Connect with us

Virtual.co.id

16 Pengobatan Penyakit Hernia Tanpa Melakukan Operasi

Uncategorized

16 Pengobatan Penyakit Hernia Tanpa Melakukan Operasi

Hernia atau turun berok adalah penyakit yang terjadi  ketika organ tubuh menekan  ataupun mencuat melalui jaringan otot. Keadaan ini akan semakin bertambah buruk apabila tidak segera ditangani. Untuk penanganannya, hernia dapat diobati dengan operasi ataupun pengobatan hernia tanpa operasi.

Hernia dapat dipicu oleh beberapa hal seperti kehamilan,konstipasi, penumpukan cairan dan juga seringnya mengangkat beban berat. Apabila timbul hernia segeralah konsultasi pada ahli kesehatan serta lakukan penanganan yang benar, misalnya melakukan pengobatan hernia tanpa operasi.

Pengobatan Hernia Tanpa Operasi, Pengobatan Hernia Alami, Pengobatan Hernia Tanpa Operasi Tradisional

1. Daun sirsak

Pengobatan hernia tanpa operasi yang pertama adalah dengan mengkonsumsi daun sirsak. Untuk mendapat khasiat dari daun sirsak dapat dilakukan dengan mudah. Pertama, bersihkan daun sirsak terlebih dahulu, selanjutnya direbus hingga matang. Kemudian, saring air rebusan tersebut sebelum Anda minum.

Dengan mengkonsumsi daun sirsak dapat meningkatkan sistem antibodi dan mencegah masuknya infeksi. Lebih jauh lagi, kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirsak dapat membunuh bakteri dengan cepat.

2. Kulit manggis

Kulit manggis juga dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan hernia tanpa operasi. Selain menggunakan air rebusan kulit manggis, untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat membeli ekstrak kulit manggis yang dijual di pasaran dengan berbagai merk.

Pada kulit manggis terdapat kandungan xanthone, sejenis antioksidan yang efektif untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan hernia dan mengurangi resiko adanya infeksi yang disebabkan penyakit tersebut.

Loading...

3. Daun ciplukan

Untuk mengobati hernia tanpa operasi Anda juga dapat menggunkan daun ciplukan. Sama halnya dengan daun sirsak, untuk memperoleh manfaatnya Anda hanya perlu merebus daun ciplukan dan menggunakannya sebagai minuman. Daun ciplukan memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus, anti-inflamasi dan antioksidan yang efektif menurunkan resiko terkena hernia.

4. Jahe

Jahe merupakan tanaman populer yang biasa digunakan pada pengobatan herbal. Untuk memperoleh manfaat dari jahe Anda dapat meminum air seduhan dari rimpang tanaman ini. Dengan meminum wedangjahe secara rutin, dapat mengurangi rasa nyeri akibat hernia. Ini dikarenakan kandungan salisilat yang berguna untuk meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

5. Yogurt

Yogurt adalah olahan susu yang difermentasikan dengan bakteri baik. Yogurt baik untuk mengatasi hernia karena mengandung bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Ditambah lagi, kalium pada yogurt membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan, sehingga dapat menurunkan berat badan. Dimana diketahui obesitas adalah faktor pemicu adanya hernia.

6. Teh kamomil

Berasal dari bunga kamomil  dan memiliki nama ilmiah,  Matricaria kamomi  l., Anthemis nobilis atau Chamaemelun nobile l. teh ini banyak berkhasiat untuk pengobatan. Mengkonsumsi teh kamomil dapat memberikan efek rileks pada penderita hernia. Tetapi, teh kamomil tidak dianjurkan untuk pasien yang akan ataupun sudah melakukan opererasi karena dapat mengakibatkan pendarahan.

7. Minyak jarak

Dalam dunia farmasi, minyak jarak dikenal dengan nama minyak kastroli. Minyak ini terbuat dari ekstraksi biji tanaman jarak. Penggunaan minyak jarak dapat dijadikan pilihan pengobatan hernia tanpa operasi.

Salah satu penyebab hernia adalah konstipasi atau masalah buang air besar. Dengan menggunakan minyak jarak dapat membantu peradangan yang terjadi dalam tubuh, sehingga dapat mengatasi masalah sembelit dan  dapat menghindarkan Anda dari hernia.

8. Jari ke mulut

Mungkin terdengar aneh, bagaimana bisa hanya dengan memasukkan jari kedalam mulut  dapat mengatasi hernia? Tetapi nyatanya cara ini memang dapat mengatasi nyeri yang ditimbulkan oleh hernia.

Masukkan jari kedalam mulut bila terasa nyeri pada perut, tetapi jangan lakukan ini setelah Anda selesai makan karena Anda bisa memuntahkan kembali makanan Anda sebelum nutrisinya terserap tubuh. Rasa ingin muntah akibat jari yang masuk kedalam mulut dapat membuat organ lambung naik keatas sehingga melegakan perut dan menghilangkan nyeri yang disebabkan oleh hernia.

9. Pola hidup sehat

Pola hidup sehat mungkin cara yang paling sederhana untuk mengatasi segala macam penyakit, termasuk untuk megatasi hernia. Untuk Anda pekerja berat, istirahatlah secara teratur dan angkatlah beban berat secara berkala, karena terlalu sering mengangkat beban berat dalam satu waktu menjadi salah satu penyebab timbulnya hernia.

10. Pijit turun berok

Pijit turun berok dapat Anda lakukan sebagai pengobatan hernia tanpa operasi. Dengan teknik pemijitan yang benar otot di daerah sekitar perut akan lebih rileks, yang akhirnya dapat mengurangi rasa nyeri akibat tekanan yang ditimbulan hernia.

Baca Juga 36 Makanan Tidak Sehat Penyebab Radang Tenggorokan

Bagi Anda yang mencari solusi untuk penyembuhan penyakit hernia,cara-cara tersebut dapat Anda coba sebagi langkah penyembuhan non-medis. Selain kesepuluh cara diatas, enam hal dibawah ini layak Anda ketahui sebagi alternatif penyembuhan lainnya.

6 Pengobatan Hernia Tanpa Operasi Lainnya:

11. Latihan ringan
12. Kuning telor ayam kampung dan minyak samin
13. Adas pulosari, garam dan minyak kepis
14. Daun sangketan dan madu
15. Kecipir, bawang merah dan spiritus
16. Susu dan bubuk akar manis.

Penyakit hernia tidak dapat disepelekan sebagi penyakit ringan. Penyakit ini akan sangat menggangu aktivitas si penderita. Selain melakukan operasi, cara pengobatan hernia tanpa operasi patut Anda coba. Selain berbiaya murah, cara ini dapat menghindarkan Anda dari bahaya obat-obatan kimia.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: