Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Pengobatan Mata Juling Paling Mujarab

Uncategorized

15 Pengobatan Mata Juling Paling Mujarab

Pengobatan Mata Juling – Mata juling atau disebut dengan strabismus dalam dunia medis. Kelainan mata seperti ini muncul ketika masa anak-anak jika tidak di atasi hingga sampai dewasa. Mata juling ini sebenarnya disebabkan oleh otot mata yang terhubung ke otak tidak bekerja dengan tepat sehngga gerakan mata menjadi berbeda. Ketika masih bayi mengalami mata juling segeralah mengambil tindakan sederhana sebelum melakukan pengobatan mata juling.

Mata menjadi Juling di akibatkan dari beberapa hal seperti ketidak normalan jaringan otak, kaca mata yang salah, kelainan sejak lahir, ketidak normalan saraf, pembuluh dara dan otot mata. Itulah beberapa pnyebabnya tetapi jangan khawatir mata juling dapat di sembuhkan walaupun sudah menginjak usia dewasa. Anda dapt melakukan cara pengobatan mata juling seperti yang ada di bawah ini.

Pengobatan Mata Juling

1. Kaca Mata Prisma dan Lensa Kontak

Orang yang mengalami mata juling dapat di atasi oleh kacamata tetapi kacamata yang di gunakan berbeda dengan kaca mata orang minus pada umumnya. Bagi orang yang mengalami mata juling harus menggunakan kaca mata/kontak lensa prisma. Dengan menggunakan kaca mata prisma akan meningkatkan daya tangkap mata dan ketajaman penglihatan terhadap cahaya yang tidak sejajar. Walaupun orang yang telah menderita mata juling sudah berusia dewasa.

2. Terapi dan Latihan Fusi

Tindakan ini tidak membuat mata sakit jadi kebanyakan orang yang mengalami mata juling akan mengambil tindakan ini. Dengan terapi dan latihan fusi atau konvergen yaitu memberikan metode pembelajaran khususnya pada anak agar mampu menggunakan matanya secara bersamaan.

3. Penyambungan dan Pemendekan Otot Mata

Kebanyakan orang yang mengalami mata juling biasanya ukuran ototnya pendek tidak seperti pada normalnya tetapi juga ada yang ototnya panjang melebihi ukuran normal. Sudah pasti ketika ukuran otot panjang dokter akan memutus ototnya agar pasien dapat memiliki mata normal da juga daya ketajaman lebih baik untuk melihat.

4. Game Tetris

Biasanya orangorang mengira ketika terlalu banyak bermain game akan merusak kesehatan mata, tetapi kini ada game yang di buat untuk kesehatan mata. Sudah pernah di praktikan dengan memainkan game balok tetris tentunya juga dengan bantuan kacamata khusus dan di beri jadwal secara rutin untuk bermain. Dalamwaktu beberapa hari kesehatan mata juling dapat meningkat dan menjadikan mata normal seperti pada umumnya.

Loading...

5. Asupan Nutrisi

Bukan hanya tindakan di atas saja yang dapat di gunakan sebagai penyembuh mata juling melainkan asupan nutrisi juga memeberikan efek. Asupan nutrisis yang mengandung zinc dan riboflavin angat bagus untuk merilekskan syaraf dan otot organ penglihatan. Juga riboflavin yang di sebut juga dengan vitamin B2 sangat bags untuk mengatasi mata lelah. Adapun kandungan seperti ini dapat di temukan di beberapa sayuran yaitu bayam, tomat, serta brokoli.

6. Penutupan Mata Khusus

Cara ini merupakan cara yang sederhana tetatpi juga bisa di coba bagi and ayang telah menginjak usia 18 tahun. Menggunakan penutup mata yang khusus diformulasikan bagi mata yang normal agar mata yang juling dapat terangsang untuk aktif bergerak spontan dan mampu menangkap cahaya dengan baik. Penutupan mata yang normal dapat meningkatkan sensitive saraf dan otot mata juling agar merespon benda-benda visual dengan cepat.

7. Olahraga Mata dan Obat Tetes Mata

Dengan melakukan olahraga mataa pastinya saraf dan otot mata akan meningkatkan ketajaman dan pastinya juga di bantu dengan obat tetes mata. Obat tetes mata yang di berikan bukan obat tetes mata biasa yang di gunakan untuk mata perih akaibat debu tetapi obat tetes mata yang di berikan khusus bagi orang yang juling. Pengobatan mata ini dapat membantu secara drastis ketika di penanganannya sejak dini.

8. Memindah Cahaya Lampu

Metode ini sudah ada sejak lama, tetapi biasanya di gunakan ketika anak masih bayi. Dimana ketika anak bayi yang mengalami mata juling orangtuanya berusaha untuk memindahkan lampu. Karena jika anda teliti anak ketika masih bayi akan selalu melihat cahaya jika cahaya yang berasal dari atas sedikit menyamping otomatis bayi juga akan meliat kea rah tersebut. Maka sebaiknya anda memindah lampu ke arah yang tepat sehingga bayi tidak terlihat juling.

9. Memijat Mata

Banyak orang yang belum mengerti jika mata juling dapat di atasi dengan terapi memijat mata. Tetapi pijat yang dilakukan pada mata bukan memijat seperti pada umumnya malinkan anda hanya perlu memijat bagian atas kelopak mata dengan perlahandalam kondisis mata terpejam. Dengan metode seperti ini selain membantu meringankan araf mata yang letih juga akan menyembuhkan mata juling.

10. Gerakan Memutar Mata

Gerakan ini memang seperti orang yang telah mengalami mata juling, bagi ada juga boleh melakukan gerakan mata seperti ini. Memang efeknya akan sedikit pusing ke kepala, cukup anda lakukan gerakan mata ke kanan dank e kiri selama 5 meit saja. Dengan menggerakan mata seperti orang juling dapat mempertajam pandangan.

Itulah bebrapa cara pengobatan mata juling anda bisa menggunakan cara yang sederhana atau menggunkan cara alternative. Anda juga bisa menggunakan beberapa pengobatan lain seperti di bawah ini.

11. Memfokuskan Mata dengan Melihat Satu Titik
12. Mematikan Lampu Saat Tidur
13. Operasi

Pengobatan mata juling diatas yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Bagi anda yang menginginkan pengobatan secara cepat amda bisa gukana cara alternative dengan bantuan medis. Tetapi jika anda takut untuk melakukan cara medis anda dapat melakukan terapi aatau gerakan yangdi sarankan. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top