Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Penyakit Akibat Kekurangan Karbohidrat

Uncategorized

9 Penyakit Akibat Kekurangan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu gizi yang sangat di butuhkan tubuh setiap harinya. Anda tak bisa maksimal dalam melakukan aktivitas tanpa adanya karbohidrat yang cukup dalam tubuh Anda. Jika Anda kurang dalam mendapatkan karbohidrat, penyakit akibat kekurangan kandungan karbohidrat dapat menemui Anda kapan saja.

Penyakit Akibat Kekurangan Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi untuk menjadi energy yang akan di gunakan tubuh dalam beraktivitas. Sistem dalam tubuh mencoba memecah karbohidrat agar menjadi gula, serat dan pati. Gula menjadi glukosa dalam darah, serat berguna untuk menyehatkan tubuh serta perncernaan serta pati sama dengan gulam yaitu terbuat dari molekul dan terikat dengan gula tersebut. Berikut ini adalah penyakit akibat kekurangan karbohidrat yang harus Anda tahu.

1 Hipoglikemia

Penyakit ini terjadi akibat kurangnya gula dalam tubuh. Penyakit ini sering terjadi pada orang tua dan juga bayi, namun tak bisa dihindari penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa pada umumnya. Beberapa ciri Anda terkena Hipoglikemia adalah keringat dingin, lemas, denyut nadi tak menentu, cemas dan sering merasa lapar.

2. Marasmus

Marasmus merupakan jenis penyakit akibat kekurangan karbohidrat. Penyakit ini umum diderita oleh anak-anak berusia dibawah 5 tahun. Penyebab umum dari penyakit ini adalah kelaparan dalam waktu lama, air yang kurang dan terkontaminasi, lahir premature, infekis, penyakit bawaan, kurangnya vitamin khususnya vitamibn A, K dan E.


3. Kwasiorkor

Salah satu penyakit akibat kurangnya karbohidrat dan umum terjadi pada Negara-negara berkembang. Cir-ciri fisik dari penyakit ini adalah kurus, wajah yang tampak bulat serta sembab, kerontokan di masa muda, badan lemas, terlihat lebih agresif, raut muka terlihat tua, kulit kriput serta beberapa perubahan sifat kelakuan yang jarang di prediksi.


4. Mrasmur-Kwasiorkor

Penyakit ini adalah campuran antara marasmus dan kwashiorkor. Penyakit ini ditandai dengan dua wasting serta edema pitting bilateral. Penyakit ini adalah jenis penyakit malnutrisi yang tergolong parah. Beberapa tanda atau gejala penyakit ini adalah edema, protein yang turun, kondisi darah yang kurang baik, otot terasa sangat lemah dan apatis. Penyakit campuran ini disebabkan karena protein dan karbohidrat yang sangat kurang, protein kurang dan beberapa penyakit pada hati.

Loading...

Penyakit Akibat Kekurangan Karbohidrat:

Banyak sekali akibat yang dapat ditimbulkan oleh kekurangan karbohdirat. Berikut ini adalah akibat dari kekurangan karbohidrat yang sebaiknya Anda hindari dengan rutin memenuhi asupan karbohidrat dalam tubuh Anda.

1. Memiliki Prilaku Yang Buruk

Kekurangan karbohidrat membuat kita memiliki prilaku yang buruk karena terpangaruhi pada mood serta pikiran kita yang semakin lama semakin menuju ke arah-arah negative, semua itu disebabkan oleh karbohidrat Anda yang kurang.


2. Malas

Kekurangan karbohdirat juga membuat Anda cenderung lebih malas karena kurang akan glikogen yang ada pada karbohidrat. Zat ini dapat membantu otot lebih aktif sehingga Anda tak akan malas.

3. Kebodohan

Selain malas, kurangnya karbohidrat juga membuat Anda lebih bodoh dari sebelumnya. Bukan dalam artian lain, bodoh jika kekurangan karbohidrat adalah kurangnya daya konsentrasi otak Anda.

4. Memperlambat Sistem Metabolisme

Metabolisme merupakan salah satu system dalam tubuh yang sangat penting, dimana tugasnya adalah untuk membakar lemak dan mengubah lemak menjadi tenaga. Jika Anda kurang dalam memenuhi asupan karbohidrat, otomatis sitem penting tubuh Anda ini akan kurang kinerjanya.


5. Kelaparan

Tentu saja, karena karbohidrat adalah gizi dan nutrisi yang sangat penting dalam menyangkut memenuhi asupan tenaga dan membuat perut kenyang. Untuk terhindari dari kelaparan yang jika tak diatasi bisa berujung maut, Anda harus memenuhi dua hal yaitu karbohidrat dan kalori dalam tubuh.

Baca juga: 12 Bahaya Minum Tuak untuk Kesehatan Tubuh

Untuk itu, Anda jug di tuntut dalam mengetahui ciri-ciri manusia yang terkena kekurangan karbohidrat, diantaranya yang paling penting adalah kurangnya gairah, berat badan turun dan mudah terkena penyakit.

Beberapa diantaranya juga dapat terjadi yaitu tremor, pusing, lelah, distress, stamina kurang sampai dengan perubahan mental seperti cemas, kebingungan dan semacamnya. Anda sangat dianjurkan untuk tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi Anda, salah satunya yang sangat penting adalah karbohidrat itu sendiri.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top