Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Cara Pencegahan TB Paru yang Paling Efektif

Uncategorized

14 Cara Pencegahan TB Paru yang Paling Efektif

Tuberkulosis adalah penyakit paru-paru yang sangat sering terjadi pada penduduk di berbagai negara khususnya di Indonesia. Jumlah penderita penderita Tuberkulosis atau TBC semakin bertambah tiap tahunnya. TBC dapat menyerang siapapun segala usia mulai dari anak-anak hingga orang tua, jadi diperlukan pencegahan TB paru dengan benar.

Untuk melakukan pengobatan TB paru, diperlukan tenaga medis atau dokter spesialis agar penangannya dilakukan dengan tepat dan efektif. Namun, anda dapat melakukan pencegahan TB paru sendiri agar dapat terhindar dari penyakit ini. Berikut akan kami paparkan beberapa pencegahan TB paru yang bisa anda lakukan.

Pencegahan TB Paru, Cara Pencegahan TB Paru, Pencegahan Penyakit TB Paru

1. Cukupi istirahat anda

Cara pencegahan TB paru yang pertama adalah dengan mencukupi istirahat anda. Lakukan tidur minimal 6 jam di malam hari dan tidur siang dengan cukup sekitar 2 jam. Hal ini akan membuat tubuh lebih fresh dan kekebalan tubuh akan lebih kuat untuk melawan penularan TBC yang terjadi.

2. Jaga pola makan sehat dan bergizi

Dengan menjaga pola makan tetap sehat dan bergizi adalah hal bijak yang dapat anda lakukan untuk terhindar dari segala jenis penyakit, termasuk TBC. Cukupi kebutuhan terhadap Karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan protein secara cukup dan tidak berlebihan sesuai takaran yang dibutuhkan tubuh.

3. Cegah menggunakan Masker

Menggunakan masker akan berguna untuk melindungi pernapasan anda dari bahaya apapun, seperti asap rokok, polusi di jalanan dan serangan paru-paru yang dapat ditularkan seperti TBC. Hal ini, dikarenakan masker dapat menyaring udara yang terhirup dan tidak langsung masuk kedalam paru-paru.

4. Hindari bersin dan batuk dari penderita TBC

Penularan penyakit TBC terjadi melalui bersin dan batuk oleh penderita TBC, jadi tetap jaga jarak dengan penderita TBC. Anda dapat menggunakan obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar dapat melawan bakteri TBC yang terlanjur ditularkan, atau menggunakan masker untuk menyaring udara yang dihirup.

Loading...

5. Menjaga jarak dengan penderita TBC

Menjaga jarak dengan penderita TBC adalah hal yang cukup bijak untuk mencegah terjadinya TBC pada diri anda, karena TBC akan menular lewat bersin dan Batuknya. TBC disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi paru-paru, dan hal itu akan cepat menular saat penderita TBC sedang bersin dan Batuk.

6. Hindari melakukan aktivitas berat

Saat anda melakukan aktivitas berat, itu artinya tubuh anda akan dipaksa bekerja diluar kemampuan atau batas tubuh anda. Sebaiknya jangan lakukan pekerjaan berat itu secara mendadak, lakukanlah dengan bertahap. Ha ini akan bermanfaat untuk memelihara tubuh anda dan sistem imun.

7. Berhenti minum minuman alkohol

Meminum alkohol sangat merugikan terhadap kesehatan tubuh anda, maka hindarilah untuk minum minuman beralkohol, untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Lkohol juga akan menyerang organ vital anda, yaitu jantung dan otak. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lemah dan mudah terserang TBC

8. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar anda

Dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tidak ada salahnya, karena banyak manfaat yang akan didapatkan dengan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar anda. Hal itu juga akan bermanfaat untuk mencegah terjadinya TBC yang mungkin mengintai anda. Dengan lingkungan yang bersih akan didapati udara yang bersih pula.

9. Saat sedang sakit, tetaplah istirahat didalam rumah

Saat sedang sakit apapun, tubuh anda akan mengalami penurunan sistem imun. Dimana, hal itu akan membuat risiko terkena TBC menjadi lebih besar. Dengan tetap berada di rumah dan menjaga jarak dengan penderita TBC adalah yang terbaik dilakukan untuk mencegah terjadinya TBC.

10. Hentikan kebiasaan Merokok

Merokok adalah menghirup asap kedalam paru-paru, jadi dengan berhenti merokok akan bermanfaat untuk kesehatan paru-paru dari berbagai penyakit, termasuk TBC. Tidak ada ruginya anda berhenti merokok, malah anda akan mersa lebih fit dan lebih sehat. Zat nikotin yang ada dalam rokok dapat membuat paru-paru menjadi rentan terserang penyakit TBC.

Baca Juga 6 Cara Melakukan Pencegahan Bibir Sumbing pada Calon Bayi

11. Lakukan Pemeriksaan pada dokter saat anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh
12. Waspada terhadap batuk berdarah
13. Hindari menggunakan alat untuk makan dengan penderita TBC
14. Olahraga kardio dengan cukup untuk membersihkan paru-paru

Itulah beberapa cara untuk melakukan pencegahan TB paru yang dapat anda lakukan untuk melindungi diri anda dan keluarga dari penyakit TBC. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bisa mencegah anda dari penyakit TBS. Segera lakukan penolongan dengan tepat, dengan cara membawa ke dokter.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top