
close

Virtual.co.id

35 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Anemia

Uncategorized

35 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Anemia

Anemia adalah salah satu penyakit yang sebagian besar warga di Indonesia mengalaminya dan jika anemia ini sudah kambuh akan sangat mengganggu aktivitas yang ada. Anemia merupakan suatu penyakit yang mana sel darah merah atau biasa di sebut dengan hemoglobin berada pada dibawah normalnya darah atau kurang darah. Hemoglobin merupakan bagian utama dari sel darah merah yang memiliki fungsi untuk mengikat oksigen yang kemudian disebar keseluruh tubuh.

Apabila ada seseorang yang mengalami kekurangan darah dan juga hemoglobin maka tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik karena kekurangan  oksigen dalam tubuh. Untuk gejala anemia sendiri seperti lesu dan juga lemah bagi yang menderita penyakit anemia ini. Bagi Anda yang belu terserang anemia maka perlu melakukan pencegahan dan apabila sudah terlanjur terkena anemia Anda pun perlu melakukan pengobatan.

35 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Anemia

Pencegahan Penyakit Anemia:

1. Memakan makanan yang mengandung zat besi
2. Pola makan yang teratur
3. Memakan makanan yang sehat
4. Minum air mineral secukupnya
5. Mengurangi minum alcohol

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk penyakit anemia ada banyak alternatif. Berikut beberapa pengobatan anemia yang bisa Anda lakukan….

1. Periksa darah

Ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan darah kepada dokter dengan teratur untuk mengetahui kadar hemoglobin yang ada dalam tubuh Anda. Sangatlah di anjurkan untuk ibu hamil untuk melakukan cek kadar darah dan jika Anda mengalami gejala- gejala yang cocok dengan gejala anemia maka segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut lagi.

2. Istirahat yang cukup

Untuk waktu istirahat yang baik dalam sehari adalah sekitar 6 sampai 8 jam untuk orang dewasa. Dengan menerapkan istirahat yang teratur dalam keseharian maka akan menormalkan kadar sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, dengan menerapkan pola tidur yang benar dan cukup maka Anda  tidak akan cepat letih dan cepat lelah.

Loading...

3. Melakukan senam

Untuk penderita anemia memang akan mudah sekali merasakan lelah dan juga letih jika melakukan aktivitas yang cukup padat. Untuk itu sangat di anjurkan untuk melakukan olahraga yang ringan seperti senam karena dengan melakukan banyak gerak saat senam dapat menambah stamina dan energy dalam tubuh.

4. Jalan kaki pada pagi hari

Untuk olah raga yang selanjutnya adalah dengan melakukan jalan kali pada setiap pagi karena memang untuk para pengidap anemia sangatlah di anjurkan untuk sering melakukan jalan kaki pada pagi hari. Anda dapat melakukannya sekali dalam seminggu dengan jarak 20 mil yang dapat meningkatkan metabolism dalam tubuh.

5. Penuhi asupan zat besi

Dengan menambah zat besi dalam tubuh ini akan sangat berguna untuk menambah energi dan juga stamina dalam tubuh. Karena zat besi ini sangatlah dibutuhkan dalam kandungan darah dan juga memiliki peranan yang penting untuk mengangkut oksigen yang disuplai dalam paru- paru dan juga jantung.

6. Penuhi asupan vitamin C

Selain dapat mengatasi dan juga mengobati sariawan vitamin C ini juga sangatlah membantu untuk mengatasi anemia. Vitamin C ini memiliki kandungan asam askorbat yang terdapat dari berbagai macam buah seperti jeruk, tomat dan juga stroberi dan asam askorbat inilah yang dapat membantu zat besi menyerap lebih mudah dalam tubuh.

7. Makan buah jeruk

Karena vitamin C ini adalah sebagai pendukung dari terserapnya zat besi dalam tubuh maka Anda dapat mengkonsumsi jeruk yang salah satu buah yang mengandung vitamin C yang paling banyak. Di dalam jeruk ini selain vitamin C juga ada kandungan antioksidan, asam folat serta serat yang baik untuk tubuh.

8. Makan jambu biji

Jambu biji selain dapat mengobati diare namun juga dapat mengatasi penyakit anemia karena jambu ini juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan buah ini juga sangatlah berguna untuk menaikkan kembali hemoglobin dalam darah.

9. Konsumsi papaya

Buah pepaya juga dapat digunakan untuk mengobati kurang darah karena memiliki asam folat dan juga vitamin C yang sangatlah baik . Untuk yang menderita darah rendah, buah pepaya adalah salah satu pilihan terbaik.

10. Konsumsi buah tomat

Buah tomat juga menjadi salah satu buah yang dapat mengatasi sakit anemia karena buah tomat memiliki kandungan likopen dan juga vitamin C yang sangat banyak dan juga buah tomat dapat membantu cepatnya zat besi menyerap ke dalam tubuh.

Baca juga : 20 Pencegahan dan Pengobatan Cegukan Terus Menerus

20 Pengobatan Anemia Lainnya:

1. Konsumsi tebu
2. Konsumsi buah delima
3. Makan buah stroberi
4. Makan sereal
5. Konsumsi biji wijen
6. Konsumsi beras merah
7. Makan roti gandum
8. Konsumsi bayam
9. Makan sawi
10. Makan kembang kol
11. Makan kangkung
12. Konsumsi kentang
13. Makan Ikan salmon
14. Konsumsi daging merah
15. Konsumsi ikan baronang
16. Makan kacang almond
17. Konsumsi hati ayam
18. Konsumsi telur
19. Konsumsi Kismis
20. Kurangi minuman beralkohol dan berkafein

Itulah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 30 pencegahan dan pengobatan anemia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….
 

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top