Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Darah Tinggi

Uncategorized

25 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Darah Tinggi

Darah tinggi atau dalam dunia medis di sebut dengan hipertensi ini adalah yang mana suatu kondisi yang mana tekanan darah yang tinggi dan dapat membuat penderita mengalami kerusakan jantung dan juga kerusakan pada system vascular, kemudian stroke, gagal jantung dan masih banyak lagi. Dan untuk satu- satunya jalan untuk mengetahui apakah tekanan darah Anda tinggi atau normal yakni dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah atau biasa disebut tensi darah.

Hampir semua orang dapat mengalami tekanan darah tinggi ini dan darah tinggi atau hipertensi ini adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan dapat sampai mengakibatkan kematian sehingga mencapai 31% populasi dari Negara Indonesia. Hipertensi atau darah tinggi sering disebut dengan pembunuh diam- diam karena memang gejalanya tidak sampai muncul dalam jangka panjang jadi banyak yang mengira bahwa yang mereka rasakan bukan hal yang berbahaya.

20 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Darah Tinggi

Pencegahan Darah Tinggi

1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat
2. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah
3. Kurangi minum alkohol
4. Kurangi makan makanan yang berlemak
5.  Istirahat yang cukup

Berikut beberapa pengobatan untuk penderita darah tinggi…

1. Bawang putih

Untuk penderita darah tinggi, Anda dapat mencoba pengobatan alami dengan menggunakan bawang putih yang memang sudah terkenal untuk mengobati darah tinggi. Bawang putih ini memiliki zat yang dapat membuat darah lebih encer dan sangat efektif untuk mengatasi hipertensi dan juga sangat berguna untuk kesehatan jantung.

2. Menggunakan wortel

Wortel sangatlah berguna untuk menurunkan darah tinggi karena memiliki antioksidan, beta- karoten, vitamin A, dan vitamin C. Antioksidan sangat bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas pada tubuh dan selain itu, wortel memiliki kalium yang sangat baik dan dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan juga mampu membuat tekanan darah tinggi menjadi normal.

Loading...

3. Tomat

Tekanan darah tinggi dapat Anda atasi dengan menggunakan tomat karena tomat memiliki kandungan seperti vitamin E, anti oksidan dan juga kalium yang sangat berfungsi untuk menurunkan darah tinggi. Selain itu, tomat juga dapat mencegah penumpukan lemak pada arteri.

4. Mengonsumsi seledri

Dahulu di Negara China biji seledri dipercaya dapat digunakan untuk menurunkan darah yang tinggi. Tumbuhan seledri adalah salah satu serat yang memiliki serat dan dapat berperan sebagai diuretic yang dapat mengontrol kelebihan dari air pada jantung dari tubuh dan sehingga dapat menurunkan hipertensi pada penderita.

5. Buah delima

Buah delima merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan juga kaya akan antioksidan yang cukup tinggi seperti fitokimia, yang berfungsi sebagai antioksidan alami dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Selain itu, buah delima ini memiliki kandungan punicalagin merupakan zat yang dapat meningkatkan fungsi jantung, pembuluh darah, menurunkan kolesterol jahat meningkatkan kolesterol baik, menurunkan tekanan darah tinggi, dan membalikkan efek penyumbatan arteri.

6. Kombinasi buah bit dan lobak

Dengan menggunakan buah bit dan juga lobak ini dapat menurunkan darah tinggi dengan cepat karena buah bit dan lobak ini memiliki kandungan asam nitrat yang sangat tinggi dan juga dapat memperbaiki vasodilatasi. Dan asam nitrat ini juga sangatlah berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, mengatur tekanan darah, mengurangi peradangan endotel, dan agregasi platelet atau memperbaiki system yang sudah rusak.

7. Menggunakan minyak wijen

Minyak wijen ini memiliki kandungan omega 6, asam lemak tak jenuh, sesamin dan juga vitamin E yang sangat bagus untuk membantu menurunkan darah tinggi dan juga dapat menurunkan diabetes. Zat sesamin yang ada pada minyak wijen ini dapat menurunkan kadar tekanan darah dan juga mampu mengurangi penyerapan kolestrol di tubuh.

8. Menggunakan jahe

Dengan menggunakan jahe ini dapat dipastikan bahwa Anda akan terbebas dari darah tinggi karena memang darah tinggi itu memiliki senyawa yang dapat mengencerkan darah yang menggumpal dan kemudian dapat memperlancar aliran darah pada tubuh. Dan juga dapat membantu mengurangi prevalensi serangan jantung atau stroke.

9. Air kelapa

Air kelapa ini memiliki kandungan kalium dan magnesium elektrolit yang sangat banyak sehingga bagus untuk otot jantung. Tekanan darah yang tinggi juga dapat turun dengan menggunakan air kelapa sebagai potasium hemat diuretik yang mampu mengatur kelebihan air dari tubuh, serta mempertahankan potasium penting.

10. Cabai

Cabai juga sangat dipercaya untuk menurunkan darah tinggi karena juga memiliki senyawa yang dapat menurunkan hipertensi.

Baca Juga: 17 Pencegahan dan Pengobatan Leukosit Tinggi


10 Pengobatan Darah Tinggi Lainnya

1. Banyak mengkonsumsi coklat
2. Mengkonsumsi kapulaga
3. Memperbanyak mengkonsumsi vitamin D
4. Memperbanyak makan makanan yang memiliki kandungan omega 3
5. Rutin melakukan olah raga seminggu 2 kali
6. Rileks
7. Konsumsi timun
8. Konsumsi daun alpukat
9. Gunakan ramuan belimbing wuluh
10. Jangan stres

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 20 pencegahan dan pengobatan darah tinggi. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top