Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Pencegahan dan Pengobatan Kram Perut pada Wanita Hamil

Uncategorized

20 Pencegahan dan Pengobatan Kram Perut pada Wanita Hamil

Ketika hamil dan merasakan kram pada bagian perut dan itu adalah hal yang sangat tidak mengenakkan dalam masa  hamil. Memang dalam masa kehamilan, ibu hamil yang merasakan kram perut yang memang lumrah terjadi pada saat hamil. Pada dunia kesehatan kram perut saat hamil adalah respon Rahim terhadap apa saja yang akan menstimulasi.

Sebenarnya kram perut akan muncul jika setelah mengalami kontraksi pada perut dan ini berarti rahim mengalami kontak degan stimulasi dari sekitarnya seperti kandung kemih ataupun pada saat beraktivitas berat. Dan walaupun kram perut saat hamil tidak bermasalah namun Anda dapat melakukan pencegahan dan juga pengobatan apabila kram perut datang.

20 Pencegahan dan Pengobatan Kram Perut pada Wanita  Hamil

Pencegahan kram perut pada wanita hamil

1. Tidak melakukan hubungan intim terlalu sering
2. Tidak boleh beraktivitas terlalu berat
3.  Tidak mengkonsumsi kopi
4. Jangan meminum alkohol
5. Jangan banyak minum teh

Pengobatan untuk kram perut pada wanita hamil harus Anda pelajari agar siap sewaktu-waktu terjadi. Berikut beberapa pengobatan kram perut pada wanita hamil yang wajib diketahui…

1. Menggunakan handuk hangat

Untuk cara pengobatan yang pertama adalah dengan mengompres perut dengan menggunakan handuk hangat karena suhu hangat dari air hangat ini dapat membantu untuk membuat otot menjadi lebih rileks dan juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat kram perut. Dan Anda dapat melakukan hal ini jika Anda mengalami kram perut tersebut.

2. Minum air putih

Kemudian untuk pengobatan yang kedua adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih pada saat Anda merasakan kram perut. Karena air putih sendiri bisa membantu untuk mengurangi asam pada lambung. Anda dapat mengkonsumsi air putih ini setiap hari sebanyak 8 gelas agar tubuh Anda pun tak mengalami dehidrasi pada saat hamil.

Loading...

3. Pola makan yang sehat dan teratur

Lalu yang selanjutnya adalah mengubah pola makan yang biasanya memakan makanan yang tidak sehat menjadi mengkonsumsi makanan yang sehat dan memang cara yang satu ini sangatlah efektif. Sangat di anjurkan untuk menghindari memakan makanan yang pedas, berlemak, dan minuman yang berkarbonasi. Dan sangat baik jika wanita hamil memakan dengan prlahan seperti mengunyah makanan dengan benar agar sistem pencernaan bekerja dengan sempurna.

4. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki

Banyak orang yang mengatakan bahwa dengan sering melakukan jalan kaki maka akan semakin mudah dalam proses bersalinnya. Dan memang itu adalah benar namun, selain itu wanita hamil yang sering berjalan kaki akan lebih terhindar dari namanya kram perut dan juga dapat mengurangi rasa sakit pada saat kram perut berlangsung.

5. Bersepeda atau berenang

Dengan melakukan olahraga yang ringan memang sangatlah membantu untuk mengurangi rasa sakit dari kram perut saat hamil. Dan tak hanya itu saja namun juga dapat meminimalisir kram perut datang. Anda dapat melakukan olah raga ini secara teratur dengan sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 20- 30 menit setiap kali latihan.

6. Mengonsumsi makanan hambar

Untuk pengobatan yang selanjutnya dalam mengatasi kram perut dengan mengkonsumsi makanan yang hambar seperti, nasi, crackers, pisang atau roti tawar dan sampai perut kembali normal.

7. Menggunakan tanaman kapulaga

Tanaman kapulaga ini adalah tanaman yang memang sudah sering digunakan pada zaman dahulu untuk mengatasi kram perut saat hamil dan Anda juga perlu untuk mencobanya. Anda dapat mengkonsumsi ini dengan cara diminum air resbusan dari tanaman ini.

8. Dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit

Kemudian untuk yang selanjutnya adalah Anda dapat juga mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang di anjurkan oleh dokter hamil yang dapat mengurangi nyeri pada saat kram perut terjadi. Hindari mengkonsumsi obat yang bukan dari dokter hamil karena bisa berakibat fatal seperti kram perut akan terasa lebih sakit.

9. Beristirahat dengan teratur

Memang pada dasarnya wanita hamil tidak boleh melakukan berbagai aktivitas yang terlalu  berat karena dapat membahayakan janin seperti halnya mengalami kram perut. Dan itulah sebabnya wanita hamil sangat di anjurkan untuk lebih banyak beristirahat dan dengan beristirahat ini dapat mengembalikan asupan oksigen ke seluruh tubuh dan tentu bagian perut.

10. Refreshing

Kemudian untuk pengobatan yang lainnya adalah dengan sering melakukan refresing karena memang pada wanita hamil sangatlah mudah untuk terserang depresi dan tentu saja itu akan mempengaruhi kondisi perut saat hamil dan kram perut akan terjadi. Akan lebih baik jika wanita melakukan refresing dengan liburan dengan berjalan-jalan untuk menghilangkan stress pada wanita hamil

Baca Juga: 20 Pencegahan dan Pengobatan Ambeien

5 Pengobatan Kram Perut Wanita Hamil Lainnya:

1. Sering melakukan pijatan pelan pada perut
2. Sering berbaring
3. Tidur dengan cukup
4. Bergerak aktif namun bukan aktivitas berat
5. Tidak boleh lelah

Nah, itulah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai pencegahan dan juga pengobatan kram perut pada wanita hamil. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top