Connect with us
close

Virtual.co.id

Pengharum Ruangan Alami yang Menyehatkanmu

Uncategorized

Pengharum Ruangan Alami yang Menyehatkanmu

Setiap orang pasti ingin mempunyai aroma ruangan yang harum dan disukai banyak orang. Kondisi ruangan akan mempengaruhi kenyamanan dan mood setiap orang yang berada di dalamnya. Beberapa orang sering menambahkan pengharum ruangan sebagai langkah relaksasi dan penanda kalau udara ruangan bersih. Tapi, jika menggunakan pengharum ruangan bahan kimia, mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan. Untuk itu, kamu perlu tahu bagaimana cara membuat pengharum ruangan alami.

Tahun 2005 silam Buerau European des Unions de Consommateurs telah menerbitkan hasil studi banding tentang pengharum ruangan. Mereka menelitin senyawa organik volatil atau VOC dan aldehida yang terkandung pada pengharum ruangan. Hasilnya terungkap bahwa kadar neurotoksin yakni racun yang meneyrang sistem saraf yang dihasilkan udara melebih kadar aman VOC. Hal itu dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti, iritasi mata, kulit dan tenggorokan, mual, pusing, asma, sesak napas, sakit liver, dan anesthesia bakan bisa juga koma.

Begitu banyak bahaya yang ditimbulkan oleh pengharum ruangan bahan kimia, marilah membuat bahan pengharum ruangan alami sendiri di rumah. Langsung yuk, simak apa saja bahannya dan bagaimana langkah pembuatannya.

Pengharum ruangan alami

Lemon dan vanili
Untuk menimati suasana musim semi, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, tapi rasakan saja aroma musim semi buatanmu sendiri. Yang kamu butuhkan untuk membuatnya adalah 2 buah lemon segar, 1sdt vanili dan 2 batang rosemary. Langkah membuatnya, potong lemon menjadi beberapa bagian dengan ketebalan ½ cm. Llalu, masukkan semua bahan ke dalam panci dengan 2 liter air, kemudian rebus sampai mendidih. Apabila sudah beraroma wangi, matikan kompornya dan simpan dalam botol bekas yang bersih.
Taruhlah bahan alami ini di setiap sudut ruanganmu dan rasakan sensasinya ketika berada di ruangan itu.

Hawa musim semi dan ketenangan bisa kamu nikmati tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Aroma lemon yang semerbak membantumu dalam merefreskan pikiran yang penat karena seharian bekerja. Praktekkan segera cara membuat pengharum ruangan alami ini.

Kombinasi lemon dan jeruk nipis

Loading...

Lemon dan jeruk nipis merupakan tanaman pengharum ruangan yang banyak disukai. Cara membuat pengharum kamar alami ini yang harus kamu siapkan adalah 1 buah lemon, 1 jeruk nipis, 1 buah jeruk citrus, alkohol sesuai selera, air secukupnya dan botol parfum kosong.

Prosesnya, potonglah jeruk nipis, lemondan jeruk citrus secara melintang jangan terlalu tebal. Kemudian, tuangkan alkohol secukupnya ke dalam wadah yang mempunyai tutup disusul dengan semua jeruk. Biarkan semalaman atau semakin lama semakin kuat aromanya. Setelah itu, saring irisan jerung, lalu tuangkan air endapan ke botol parfum dan tuangkan air secukupnya.

Campuran cuka dan kulit jeruk

Kamu ingin mempunyai ruangan dengan aroma terapi yang menyegarkan? Terapkan cara membuat pengharum ruangan dari kulit jeruk dan cuka putih. Gunakan teknik garbage disposal dengan mendinginkannya dan hasilnya menakjubkan. Pertama-tama kamu harus menyiapkan bahanya seperti cuka putih, kulit jeruk secukupnya dan nampan es atau loyang muffin.

baca juga : Manfaat Tersembunyi Dari Baby Oil

Cara pembuatannya, letakkan kulit jeruk di nampan es batu secukupnya. Kemudian, tambahkan cuka putih ke dalamnya dan bekukan di lemari es sampai padat. Untuk mengeluarkannya dari nampan, gunakan pengoles mentega atau pisau. Pelan-pelan ya, jangan sampai rusak. Lalu simpan di ruanganmu, pasti membuatmu tenang dan menghilangkan stres seharian.

 

Potpourri

Potpourri merupakan pengharum ruangan alami yang tepat bagi pecinta tanaman. Jika kamu biasanya menghiasi ruangan dengan bunga segar supaya harum baunya, sekarang cobalah ganti dengan tanaman bunga kering. Percayalah kalau aroma bunga kering tidak kalah harum dengan bunga segar. Siapkan bunga kering, bisa mawar, melati atau lavender. Minyak esensial atau minyal lavender dan rempah-rempah yang berupa cengkeh dan batu-batuan kecil. Jangan lupa toplesnya.

Caranya, tempatkan bunga kering yang kamu siapkan ke dalam wadah atau pot yang indah. Tambahkan minyak esensial ke dalamnya dan tutup wadah tersebut selama beberapa minggu, agar bunga menyerap minyak esensial. Setelahnya kamu hiasi bunga-bunga dengan pernak-pernik yang kamu sukai. Saat sudah siap letakkan di meja atau tempat lainnya yang kamu rasa tepat.

Gampang ya, cara membuat pengharum ruangan alami yang menyehatkan. Dengan mengatahui hal ini kamu bisa mempunyai ruangan dengan aroma kesukaanmu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top