Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Penyakit Akibat Karbohidrat Berlebih Untuk Tubuh

Uncategorized

13 Penyakit Akibat Karbohidrat Berlebih Untuk Tubuh

Karbohidrat merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh. Fungsi utamanya adalah memberikan energy untuk tubuh dan digunakan untuk melakukan segala aktivitas. Selain itu, karbohidrat juga bermanfaat dalam mempercepat pertumbuhan tubuh, khususnya untuk mereka yang masih dalam usia pertumbuhan. Namun jika karbohidrat berlebihan dalam tubuh, bisa saja mengundang banyak penyakit. Untuk itu, Anda harus secara cermat dalam mengatur asupan karbohidrat yang pas untuk tubuh Anda.

Penyakit Akibat Karbohidrat Berlebih

Karbohidrat mengandung 4 gram kalori dan 4 gram tersebut sangat cukup untuk tubuh. Maka dari itu, karbohidrat berlebih juga berarti memberikan Anda lebih dari 4 gram kalori, dimana kalori berlebih sangat tidak baik untuk tubuh. Saran untuk Anda, jagung, gandum, beras dan gula merupakan makanan dengan karbohidrat yang cukup untuk tubuh. Berikut ini adalah penyakit akibat kelebihan karbohidrat dalam tubuh.

1. Diabetes Type 2

Kandungan glukosa dalam tubuh bisa meningkat jika terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Hal tersebut bisa berakibat buruk pada tubuh seperti mengganggu system darah dan pencernaan. Saat terlalu banyak gula pada darah, hal itu dapat berakibat buruk pada pancreas yang memerlukan banyak horman demi menghasilkan insulin yang cukup.

2. Karies Gigi Tertumpuk

Karies gigi merupakan masalah pada gigi dimana gigi akan menjadi rusak. Hal itu bisa terjadi karena karbohidrat yang berlebihan. Karbohidrat yang terlalu banyak bisa mengakibatkan zat asam akan terlalu lama dalam gigi, akibatnya akan merusak gigi karena merusak enamel gigi. Jika enamel gigi rusak, bakteri akan lebih mudah masuk dan tinggal lebih lama dalam gigi.

3. Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh paling berbahaya di Indonesia. Gaya hidup sehat merupakan salah satu pencegahan paling ampuh yang mudah di terapkan. Karbohidrat yang berlebihan dapat memicu penyakit jantung dan meningkatkan resiko stroke, jantung coroner, kolestrol dan lainnya.

4. Lemak Berlebihan

Karbohidrat mengandung lemak, karena itulah jika dalam satu tubuh memiliki asupan karbohidrat yang tinggi. Lemak tidak hanya bisa mengakibatkan obesitas atau kegemukan, namun bisa juga berakibat buruk seperti asam lambung naik, keukosit tinggi, kolestrol, penyakit jantung dan mudah lelah. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya mengurangi asupan karbohidrat yang Anda rasa berlebihan dan dibantu dengan olahraga rutin.

Loading...

5. Sindrom Metabolisme

Penyakit ini bisa terjadi karena karbohidrat dalam tubuh yang terlalu banyak dan mengakibatkan resistensi pada insulin. Penyakit ini bisa juga mengundang asam urat tinggi, tekanan darah tak terkontrol dan berpotensi besar dalam memicu penyakit jantung.

6. Obesitas

Obesitas adalah kondisi tubuh yang memiliki berat badan berlebihan. Penyebab umumnya diantara lain adalah kelebihan karbohidrat, lemak, kalori, dan mengkonsumsi obat pembentuk otot secara berlebihan. Obesitas dapat mengundang banyak penyakit seperti penyakit jantung, kolestrol, darah tinggi dan lainnya.

7. Kanker

Kanker menjadi salah satu pembunuh selain jantung dan bisa menyerang siapapun. Sama seperti penyakit jantung, kanker dapat Anda hindari dengan hidup sehat dengan asupan gizi dan nutrisi yang pas, tak berlebihan dan tak juga kurang. Karbohidrat yang berlebihan dapat mengakibatkan kanker karena karbohidrat lebih bisa memicu zat karsinogen dalam tubuh.


8. Sembelit

Penyakit ini adalah salah satu dari masalah pencernaan. Bisa saja terjadi akibat apa yang Anda makan dan bisa juga terjadi karena karbohidrat yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh. Selain kelebihan karbohidrat, kurang serat, masalah ginjal, menahan kentut bisa menjadi salah satu penyebab utama sembelit.


9. Komplikasi Metabolisme

Karbohidrat berlebih juga bisa menganggu system metabolisme dalam tubuh. Bisanya penyakit ini menyerang bayi atau anak-anak. Karena berlebihan dalam karbohidrat, asupan penting lainnya seperti sukrosa, galaktosemia dan penyakit kadar glikogen dalam tubuh bisa mengganggu metabolisme tubuh.


Penyakit Akibat Karbohidrat Berlebihan Lainnya:

10. Darah Tinggi
11. Penyakit Lambung
12. Sakit Perut
13. Trigliserida Yang Tinggi

Baca juga: 5 Dampak Bahaya Minum Es saat Sedang Haid

Tips untuk Anda dalam mengurangi asupan karbohidrat adalah menerapkan batas, memilih makanan dengan lemak sehat, memiliki makanan rendah karbohidrat, makan makanan kaya serat, dan menjaga gizi dan nutrisi lainnya agar seimbang.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top